Ciri - Ciri Khusus Permainan Bola Voli Pantai

Ciri - Ciri Khusus Permainan Bola Voli Pantai ~ Sobat pada kesempatan lalu saya sudah jelaskan mengenai perbedaan antara bola voli pantai dengan bola voli indor, untuk lebih mengasah pengetahuan anda khususnya dalam bidang olahraga bola voli, kali ini volimaniak akan berbagi kepada anda semuanya mengenai ciri-ciri khusus permainan bola voli pantai. Dalam voli pantai seperti yang kita tahu bahwa di mainkan oleh dua orang baik tim putra maupun putri.

Secara umum terdapat peraturan yang kurang lebih sama dengan permainan bola voli indoor. Meskipun demikian, ada beberapa poin juga yang berbeda dari induk olahraganya tersebut. Contohnya saja jumlah pemain, menurut aturan resminya, pemain bola voli biasa berjumlah 6 orang per timnya sementara itu jumlah pemain dalam permainan voli pantai hanya terdiri dari 2 orang pemain dalam satu tim.Langsung saja volimaniak akan segera memberikan beberapa ciri-ciri khusus voli pantai, berikut rinciannya;

http://volimaniak.blogspot.com/

CIRI-CIRI VOLI PANTAI

  1. Ukuran lapangan permainan voli pantai lebuh sempit jika dibandingkan dengan ukuran lapangan permainan voli biasa yakni 8 x 8 meter.
  2. Di dalam permainan voli pantai tidak dikenal adanya garis 3 meter.
  3. Apabila salah seorang pemain olahraga voli pantai melakukan blocking, dan block tersebut menyentuh net sampai terpental dan kemudian menyentuh blocker ataupun teman satu timnya maka pukulan tersebut dianggap sebagai poin.
  4. Di dalam permainan voli pantai, jika seorang pemain menyebrangi area net lawannya tidak dianggap sebagai sebuah pelanggaran jika apa yang ia lakukan tidak mengganggu gerakan tim lawannya tersebut.
  5. Dalam voli pantai dikenal adanya open-hand dinks atau oper bola ke arah wilayah lawan dengan memakai ujung jari pemain, hal ini dianggap sebagai sebuah pelanggaran meski di dalam permainan bola voli biasa hal tersebut tidak masuk ke dalam kelompok pelanggaran.
  6. Adapun servis di dalam olahraga voli pantai dilakukan secara bergiliran namun di dalamnya tidak dikenal adanya pergantian pepamin seperti layaknya yang biasa dijumpai dalam permainan bola voli biasa.
  7. Pemain voli pantai tidak menggunakan alas kaki selama bermain atau dikenal dengan istilah barefoot.
  8. Olahraga voli pantai dimainkan dengan jumlah set 3. Tim yang memenangkan pertandingan adalah mereka yang memenangkan 2 set. Setiap set dalam voli pantai berjalan hingga 21 poin dengan 2 poin tambahan. Set terakhir berjalan hanya 15 poin dengan tambahan 2 poin.
  9. Kostum pemain voli pantai wanita dahulu adalah 2 piece bikini. Namun saat ini FIVB telah menerapkan aturan bahwa pemain khusunya wanita boleh menggunakan pakaian olahraga dengan lengan. Hal ini dimaksudkan agar olahraga voli pantai jauh dari kesan seronok yang selama ini mengekor di belakangnya.
  10. Bola yang digunakan dalam voli pantai memiliki ukuran yang lebih besar dan juga terasa lebih lunak jika dibandingkan dengan voli biasa. Dan bola tersebut lebih dimainkan dalam pola tekanan internal yang lebih rendah.
Demikian postingan singkat dari volimaniak mengenai ciri-ciri permainan bola voli pantai, semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam bidang olahraga bola voli. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close