Lapangan Sepak Takraw

Lapangan Sepak Takraw. Sepak takraw yang sering di sebut dengan sepak raga mempunyai beberapa teknik dasar sepak takraw penting. selain itu dalam bermain sepak takraw kita harus tahu juga fasilitas serta perlengkapan yang dibutuhkan untuk bisa bermain sepak takraw dengan baik. salah satu fasitias yang terpenting adalah bola dan lapangan sepak takraw.

Pada kesempatan kali ini volimaniak akan berbagi kepada anda semuanya mengenai fasilitas dan perlengkapan sepak takraw, untuk lebih jelasnya yuk kita bahas bersama-sama. langsung saja berikut keterangannya : Fasilitias dan Pelengkapan Sepak Takraw adalah sebagai berikut :

Lapangan Sepak Takraw


Untuk lebih jelas mengenai gambar lapangan sepak takraw anda bisa melihat lebih detail dibawah ini gambarnya;
ukuran lapangan sepak takraw

Lapangan sepak takraw kompetisi berbentuk persegi panjang dengan ukuran 13,40 x 6,10 meter, apabila permainan dilakukan dalam ruangan, tinggi loteng minimal 8 meter dari lantai. keempat sisi lapangan harus bebas dari hambatan sekurang-kurangnya 3 meter. garis pinggir di tandai dengan cat atau kapur atau line paper yang lebarnya 4cm, diukur dari pinggir sebelah luat. titik pusat lingkaran tengah sebagai tempat sepak mula berjarak :
  1. 4,25 meter dari garis tengah lapangan ( dibawah net )
  2. 2,45 meter dari garis belakang ( dari pinggir sebelah luar )
  3. 3,05 meter dari garis samping ( dari pinggir sebelah luar)
  4. radius lingkaran 30 cm yang diukur dari pinggiran sebelah dalam
Garis seperempat lingkaran di samping net(tempat apit) dengan ukuran 90cm. diukur dari pinggiran sebelah dalam. tinggi net putra 1,55 meter dipinggir dan minimal 1,52 meter di tengah, tinggi net putri 1,45 meter dipinggir dan minimal 1,42 meter di tengah. kedudukan tiang net 30cm di luar garis pinggir. net terbuar dari tali. benang nylon yang lubangnya berukuran 6-8 cm. panjang net tidak lebih 6,11 meter dan lebar 70cm. kedua ujung net ditandai dengan pita ukuran 5cm, ditarik dan diikatkan pada tiang.
Dari uraian diatas bisa volimaniak lebih rincikan seperti berikut,

Ukuran lapangan sepak takraw adalah :

  1. Panjang Lapangan: 13,42 meter.
  2. Lebar Lapangan : 6,10 meter.
  3. Garis Batas: adalah garis (lines) yang lebarnya+ 5 cm.
  4. Lingkaran Tengah: Ditengah sebuah lapangan ada lingkaran yaitu tempat melakukan sepakan permulaan (service). dengan garis tengah lingkaran 61 cm.
  5. Garis seperempat lingkaran: Pada penjuru tengah kedua lapangan terdapat garis seperempat lingkaran tempat melambungkan bola kepada pemain yang melakukan sepakan permulaan (service) dengan jari-jari 90 cm.
  6. Tiang: Dua buah tiang sebagai tempat pengikat jaring, didirikan pada sebelah luar kedua garis samping kiri dan kanan dengan jarak 30,5 cm dari garis samping.
  7. Tinggi tiang 1,55 meter untuk laki-laki dan 1.45 meter untuk perempuan.
  8. Jaring (net): Jaring dibuat dari bahan benang kasar, tali, atau dari nylon dengan ukuran lubang-lubangnya 4-5 cm. Lebar jaring 72 cm dan panjangnya tidak lebih dari 6,71 m. Pada pinggir atas, bawah dan samping dibuat pita selebar + 5 cm yang diperkuat dengan tali yang diikatkan pada kedua ring. Tinggi jaring 1,55 m dari tanah/lantai.
lapangan sepak takraw

Bola Takraw 

  1. Bola berbentuk bulat, dibuat dari rotan atau plastik (synthetic fibre).
  2. berat bola untuk putra 170-180 gram 
  3. berat bola untuk putri 150-160 gram
  4. lingkaran keliling bola untuk putra 42-44 cm
  5. lingkaran keliling bola untuk putri 43-45 cm.
  6. bola terdiri dari 9-11 strains (anyaman). dan mempunyai 12 lubang.
Itulah yang bisa volimaniak share pada kesempatan kali ini. semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam mengenal olahraga sepak takraw, dan tujuan yang tak kalah penting adalah dengan pemahaman pengetahun ukuran lapangan sepak takraw kita jadi lebih mengenal permainan ini dan juga bisa mengembangkannya untuk pribadi maupun untuk suatu kelompok, prestasi juga bisa dikembangkan jika anda mengetahui seluk beluk sepak takraw serta penguasaan teknik dasar sepak takraw. semoga bemanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close