Cara Melatih Kecepatan Sprint

Permainan Bola VoliCara Melatih Kecepatan Sprint ~ Dalam postingan volimaniak yang dahulu saya sudah membahas masalah ciri-ciri latihan kecepatan dan juga sudah saya sertakan juga mengenai macam-macam kecepatan. sudah saya singgung bahwa dalam latihan kecepatan ada tiga macam latihan kecepatan yaitu : Kecepatan Sprint, Kecepatan bergerak dan Kecepatan Reaksi. Dari ketiga macam kecepatan itu kali ini volimaniak akan bahas mengenai cara melatih kecepatan Sprint.

Dalam latihan kecepatan ini saya akan bahas yang lebih detail lagi, dalam kecepatan sprint banyak metode latihan yang bisa diterapkan. tetapi dalam bahasan kali ini saya akan bahas dalam latihan kecepatan menggunakan metode interval running. langsung saja yuk kita bahas bagaimana metode latihan kecepatan menggunakan metode interval running.

http://volimaniak.blogspot.com/

Cara Melatih Kecepatan Sprint


Metode latihan kecepatan menggunakan metode interval running

Perlu anda terapkan beberapa latihan yang bisa anda gunakan untuk melatih kondisi fisik yang berkaitan dengan kecepatan ini diantaranya adalah sebagai berikut ;

  1. Volume beban latihan 5-10 kali giliran lari, dimana tiap-tiap giliran anak atau atlet lari secepat-cepatnya dengan jarak 30 meter sampai 80 meter.
  2. Intensitas lari 80% - 100% dengan pedoman waktu yang telah ditetapkan oleh pelatih.
  3. Recovery antara giliran satu dengan giliran lain berkisar antara 2- 5 menit, bila memungkinkan dapat pula dipendekkan waktu pemulihan tenaga ini.
  4. Frekuensi dan Tempo Tinggi, banyak dan secepat-cepatnya dalam melaksanakannya.
  5. Untuk Memperberat latihan atlet dapat dilatih beserta pelatih mencari variasi perubahan volume, intensitas, frekuensi, recovery sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.

Tujuan dan sasaran latihan ini adalah ini untuk mencapai gerak kedapan sehingga anak latih atau atlet mencapai gerak kedepan secepat-cepatnya dengan jalan terpanjang langkah kaki dan memperbanyak frekuensi gerakan kaki anak latih dalam menempuh jarak lari tertentu.

Dengan Menerapkan latihan diatas semoga nantinya anda bisa mencapai target kondisi fisik tertentu sesuai dengan target kecepatan yang anda inginkan, anda bisa memodifikasi latihan sedemikian rupa sehingga beban latihan bisa lebih ditingkatkan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan bagi peserta didik atau atlet bahkan diri anda sendiri. kerja keras serta usaha sangat dibutuhkan agar anda benar-benar bisa mencapai titik puncak kecepatan. semoga bermanfaat. terimakasih
Powered by Blogger.