Ukuran Lapangan Tolak Peluru

Ukuran Lapangan Tolak Peluru ~ Tolak peluru merupakan salah satu olahraga yang tergolong dalam kategori olahraga atletik yaitu dalam kategori nomor tolak atau lempar. dalam perkembangannya tolak peluru memiliki pengertian suatu bentuk gerakan menolak atau mendorong suatu alat bundar(peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam, yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh jauhnya.

Untuk bisa melakukan tolakan dengan benar dan bisa menolak sejauh mungkin diperlukan penguasaan teknik yang baik dan juga tahu betul seluk beluk mengenai tolak peluru, untuk lebih menambah pengetahuan anda kali ini volimaniak akan berbagi kepada anda semuanya mengenai ukuran lapangan tolak peluru, langsung saja yuk kita simak bersama-sama.

Ukuran lapangan tolak peluru

  1. Lingkaran tolak peluru harus dibuat dari besi, baja atau bahan lain yang cocok yang dilengkungkan, bagian atasnya harus rata dengan permukaan tanah luarnya. Bagian dalam lingkaran tolak dibuat dari semen, aspal atau bahan lain yang padat tetapi tidak licin. Permukaan dalam lingkaran tolak harus datar antara 20 mm sampai 6 mm lebih rendah dari bibir atas lingkaran besi.
  2. Garis lebar 5 cm harus dibuat di atas lingkaran besi menjulur sepanjang 0.75 m pada kanan kiri lingkaran garis ini dibuat dari cat atau kayu.
  3. Diameter bagian dalam lingkaran tolak adalah 2,135 m. Tebal besi lingkaran tolak minimum 6 mm dan harus di cat putih.
  4. Balok penahan dibuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai dalam sebuah busur/lengkungan sehingga tepi dalam berhimpit dengan tepi dalam lingkaran tolak, sehingga lebih kokoh.
  5. Lebar balok 11,2-30 cm, panjangnya 1,21-1,23 m di dalam, tebal 9,8-10,2 cm.
  6. Ukuran lapangan tolak peluru dan gambar :
lapangan tolak peluru,ukuran lapangan tolak peluru

keterangan :
  1. Diameter Lingkaran : 2,135 meter
  2. Perpanjangan Garis Tengah : 0,5 meter (50 Centimeter)
  3. Sudut pada Titik Tengah arah tolakan : 450 (derajat)

Berat Peluru

  1. Untuk senior putra = 7.257 kg 
  2. Untuk senior putri = 4 kg 
  3. Untuk yunior putra = 5 kg
  4. Untuk yunior putri = 3 kg
Demikian yang bisa volimaniak sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bisa membantu bagi anda yang membutuhkannya serta menambah pengetahuan kita dalam pembelajaran atletik khususnya dalam cabang tolak peluru, cukup sekian dulu,terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Ukuran Lapangan Tolak Peluru"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.