Isyarat-isyarat Seorang Wasit Sepak Bola

Isyarat-isyarat Seorang Wasit Sepak Bola ~ Volimaniak ingin menambah pengetahuan lagi kepada anda semuanya mengenai beberapa isyarat yang sering dipakai oleh seorang wasit sepak bola. mungkin dalam praktek dilapangan ketika anda ingin menjadi seorang wasit sepak bola bisa langsung mempraktekkan beberapa isyarat yang digunakan.

Pada kesempatan yang lalu saya sudah sedikit banyak memberikan gambaran kepada anda mengenai perwasitan sepak bola, yaitu mengenai tatacara menjadi wasit sepak bola, Selain anda mengetahui apa saja yang anda perlukan dalam menjadi wasit sepak bola, perlu anda ketahui juga beberapa isyarat yang digunakan ketika memimpin suatu pertandingan sepak bola. Dalam menjalankan tugasnya seorang wasit sepak bola biasanya menggunakan beberapa isyarat yang umum dan sudah dipahami oleh pemain dan masyarakt luar atau penonton sehingga mereka tidak terjadi salah paham ketika anda memimpin suatu pertandingan.


Isyarat ialah suatu tanda berkenaan dengan permainan. Dalam permainan sepak bola isyarat tersebut dapat diberikan oleh wasit atau hakim garis, atau wasit pengganti.

1. Isyarat Wasit Sepak bola

Isyarat wasit dapat berupa peluit dan gerakan tangan, yaitu:

Bunyi Peluit

Bunyi peluit dari wasit umunya ada 2 macam yang didasarkan atas tujuan atau keguanaannya. Bunyi peluit dua kali pendek yang diikuti panjang, ini digunakan wasit sebagai isyarat dalam hal-hal sebagai berikut:
  1. Agar para pemain siap untuk memasuki lapangan permainan.
  2. Permainan dalam babak 1 selesai.
  3. Permainan dalam babak 2 selasai.
http://volimaniak.blogspot.com/Bunyi peluit panjang satu kali,ini digunakan wasit sebagai isyarat dalam hal-hal berikut:
  1. Permainan dapat dimulai.
  2. Penghentian permainan untuk sementara karena ada kejadian
  3. Terjadi pelanggaran atas peraturan permainan.
  4. Bola keluar lapangan.
  5. Terjadi gol.
  6. Ada pemain yang cidera.
  7. Gangguan oleh cuaca atau penonton.

2. Isyarat Gerakan Tangan Wasit Sepak Bola

Untuk lebih memperjelas keputusannya isyarat wasit yang berupa bunyi peluit akan diikuti dengan gerakan tangan sebagai isyarat.

Isyarat tangan itu diantaranya:
  1. Mengankat salah satu tangan lurus ke atas baik tangan kanan atau kiri berarti “ terjadi pelanggaran dengan hukuman tendangan bebas tidak langsung “.
  2. Mengangkat kedua tangan didepan dada menghadap kebawah dan digerakkan menyilang berarti “ tidak terjadi pelanggaran “.
  3. Kedua tangan menggantung sejajar disamping badan dengan telapak tanganmenghadap kedepan selanjutnta digerakan ke depan berarti “ meminta pemain untuk mundur ke belakang “.
  4. Salah satu tanganmenunjuk titik tengah berarti “ terjadi bola masuk kegawang/gol secara sah”.
  5. Salah satu tanganmenunjuk ke suatu tempat,sedang tangan yanglain menunjuk ke suatu arah, berarti “ menunjukkan tempat terjadinya pelanggaran dan arah bola “.
  6. Pada permulaan permainan wasit mengangkat salah satu tangan kea rah hakim garis dan pemain, berarti “ meminta yang bersangkutan siap untukmemulaipertandingan “.

3. Isyarat Hakim Garis sepak bola

Untuk memberikan isyarat hakim garis menggunakan bendera. Isyarat itu adalah:
Mengangkat bendera lurus ke atas, berarti “ memberitahu kepada wasit untuk menghentikan permainan, karena bola keluar atau ada kejadian ataupun terjadi pelanggran, dengan menunjukkan bendera kearah tempat tersebut.

4. Isyarat Wasit Cadanagan sepak bola

Isyarat dari wasit cadangan diberikan dari luar lapangan.isyarat itu antara lain:
  1. Adanya pergantian pemain
  2. Memberitahukan sisa waktu pertandingan
Itulah Kurang lebihnya mengenai beberapa isyarat yang sering digunakan wasit sepak bola, untuk lebih detail dan jelasnya akan volimaniak update seiring perkembangan yang ada, semoga bermanfaat, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Isyarat-isyarat Seorang Wasit Sepak Bola"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close