Teknik Pukulan Smash Pada Permainan Bulutangkis

Teknik Pukulan Smash Pada Permainan Bulutangkis ~ Hellow Sobat volimaniak. Setelah kita mempelajari berbagai jenis pukulan pada permainan bulu tangkis, terutama pada postingan sebelumya saya sudah membahas mengenai cara latihan pukulan overhead clear atau pukulan lob pada bulutangkis. pada kesempatan kali ini volimaniak akan berbagi sedikit pengetahuan lagi dalam teknik pukulan permainan bulutangkis.

Pada dasarnya jenis pukulan pada permainan bulutangkis mempunyai fungsi dan peran masing-masing, termasuk salah satunya sebagai salah satu kunci menyerang dan bertahan. penerapan pukulan yang baik akan sangat mempengaruhi pola permainan. ketika anda bermain bulutangkis dengan penguasaan teknik pukulan yang baik akan semakin baik pula permainan anda dalam bulutangkis, ok tidak usah berlama-lama, yuk kita bahas mengenai teknik pukulan smash pada permainan bulutangkis.
http://volimaniak.blogspot.com/

Teknik Pukulan Smash Pada Permainan Bulutangkis

Teknik Pukulan Smash Pada Permainan Bulutangkis bisa diartikan pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. Karena itu tujuan utamanya untuk mematikan lawan. Pukulan smes adalah bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis. Karakteristik pukulan ini adalah; keras, laju jalannya kok cepat menuju Iantai Iapangan, sehingga pukulan ini membutuhkan aspek kekuatan otot tungkai, bahu, lengan, dan fleksibilitas pergelangan tangan serta koordinasi gerak tubuh yang harmonis.

Dalam praktek permainan, pukulan smash dapat dilakukan dalam sikap diam/berdiri atau sambil loncat (King Smash).Oleh karena itu pukulan smes dapat berbentuk:
  1. Pukulan smes penuh – Pukulan smes potong – Pukulan sines backhand – Pukulan smes melingkar atas kepala
  2. Teknik pukulan smes tersebut secara bertahap setiap pemain harus menguasainya dengan sempurna. Manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan kualitas permainan.
Hal yang Perlu Diperhatikan dalam melakukan smash bulutangkis adalah :
  1. Biasakan bergerak cepat untuk mengambil posisi pukul yang tepat.
  2. Perhatikan pegangan raket.
  3. Sikap badan harus tetap lentur, kedua lutut dibengkokkan dan tetap berkonsentrasi pada kok.
  4. Perkenaan raket dan kok di atas kepala dengan cara meluruskan lengan untuk menjangkau kok itu setinggi mungkin dan pergunakan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok.
  5. Akhiri rangkaian gerakan pukul itu dengan gerak Ian-jut ayunan raket yang sempurna ke depan badan.
Demikianlah yang bisa volimaniak sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bisa menambah pengetahuan anda khususnya dalam permainan bulutangkis. dan untuk lebih detail mengenai teknik-teknik dalam permainan bulutangkis akan saya bahas pada kesempatan berikutnya. cukup sekian dulu. terimakasih.
Powered by Blogger.