Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Anda ~ Pasti anda semuanya juga sudah tahu yang namanya buah semangka, sering kita jumpai di pasaran bahwa buah semangka ini termasuk kategori buah yang laris di penjualan. Tahukan anda ternyata buah semangka memiliki banyak kasiat dan kegunaan tersendiri buat kesehatan. Selain buah semangka disajikan sebagai makanan penutup dalam menu makan anda juga memiliki banyak khasiat dan kegunaannya, untuk lebih detail volimaniak akan share kepada anda semua mengenai manfaat buah semangka.

Manfaat dan Kandungan Buah Semangka

http://www.volimaniak.com/
Manfaat Buah Semangka

Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi127 kJ (30 kcal)
Karbohidrat7.55 g
Gula6.2 g
Serat pangan0.4 g
Lemak0.15 g
Protein0.61 g
Air91.45 g
Vitamin A equiv.28 μg (3%)
Thiamine (Vit. B1)0.033 mg (3%)
Riboflavin (Vit. B2)0.021 mg (1%)
Niacin (Vit. B3)0.178 mg (1%)
Asam Pantothenat (B5)0.221 mg (4%)
Vitamin B60.045 mg (3%)
Folat (Vit. B9)3 μg (1%)
Vitamin C8.1 mg (14%)
Kalsium7 mg (1%)
Besi0.24 mg (2%)
Magnesium10 mg (3%)
Fosfor11 mg (2%)
Kalium112 mg (2%)
Seng0.10 mg (1%)
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
Sumber: Data Nutrisi USDA

Manfaat Buah Semangka Sebagai Obat


Buah semangka memang tidak terlalu mahal harganya, namun kandungan nutrisi serta manfaatnya bagi kesehatan tidak bisa dianggap enteng. Silahkan lihat data disamping untuk mengetahui kandungan gizi buah semangka.

Selain dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi, semangka juga seringkali dijadikan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang bisa diobati menggunakan semangka adalah sebagai berikut:

Kulit buah semangka dapat mengobati bengkak karena timbunan cairan pada penyakit ginjal, kencing manis (diabetes melitus), gatal karena tanaman berracun, sakit sewaktu bangun tidur pagi akibat alkohol (hangover), migren, mencegah kerontokan rambut, menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah, kulit kasar, luka bakar, dan terbakar matahari.

Daging buah semangka digunakan untuk pengobatan: pingsan karena udara panas (heatstroke), rasa letih, demam, haus disertai mulut kering, napas berbau, air kemih warnanya gelap dan kuning tua, nyeri sewaktu kencing, perut kembung karena banyak gas, susah buang air besar (sembelit), sakit tenggorokan, sariawan, hepatitis, tekanan darah tinggi (hipertensi), disfungsi ereksi (impoten), meningkatkan kesuburan pria, keracunan alkohol (alkoholism), asam urat tinggi, dan menghilangkan kerutan di wajah.

Sementara biji buah semangka biasa digunakan sebagai obat untuk susah buang air besar selama hamil atau usia tua, radang hati, radang selaput lendir usus, infeksi kandung kemih, kurang darah (anemia), membasmi cacing usus, dan busung lapar.

http://volimaniak.blogspot.com/

Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan


Selain digunakan sebagai obat tradisional, buah semangka juga dipakai untuk perawatan kecantikan. Terutama untuk perawatan kulit dan wajah.

Meremajakan kulit

Untuk meremajakan kulit, ambil 100 gram semangka, kemudian hancurkan. Aplikasikan semangka sebagai masker pada seluruh wajah sehingga wajah terasa lebih dingin, segar dan lembab. Efek masker semangka ini juga membersihkan debu dan kotoran hingga ke dalam pori-pori, dengan cara alami yang aman.

Melembutkan kulit

Untuk melembutkan kulit, ambil 100 gram semangka, campur dengan 1 sdm yogurt. Aplikasikan pada wajah serta leher dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin.

Semangka di sini mengembalikan kelembaban kulit, sedangkan yogurt dapat melembutkannya dengan jangkauan lebih dalam karena bantuan semangka. Kulit jadi lebih lembut serta bersinar.

Mengatasi kerutan di wajah

Karena kaya kandungan antioksidan, semangka dapat membantu mencegah kerusakan di kulit serta mengatasi kerutan di wajah sebagai tanda penuaan dini. Caranya adalah campurkan 100 gram semangka dengan alpukat yang telah dihancurkan. Aduk hingga merata kemudian aplikasikan pada seluruh wajah sebagai masker. Diamkan dan rilekskan wajah selama 20 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian akhiri dengan mengompres wajah menggunakan es batu.

Menghilangkan noda hitam di wajah

Sebagai scrub, semangka juga efektif mengatasi noda hitam di wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan 100 gram semangka dengan 2 sdm garam. Kemudian scrub dan massage dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas, dan rasakan kulit yang lebih bersih dan bersinar.

Demikian informasi dari volimaniak mengenai manfaat buah semangka,semoga menjadi refrensi dan membawa manfaat buat para pembaca semuanya,terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

50 Responses to "Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Anda"

  1. ternyata banyak juga ya mas manfaat buah semangka ini, saya baru tau sih soal manfaat buah-buahan.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kalau buah semangka memang sudah umum dan mudah dicari kok

      Delete
    2. iya mas banyak dipasar juga.disupermarket apalagi semua ada :D

      Delete
    3. dibelakang rumah saya juga banyak kang semangka yang seperti di atas itu, gede-gede dan isinya merah banget,pokoknya semangkanya sama persis deh.
      kan di belakang rumah kira-kira 4 km dari rumah ada supermarket

      Delete
    4. hehhhe enak nih mas, bisa makan buah semangka tiap hari

      Delete
  2. Top, saya alhamdulillah sampai sekarang paling sering mengkonsumsi buah semangka dibanding yang lain,,,,oya saya mau tanya... kalau kelebihan makan semangka apa ada efek sampingnya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. efek sampingnya kekenyangan mas, hehehehe, setahu saya kalau makan buah kebanyakan gak ada efek yang buruk kok

      Delete
  3. manfaat buah semangka bagus juga ya untuk kecantikan.terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalau buat kaum wanita cocok tuh, buah semangka bisa untuk perawatan kecantikan

      Delete
  4. banyak manfaatnya juga ya buah semangka :) terimakasih infonya mas ..

    ReplyDelete
  5. Ternyata kulit buah semangka juga punya banyak manfaat, akan lebih lengkap artikelnya mbak kalau cara mengkomsumsi kulit buah semangkanya juga ditambahkan. Atau langsung dimakan begitu saja, tidak perlu proses2 khusus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya mas, nanti akan di buatkan artikel khusus itu, kebetulan masih agak sibuk

      Delete
  6. tapi kalau kebanyakan bikin batuk mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. dah pernah coba ya mas deny, kalau saya efeknya kekenyangan aja, hehehehe

      Delete
    2. ponakan saya sih pasti batuk klo kebanyakan

      Delete
    3. HEM GITU, BERARTI EFEKNYA BERBEDA-BEDA YA PADA TIAP ORANG

      Delete
    4. mungkin karena rasa manis dari semangka mas yang bikin batuk ketika dikonsumsi berlebih

      Delete
    5. iya mas bisa juga seperti itu

      Delete
  7. Semangka emang mantap mas...apa lagi klo dimakan disiang hari.....maknyos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kandungan air yang banyak dan rasanya yang manis membuat siang jadi adem yah...

      Delete
    2. iya mas wahab, penghilang dahaga juga lo buah semangka itu,bisa di olah ke berbagai masakan dan minuman

      Delete
    3. bener mas rudi, apalagi di buat es buah

      Delete
  8. Tidak hanya enak dimakan, Semangka ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat yang luar biasa ya, Bisa bikin awet muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas fazri, memang mantab buah semangka selain murah banyak manfaatnya juga

      Delete
  9. wah sangat bermanfaat nih artikel dan infonya, rajin-rajin ah makan semangka biar sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, sering2 aja makan buah biar tetap sehat bugar

      Delete
  10. setahu saya cumma penghilang dahaga saja mas dan membuat kembung jika makan seperti model anak kecil diatas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYA MAS, DI SAMPING DI KONSUMSI SEBAGAI PENGHILANG DAHAGA JUGA BANYAK MANFAATNYA BUAH SEMANGKA ITU

      Delete
  11. buah kesukaan sayah sekalinya banyak manfaatnya juga ya.
    brarti lanjut terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bisa dilanjut terus mngkonsumsi buah seemangkanya

      Delete
  12. Byk jg gan manfaat buah semangka, ane kebetulan jarangmakan semangka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. stlah tahu manfaat buah semangka mulai dari sekarang bisa di coba untuk mengkonsuminya buah smangka lbih sering mas

      Delete
  13. wah semangkanya besar sekali pak, saya paling suka makan semangka bikin haus hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, selain sebagai peelega dahaga juga banyak manfaatnya buah semangka ini

      Delete
  14. banyak sekali manfaat dan khasiat dari buah semangka ya Pak, selain dari buahnya, kulitnya juga mempunyai khasiat juga. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, biasanya yang di konsumsi tidak hanya buah smangkanya saja, tetapi juga dari kulit yang brwarna putih itu juga mempunyai banyak manfaat

      Delete
  15. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat.
    http://kedaijellygamatgoldg.com

    ReplyDelete
  16. Sering konsumsi ns awet muda ya mas?.......hore....

    ReplyDelete
  17. Selain mudah didapat dan harganya terjangkau ternyata buah semangka banyak sekali manfaatnya ya mas buat kesehatan, terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  18. wah ternyata kulit semangka juga bisa jadi obat ya

    ReplyDelete
  19. wah,klo semangka mah memang buah kesukaan saya mas.. banyak khasiatnya utk kesehatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYA MAS WAJIB KONSUMSI SESERING MUNGKIN

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close