Pendekatan Pembelajaran Mapel IPS Pada Kurikulum 2013

Pendekatan Pembelaran Mapel IPS Pada Kurikulum 2013 ~ Dalam menyikapi perbuhan kurikulum 2013. Dari setiap mapel pelajaran mengalami perbuhan dari model pembelajaran dan pendekatan yang dilakukan dalam proses KBM.  Dalam Kesempatan kali ini volimaniak akan berbagi kepada anda semuanya mengenai pendekatan dan model pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013.

Langsung saja tidak usah berlama-lama berikut rinciannya ;

Pendekatan Pembelajaran IPS

Pembelajaran IPS harus disajikan menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik/scientific),  dan menggunakan model yang dianjurkan dalam Kurikulum 2013, yaitu discovery-inquiry based learning, problem based learning, dan project based learning.

http://volimaniak.blogspot.com/

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat didefinisikan sebagai pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum, atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan menarik kesimpulan serta mengomunikasikan kesimpulan (5M). Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan mencipta. Dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS, bantuan guru diperlukan, tetapi bantuan itu harus makin berkurang ketika peserta didik makin bertambah dewasa atau makin tinggi kelasnya.

Pembelajaran  dengan  pendekatan  saintifik  antara  lain didasarkan pada prinsip pembelajaran yang:

  1. Berpusat pada peserta didik,
  2. Memberi kesempatan pada peserta didik untuk mengkonstruk konsep, hukum, dan prinsip,
  3. Mendorong terjadinya peningkatan kecakapan berpikir peserta didik,
  4. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan
  5. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melatih kemampuan dalam komunikasi.

Secara  umum    pembelajaran   dengan   pendekatan   saintifik dilakukan melalui langkah-langkah:

  1. Peserta didik melakukan pengamatan atas suatu fenomena yang berupa gambar/video, lingkungan sekitar  untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan.
  2. Peserta didik merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui peserta didik pada saat melakukan pengamatan.
  3. mengumpulkan data atau informasi dengan berbagai teknik, seperti: membaca Buku Peserta didik, mencari di internet, wawancara dengan nara sumber atau melakukan pengamatan di lapangan.
  4. menganalisis data atau informasi yang diperoleh dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan sampai diperoleh suatu kesimpulan atas jawaban dari pertanyaan yang telah dirumuskan,
  5. mengomunikasikan kesimpulan dengan cara mempresentasikan di  depan  kelas,  menempel  kesimpulan  pada  dinding  kelas atau tempat yang telah disediakan sebagai wahana belajar peserta didik.
  6. Pengorganisasian materi IPS dalam Kurikulum 2013 dilakukan secara terpadu. Model pendekatan terpadu, memadukan berbagai disiplin ilmu sosial sedemikian rupa sehingga batas-batas antara disiplin ilmu yang satu dengan lainnya menjadi  tidak tampak (Hasan, 1995:  27). Pendekatan terpadu pada hakikatnya merupakan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan autentik. Melalui pengembangan materi terpadu, peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan, dan memproduksi kembali pengetahuan yang dipelajarinya.
Demikian yang bisa volimaniak sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Pendekatan Pembelajaran Mapel IPS Pada Kurikulum 2013.semoga bisa bermanfaat.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Pendekatan Pembelajaran Mapel IPS Pada Kurikulum 2013"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close