Peraturan Pemainan Softball Terbaru

Peraturan Pemainan Softball Terbaru ~ Bagaimana kabar anda sobat volimaniak ? saya berharap dalam keadaan yang sehat dan selalu bisa menjalankan aktifitas sehari-hari dengan baik, kali ini volimaniak akan membahas mengenai topik utama olahraga softball. Dalam permainan softball kita harus mengenal betul mengenai sejarah permainan softball, serta untuk bisa memainkannya dengan baik anda perlu mempelajari beberapa teknik dasar softball. Olahraga softball memang jarang dimainkan dalam kalangan masyarakat bawah tetapi lebih cenderung dimainkan oleh masyarakat perkotaan, hal ini dikarenakan mahalnya peralatan  softball serta lapangan softball yang lumayan sulit kita jumpai di pedesaan.

Ok, tidak usah lama-lama kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semuanya mengenai peraturan permainan softball, tentunya dalam setiap cabang olahraga apapun mempuyai peraturan permainan yang berbeda begitupun dengan softball ini. untuk lebih jelasnya anda bisa melihat peraturan softball dalam uraian berikut ini ;

http://volimaniak.blogspot.com/

Peraturan Pemainan Softball Terbaru


Peraturan permainan yang dipergunakan adalah Official Rules of Softball yang dikeluarkan oleh The International Joint Rules Committee of Softball.

A. Jumlah Pemain tiap regu

  • Jumlah pemain tiap-tiap regu softball terdiri atas 9 orang pemain. Satu di antaranya ditunjuk sebagai kapten yang berkewajiban sebagai wakil regunya untuk berhubungan dengan umpire (wasit) yang memimpin pertandingan. Di tiap-tiap base ditempatkan seorang pembantu wasit yang disebut base umpire.

B. Lama Pertandingan

  • Lamanya pertandingan softball ditentukan oleh inning yaitu 7 inning. Pengertian 1 inning adalah setiap regu bermain 1 kali giliran memukul dan 1 kali menjadi regu penjaga.

C. Cara-cara permainan softball


Cara-cara dalam permainan softball sebagai berikut :
  1. Urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang telah ditentukan sebelumnya.
  2. Tiap-tiap base hanya boleh diisi oleh seorang pemain pemukul, dengan aturan pemukul pertama tidak boleh dilalui oleh pemukul kedua atau oleh pemain yang ketiga, dan seterusnya.
  3. Pemain bebas mengadakan gerakan selama bola dalam permainan, kecuali bila pitcher sudah siap untuk melemparkan bola kepada pemukul(touchball), jika pitcher sudah touchball pelari harus menginjak base, jika tidak maka dinyatakan out.
  4. Pada waktu akan di-tick, pelari tidak boleh menghindar dengan berlari keluar atau ke dalam dari batas yang telah ditentukan.
  5. Strike adalah lemparan pitcher yang berada diatas home plate dan tingginya antara siku dan bahu pemukul.
  6. Free walk atau lari bebas diberikan bila pitchermelakukan ball atau kesalahan sebanyak 4 kali.
  7. FoulBall dan Outball adalah pukulan yang tidak sah atau melambung keluar lapangan, jika kedudukan masih No Ball, No Stike maka pukulan tersebut dianggap Strike. Jika sudah Strike 2, namun terjadi pukulan tersebut maka harus diulang terus/memukul lagi.
  8. Fair Ball yaitu pukulan yang sah, jika seorang pemukul memukul bola sampai diluar infield dan bola keluar dari garis lapangan maka pukulan dinyatakan fair ball.
  9. Double Play yaitu mematikan 2 runner sekaligus.
  10. Triple Play yaitu mematikan 3 runner sekaligus.
  11. Strike Out yaitu Pemukul tidak bisa memukul 3 lemparan Strike dari Pithcher dan pemukul akan dinyatakan OUT.
  12. Change adalah pergantian dari tim penjaga ke pemukul, syarat terjadi change apabila tim penjaga sudah mematikan 3 pemukul.
  13. Box adalah pelanggaran yang dilakukan oleh pitcher, dan akan diberi hukuman oleh umpire.
  14. Setiap regu dapat melakukan banding(Appeal) apabila terjadi kesalahan dalam pertandingan, Appeal diwakili oleh pelatih/kapten tim kepada umpire home kapan saja dengan meminta time kepada umpire home.
  15. Runner boleh lari kebase selanjutnya ketika ball in play dan ketika pitcher sudah melepaskan bola dari lemparanya ke catcher.
  16. Pitcher boleh melempar bola ke cathcer setalah umpire mengatakan play ball.
  17. Jika seorang Pemukul kembali dengan selamat (Save) ke home Base maka akan mendapatkan 1 poin.

D. Syarat-syarat pemain dikatakan mati


Berikut ini syarat-syarat pemain dikatakan mati :

  1. Apabila pemain telah memukul tiga kali dan yang terakhir tidak mengenai bola, sedangkan catcher dapat menangkap lemparan pitcher sebelum bola jatuh maka pemukul dinyatakan out dan jika catcher tidak dapat menangkap lemparan pitcher, tetapi semua base berisi, pemukul tetap dianggap mati.
  2. Catch Ball/ Fly Out, bola yang dipukul ditangkap oleh regu penjaga sebelum jatuh ke tanah. jika terjadi Fly Out, pelari yang ada di base tidak boleh lari kebase selanjutnya. Jika lari maka pelari bisa out dengan dibakar base yang sebelumnya ditempati.
  3. Pemain belum sampai di base I, sedangkan base I ini telah dibakar.
  4. Dapat di-tick sewaktu-waktu dan di mana saja kalau tidak menginjak base.
  5. Pada waktu lari belum sampai di base yang dituju namun base ini telah “dibakar” atau di-tick di perjalanan.

E. Peraturan khusus Softball


Peraturan khusus dalam permainan softball sebagai berikut :
  1. Apabila pada salah satu pertandingan berakhir dengan hasil sama (tie) setelah pertandingan berjalan 7 inning, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan menambah inning.
  2. Tim yang tidak bersedia atau menolak bermain pada waktu yang telah ditentukan dalam acara pertandingan (play ball) maka tim tersebut dinyatakan kalah dengan angka 0-15.
  3. Time out diberikan hanya satu kali kepada setiap tim yang bertanding untuk setiap inning, masing-masing selama 1 menit.
  4. Pergantian pemain dapat dilakukan oleh setiap regu kapan saja dengan melapor kepada umpire home dan scorer.
  5. Jika Pitcher Sudah melakuka Touchball(siap Untuk melempar) maka pitcher tidak boleh melepaskan touchballnya dan tidak ada gerakan lain, kecuali melempar bola ke catcher. Dalam gerakan Pitching tidak boleh ada gerakan yang diulang-ulang, jika terjadi hal-hal seperti itu, Umpire akan memberikan Peringatan dan jika terjadi lagi maka akan diberi hukuman (box).
  6. hukuman bisa berupa freewalk bagi pemain lawan.
  7. jika lemparan pitcher menganai tubuh pemukul maka pemukul akan dinyatakan free walk (jalan bebas).
Itulah sedikit informasi mengenai permainan softball khususnya mengenai peraturan permainan softball, semoga bisa membantu bagi anda penggila softball, semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Peraturan Pemainan Softball Terbaru"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.