Cara Melatih Kecepatan Bergerak Dengan Metode Weight Training

Bola VoliCara Melatih Kecepatan Bergerak Dengan Metode Weight Training ~ Seperti halnya dalam melatih beberapa kecepatan yang ada dalam komponen kondisi fisik, pada postingan yang lalu saya sudah bahas mengenai Cara melatih kecepatan Sprint, perlu anda ingat terlebih dahulu dalam upaya melatih komponen kondisi fisik kecepatan anda perlu tahu apa itu ciri-ciri dari latihan kecepatan, setelah anda tahu baru anda bisa menyesuaikan beberapa target serta progam latihan yang sesuai dengan tujuan latihan yang akan diterpakan sesuai dengan cabang olahraga yang ingin dikembangkan, karena beda olahraga akan beda juga cara latihan dan metode latihannya.

Pada bahasan kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semuanya mengenai cara melatih kecepatan bergerak dengan metode weight training, perlu anda ingat lagi dalam melatih komponen kondisi fisik khususnya dengan metode weight training adalah dengan menekankan beban lebih pada proses latihannya. langsung saja saya akan uraikan bagaimana cara melatih kecepatan bergerak dengan metode weight training berikut ini;

Cara Melatih Kecepatan Bergerak Dengan Metode Weight Training

http://www.volimaniak.com/

Progam Latihan Kecepatan Gerak dengan metode weight training 


Upaya latihan ini bisa anda terapkan sesuai dengan kebutuhan anda dan anda juga bisa menambah beban latihan, intensitasnya maupun frekuensi latihannya.berikut latihan kecepatan gerak dengan meotde weight training :

  1. Volume beban latihan 4-6 kali giliran setiap anak latihan, intensitas pengeluaran tenaga saat melaksanakan latihan 40 %-60% dari kemampuan maksimal atau beban yang akan diangkat 1/3 berat badan anak yang dilatih. 
  2. Pengulanagan latihan per giliran / frekuensi kurang lebih 50 % ke bawah dari MR ( maximum repeatation ) kemampuan anak latih.
  3. Recovery 2-3 menit antar giliran satu dengan yang lain pada saat melakukan satu unit latihan.
  4. Batasan dan pedoman waktu per giliran harus ditetapkan sebelumnya oleh pelatih. jadi latihan weight training ini harus anda sesuaikan dengan kondisi peserta didik yang anda latih jangan sampai terlalu melebihi beban, hasilnya tidak akan meningkatkan malah merusak susunan utama otot yang ingin dikembangkan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melatih kecepatan gerak dengan metode weight training.


  1. Untuk pemula sebaiknya tidak mempergunakan beban pemberat tambahan ( barbel), baru setelah memiliki kekuatan yang cukup serta masa pertumbuhan fisik tidak akan terganggu karenanya, setelah itu barulah anda dapat memberikan beban pemberat latihan kepada anak latih.
  2. Mental training dalam hal kemauan dan disiplin selalu diberikan demi pencapaian kecepatan maksimal
  3. Pemanasan yang cukup agar otot-otot dan tendo-tendo tidak mengalami cedera.

Demikian yang bisa volimaniak sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai progam latihan Kecepatan bergerak dengan metode weight training, semoga bisa menjadi referensi anda dalam pengembangan bakat serta kondisi fisik peserta didik anda, terimakasih
Powered by Blogger.