Teknik Pukulan Underhand Pada Bulutangkis

Teknik Pukulan Underhand Pada Bulutangkis ~ Anda hobi dengan bulutangkis ? jika ingin melatih keterampilan anda dalam olahraga bulutangkis pelajari dulu beberapa Teknik pukulan pada bulutangkis. Bulutangkis atau badminton merupakan olahraga yang banyak di minati dari berbagai kelangan, hampir semua orang menyukainya. dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan yang sudah lanjut pun tetap bermain bulutangkis.

Teknik bulutangkis tergolong tidak sulit dan mudah dimainkan, oleh karena itu permaianan yang satu ini banyak dinikmati, tetapi jika anda ingin benar-benar menggeluti bidang bulutangkis, latihlah semua teknik dasar maupun lanjut agar bisa bermain bulutangkis dengan baik. Pada kesempatan kali ni volimaniak akan berbagi mengenai teknik pukulan underhand atau sering dikenal dengan pukulan dari bawah pada bulutangkis yang menyambung artikel sebelumnya yaitu jenis pukulan pada permainan bulutangkis, yuk langsung saja kita bahas.

http://volimaniak.blogspot.com/
Jenis pukulan Underhand (Pukulan dari bawah ) ini  dominan digunakan dalam permainan bulutangkis. Seperti halnya teknik dasar “pukulan dari atas kepala”. untuk menguasai teknik dasar ini, pertama-tama, harus trampil berlari sambil melakukan langkah lebar, dengan kaki kanan berada di depan kaki kiri untuk menjangkau jatuhnya kok.

Sikap menjangkau ini, hendaknya siku dalam keadaan bengkok dan pertahankan sikap tubuh tetap tegak, sehingga lutut kanan dalam keadaan tertekuk.

Pada saat memukul kok, gunakan tenaga kekuatan siku dan pergelangan tangan, hingga gerakan lanjut dari pukulan ini berakhir di atas bahu kiri. Perhatikan, agar telapak kaki kanan tetap kontak dengan lantai sambil menjangkau kok. Jangan sampai gerak langkah terhambat karena kaki kiri tertahan gerakannya.

Teknik Pukulan Underhand Pada Bulutangkis


Fungsi pukulan dasar Underhand ( pukulan dari bawah ) antara lain:

  1. Untuk mengembalikan pukulan pendek atau permainan net lawan.
  2. Sebagai cara bertahan akibat pukulan serang lawan. Dalam situasi tertekan dalam permainan, harus melakukan pukulan penyelamatan dengan cara mengangkat kok tinggi ke daerah belakang lapangan lawan.
  3. Pukulan dasar ini dapat dilakukan dengan teknik pukulan forehand dan backhand.
Cara berlatih yang efektif untuk menguasai teknik dasar ini, adalah menciptakan suasana berlatih bersama tim dengan memukul kok yang diarahkan relatif jauh dari jangkauan. Berlatihlah dengan tekun dan selalu mengevaluasi sendiri kesalahan yang dilakukan, agar tidak diulangi lagi.

Ada dua jenis pukulan underhand:

  1. Clear Underhand, pukulan atau dorongan yang diarah kan tinggi ke belakang.
  2. Flick Underhand, pukulan atau dorongan mendatar ke arah belakang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam melakukan pukulan underhan adalah :

  1. Pegangan raket forehand untuk underhand forehand, dan pegangan backhand untuk underhand backhand.
  2. Pergelangan tangan agak bengkok ke belakang, siku juga agak bengkok.
  3. ambil melangkahkan kaki kanan ke depan, ayunkan raket ke belakang lalu pukul bola dan pada saat perkenaan bola, posisi tangan lurus.
  4. Bola dipukul kira-kira dekat kaki kanan bagian luar.
  5. Posisi akhir raket sesuai arah bola.

Cara Latihan Pukulan Underhand 


Untuk tahap pemula, umpan dengan lemparkan banyak bola. Untuk koordinasi pukul bola sambil melangkah kaki kanan.

Demikian yang bisa volimaniak sampaikan pada postingan kali ini terkait dengan teknik pukulan underhand pada permainan bulutangkis, semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam bidang olahraga ini, semoga bermanfaat, terimakasih
Powered by Blogger.