Ketentuan Libero Pada Bola Voli

Ketentuan Libero Pada Bola Voli ~ Kita beralih lagi pada permainan bola voli, sebenarnya dalam peraturan permainan bola voli secara lengkap sudah saya jelaskan pada postingan saya sebelumnya. tetapi untuk lebih mendetail dan memahami dari bagian tiap aturan pada kesempatan kali ini volimaniak akan berbagi pengetahuan kepada anda semuanya mengenai ketentuan libero serta aturan libero dalam bermain bola voli. 

Peraturan pemain libero ini wajib ditaati ketika hendak menerapkan pola permainan yang menggunakan pemain libero atau pemain belakang. Dalam ketentuan pemain libero juga harus tercatat dalam lembar scoring sheet ( lembar khusus untuk pemain libero ) serta pemain libero ini harus tercatat pula pada daftar posisi per setnya termasuk pada set pertama. untuk lebih detail mengenai ketentuan pemain libero pada bola voli mari kita bahas bersama-sama, berikut rinciannya :

Ketentuan Libero Pada Permainan Bola Voli adalah sebagai berikut :


    http://volimaniak.blogspot.com/
  1. Pemain libero dapat menggantikan setiap pemain yang berada pada posisi belakang
  2. Pemain libero hanya dapat bermain sebagai pemain posisi belakang dan tidak di perbolehkan untuk menyelesaikan pukulan serangan dari mana saja ( termasuk dari lapangan permainan dan daerah bebas), bila pada saat perkenaan bola berada lebih tinggi dari ketinggian net.
  3. Pemain libero tidak diperkenankan untuk melakukan servis block maupun untuk usaha melakukan blok
  4. Pemain depan tidak diperbolehkan memukul bola pada saat diatas ketinggian net, apabila bola tersebut datangnya dari pasing atas menggunaka jari-jari seorang pemain libero di daerah serang. tetapi boleh yang diumpankan pemain libero menggunakan pasing bawah, bebas dilakukan serangan.

Pergantian Pemain Libero :


  1. Pergantian pemain libero tidak terhitung sebagai pergantian pemain biasa. jumlahnya tidak terbatas. tetapi libero dapat diganti oleh pemain yang digantinya dan harus diselingi 1 ( satu) reli diantara pergantian tersebut.
  2. Pergantian pemain libero hanya dapat dilakukan :
  3. Pada awal setiap set setelah wasit II, melakukan pengecekan posisi pemain sesuai dengan lembar posisi ( Line Upo Sheet).
  4. Pada saat bola mati
  5. Sebelum wasit 1 meniup Peluit untuk servis
  6. Libero hanya diperbolehkan masuk atau keluar di dalam lapangan permainan melewati garis samping di depan bangku cadangan di antara garis serang dan garis akhir.
Demikian yang bisa volimaniak sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai topik peraturan permainan bola voli, khususnya aturan atau ketentuan libero pada permainan bola voli. Semoga bisa menambah pengetahuan kita dan wawasan kita pada olahraga bola voli, semoga bisa membantu dan bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

2 Responses to "Ketentuan Libero Pada Bola Voli"

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.