Cara Mudah Lulus Ujian Nasional

Bola VoliCara Mudah Lulus Ujian Nasional ~ Tak terasa masa pergantian semester dalam pembelajaran pendidikan sudah mulai beralih, yang dulunya semester 1 kita masih santai-santai belum terlalu mikir ujian, dalam semester dua ini hendaknya bagi anda pelajar baik kelas IX maupun XII harus segera mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional. pengalaman pribadi saya dalam menghadapi ujian nasional sebenarnya tidak susah dan tidak perlu takut juga, karena pada dasarnya juga sama seperti ujian semester.

Dengan Perencanaan yang matang pada 3-4 bulan terakhir sebelum ujian nasional berlangsung anda akan lebih siap dan matang dalam menghadapi ujian nasional, tidak perlu ada yang dicemaskan, koreksi diri anda dan dijamin anda bisa lulus ujian nasional. Penentuan nilai akhir ujian nasional juga harus anda perhitungkan karena syarat nilai yang harus dicapai dari pemerintah juga semakin meningkat, untuk menghadapi ujian nasional ini volimaniak punya sedikit tips mudah lulus ujian nasional, untuk lebih jelas simak uraian berikut;

http://www.volimaniak.com/


Cara Mudah Lulus Ujian Nasional


Untuk mencapai kelulusan yang optimal sesuai dengan target anda juga tidak mudah, perlu beberapa persiapan yang matang, berikut tips mudah menghadapi ujian nasional, semoga bisa menjadi referensi bagi anda para pelajar yang sudah siap menghadapi ujian nasional.

Tips Menghadapi ujian nasional lulus dengan mudah :


Persiapan Sebelum Ujian Nasional


1. Persiapkan diri anda dari sekarang

Jangan menunda-nunda waktu, karena waktu 3 bulan itu tidak lama, selalu pelajari semua materi yang ada.

2. Belajar dan belajar

hal ini sangat penting, jangan belajar ketika anda mau ujian saja, karena banyaknya materi tidak akan mudah anda ingat semuanya, dan jangan sesekali menerapkan sistem kebut semalam. yang ada anda malah ngantuk ketika sedang mengerjakan soal ujian nasional.

3. Tinggalkan Kebiasaan buruk mulai dari sekarang

mungkin banyak aktifitas yang tidak penting yang anda lakukan dalam keseharian anda saat ini, prioritaskan terlebih dahulu dalam waktu ini atau semester 2 ini untuk meninggalkan kebiasan buruk terlebih dahulu sebagai contoh, keluyuran tanpa tujuan, begadang, pacaran ( bagi yang suka pacaran ), dan masih banyak yang lainnnya.

4. Ikut Bimbel

Banyak dari kalangan elit atau orang yang benar-benar memikirkan pendidikan melakukan bimbingan belajar, biasanya dalam waktu kurun 1 tahun selama kelas IX atau XII, itu bagi yang mampu, karena biaya bimbel juga terhitung mahal untuk bisa diikuti, kalau saya dulu mencari teman yang ikut bimbel dan saya belajar dari semua materi yang dia dapatkan, banyak buku-buku yang penting dengan trik-trik lebih cepat daripada buku pelajaran secara umum.

5. Berdoa 

Apapun agama anda berdoa harus dijadikan kebiasaan rutin, dan jangan lupa selalu meminta kemudahan dalam mengerjakan soal-soal ujian nasional.

agaknya masih banyak tapi cukup itu saja yang saya uraikan ya, karena juga capek kalau nulis kebanyakan ,,,,wakakakaka..

Persiapan Selama Ujian Nasional


1. Persiapan Awal yang Matang

Sebelum anda melakukan ujian usahakan semua perlengkapan yang diperlukan sudah siap dan tidak ada yang ketinggalan sebagai contoh alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2. Tetap Tenang dan percaya diri

Jangan Terganggu dengan aktifitas teman lain, jangan terburu-buru untuk menyelesaikan semua soal-soal ujian nasional yang ada, usahakan dalam mengerjakan nasional anda tetap fokus, konsentrasi pada lembar soal dan jawaban yang ada,

3. Baca, Cermati lalu Pahami baru mengerjakan soal

Tips Menghadapi Ujian Nasional yang ini sangat penting, Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

4. Kerjakan Soal yang mudah dahulu

Jangan terlalu tegang dalam menghadapi soal-soal yang ada, jika anda merasa kesulitan jangan habiskan waktu yang ada hanya untuk mengerjakan satu soal, kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu dan jangan lupa di tandai semua soal yang belum bisa anda kerjakan, agar nantinya tidak terjadi kekeliruan dalam mengisi jawaban, sebagai contoh : anda mau menjawaba no,5 tetapi dalam mengisi LJK ternyata anda mengisi no. 6, nah ini yang akan berakibat fatal.hati-hati dan waspada ya !!!

5. Hati-hati dalam mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Pasti anda sudah diarahkan oleh guru kalian dalam mengisi lembar jawah komputer ( LJK ) dengan benar, lingkari dengan penuh untuk jawaban yang ada agar terdeteksi oleh komputer, perlu di ingat jangan sesekali melompati soal yang ada karena jika anda lupa bisa berakibat fatal, dulu juga ada kejadian tidak lulus ujian nasional gara-gara hal sepele, LJK tidak boleh dilipat, basah, sobek. usahakan kerjakan dengan rapi dan sesuai dengan aturan yang ada.

6. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.

Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

7. Awali dan Akhiri dengan berdoa

Sebelum kita mulai mengerjakan dan sesudah mengerjakan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar diberikan hasil yang baik. Kita hanya bisa berusaha, Tuhan yang menentukan. Tuhan senantiasa akan melihat kesungguhan usaha kita. Tuhan pun akan melihat kesungguhan hambaNya untuk melakukan suatu usaha jika hambaNya mengiringi usahanya tersebut dengan berdoa.

Semoga anda bisa lulus dengan mudah dalam menghadapi ujian periode tahun ini, dan saya ucapkan selamat buat anda yang bisa lulus dalam ujian nasioanal,, Selamat ya ..!!!, banyak trik dan solusi dalam menghadapi ujian nasional, banyak lah mencari dan bertanya pada guru anda, sekian dulu yang bisa volimaniak sampaikan, jika anda punya pendapat lain, bisa diuraikan dalam kotak komentar yang tersedia, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

12 Responses to "Cara Mudah Lulus Ujian Nasional"

  1. pasti sukses ujiannya, jika nerapin tips diatas
    nah..yang masih sekul harus baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an ya mas,,,pasti yg di inginkan dari kita adalah yang terbaik

      Delete
  2. Panduan lengkap yang bagus untuk dijadikan pedoman untuk siswa yang akan mengikuti ujian nasional, mas Purnama...Bermanfaat banget mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimaksih pak atas masukannya...semoga bisa membantu buat pelajar yang sebentar lagi menghadapi ujian nasional

      Delete
  3. sebelum mulai belajar pasti membaca do'a dulu hehehehe biar ujiannya lancar .

    ReplyDelete
  4. Yang penting belajar kalau ingin lulus ujian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benr banget mas,,kalau gk belajar gk ada bekalnya

      Delete
  5. Wah tips ini benar-benar wajib untuk dibaca adik-adik kita yang akan menghadapi unas ya Mas Purnama. Semua tips nya bisa dijalani. Saya paling suka dengan tips yang awali dan akhiri dengan do'a.

    Sebab menurut saya sepintar apapun kita nantinya, jika tidak dilandasi dengan nilai-nilai agama dalam sendi kehidupan, kepintaran itu akan menjadi pedang yang akan menghunus diri kita sendiri dan orang lain.

    Nice info Mas Purnama. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih banyak mas..semoga bisa menjadikan berkah dalam menuntut ilmu

      Delete
  6. Infonya mantab semoga aja saya lulus ujian bsok amiin :)
    Ciee ada perubahan nih mas :) sudah pake domain berbayar he

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin,,semoga bisa terkabul hajatnya,,,sudah dari dulu tapi belum diterapkan ke yang ini...wakakaka....baru mau yang lebih serius dalam menekuni blog

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close