Manfaat Pemanasan Dan Peregangan Otot Sebelum Olahraga

Manfaat Pemanasan Dan Peregangan Otot Sebelum Olahraga ~ Apakah anda rutin melakukan olahraga?, jika ternyata dalam keseharian anda yang sering melakukan olahraga tapi tanpa mengetahui manfaat dan tujuan dari kegiatan olahraga yang anda lakukan, maka anda perlu tahu seberapa besar frekuensi dan intensitas dalam melakukan olahraga untuk bisa mencapai tujuan yang diharapkan khusunya dalam mencapai kesehatan fisik maupun rohani.

Bicara masalah olahraga tentunya ketika anda duduk dibangku sekolah pasti dari bapak/ibu guru sering mengajarkan urutan atau cara melakukan pemanasan yang benar sebelum melakukan kegiatan olahraga, tanpa anda sadari sebenarnya tujuan dari pemanasan banyak sekali dan akan volimaniak bahas pada postingan kali ini.
http://volimaniak.blogspot.com/

Pemanasan atau biasa disebut dengan warming-up mempunyai urutan tersendiri agar penyiapan kondisi tubuh serta suhu tubuh sudah siap dalam kondisi untuk melakukan olahraga, maka dari itu anda perlu mengetahui beberapa cara yang benar atau sistematika melakukan pemanasan dengan benar, pemanasan hendaknya dilakukan dalam rangkaian yang benar yaitu mulai melakukan pemanasan terlebih dahulu,setelah itu anda baru bisa melakukan strectching atau peregangan yang dimakasudkan untuk melakukan penguluran otot-otot tubuh agar yang tadinya masih kaku dan tegang bisa beralih ke kondisi yang siap melakukan gerakan olahraga lainnya.

Manfaat Pemanasan Dan Peregangan Otot Sebelum Olahraga

Manfaat Pemanasan


Beberapa manfaat melakukan pemanasan adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan suhu tubuh beserta jaringan-jaringannya.
  2. Menaikkan aliran darah melalui otot-otot aktif.
  3. Meningkatkan detak jantung sehingga dapat mempersiapkan bekerjanya sistem jantung dan pembuluh darah (cardiovaskular).
  4. Menaikkan tingkat energi yang dikeluarkan oleh metabolisme tubuh.
  5. Meningkatkan pertukaran (pengikatan) oksigen dalam hemoglobin.
  6. Meningkatkan kecepatan perjalanan sinyal saraf yang memerintah gerakan tubuh.
  7. Meningkatkan efisiensi dalam proses reciprocal innervation, sehingga memudahkan otot-otot berkontraksi dan rileks secara lebih cepat dan efisien.
  8. Meningkatkan kapasitas kerja fisik atlet
  9. Mengurangi adanya ketegangan pada otot.
  10. Meningkatkan kemampuan jaringan penghubung dalam gerakan memanjang atau meregang da terjadi peningkatan kondisi tubuh atlet secara psikologis.
Intensitas dan lamanya waktu dalam melakukan pemanasan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan fisik atlet dan kondisi yang ada. Pada intinya, pemanasan tersebut harus dilakukan cukup intensif untuk meningkatkan suhu tubuh sehingga menyebabkan berkeringat, akan tetapi jangan melakukan pemanasan terlalu berlebihan sehingga menyebabkan keletihan. Pada cuaca yang dingin latihan pemanasan tersebut dapat dilakukan secara lebih intensif lagi.

Tujuan Melakukan Peregangan


Setelah selesai melakukan pemanasan, barulah mulai melakukan peregangan. Salah satu tujuan peregangan adalah untuk mencapai kelenturan, yaitu kemampuan untuk menggerakkan otot beserta persendian pada seluruh daerah pergerakan. Meskipun demikian, peregangan hanya bermanfaat apabila dilakukan secara benar sebagaimana mestinya. Beberapa alasan mengapa para atlet melakukan peregangan untuk memperbaiki dan meningkatkan kelenturan tubuhnya adalah sebagai berikut:

Tujuan Peregangan Otot Sebelum Olahraga adalah :
  1. Dapat meningkatkan kebugaran fisik seorang atlet.
  2. Bisa mengoptimalkan daya tangkap, latihan, dan penampilan atlet pada berbagai bentuk gerakan yang terlatih.
  3. Dapat meningkatkan mental dan relaksasi fisik atlet.
  4. Dapat meningkatkan perkembangan kesadaran tubuh atlet.
  5. Dapat mengurangi risiko keseleo sendi dan cedera otot (kram)
  6. Dapat mengurangi risiko cedera punggung
  7. Dapat mengurangi rasa nyeri otot.
  8. Dapat mengurangi rasa sakit yang menyiksa pada saat menstruasi bagi atlet wanita.
  9. Dapat mengurangi ketegangan otot.
Demikian sedikit informasi dari volimaniak yang bisa sampaikan mengenai manfaat pemanasan dan peregangan otot, untuk lebih lanjutnya tunggu postingan berikutnya. terimakasih
Powered by Blogger.