Cara Melakukan Teknik Menapak / Sepak Tapak Pada Sepak Takraw

Cara Melakukan Teknik Menapak Pada Sepak Takraw ~ Seperti kita ketahui bahwa pada permainan sepak takraw dibagi menjadi beberapa teknik dasar sepak takraw yang mana dalam teknik tersebut lebih cenderung ke teknik sepakan atau menendang, pada kesempatan kali in volimaniak ingin memberikan penjelasan salah atu bagian dari teknik dasar sepak takraw yaitu Teknik sepak tapak. Ternyata banyak kan teknik dari sepak takraw ini, makanya jika anda ingin menekuni bidang olahraga sepak takraw ini harus mampu menguasai semua teknik dasar dari sepak takraw, dan tips dari saya cuma menyarankan anda untuk selalu kerja keras dengan disiplin latihan, disiplin waktu dan yakin anda bisa meraih prestasi pada permainan sepak takraw, karena pada dasarnya untuk keterampilan psikomotorik / gerak tidak bisa dengan mudah dikuasai tanpa adanya rutinitas dan latihan yang disiplin. 

Cara Melakukan Teknik Menapak Pada Sepak Takraw


Pengertian Sepak Tapak


Sebelum anda latihan sepak tapak ini anda perlu tahu apa sih pengertian sebenarnya dari sepak tapak itu, Sepak tapak atau menapak adalah sepakan atau menyepak bola dengan menggunakan telapak kaki. 

Kegunaan sepak tapak / menapak pada sepak takraw


Sepak tapak / menapak bisa digunakan untuk berbagai keperluan khususnya dalam bermain sepak takraw diantara fungsi utama sepak tapak adalah sebagai berikut :
  1. menapak digunakan untuk smash ke pihak lawan, 
  2. servis dropshot, 
  3. menahan/ tembok smash lawan, 
  4. menyelamatkan / mengambil bola dekat atau diatas net.

Cara Melakukan Sepak Tapak / Menapak pada sepak takraw


cara melakukan teknik tapak sepak takrawAdapun urutan melakukan sepak tapak dengan benar dan bisa anda terapkan dalam melatih keterampilan sepak tapak pada permainan sepak takraw adalah sebagai berikut ;
  1. Berdiri dengan kedua kaki dengan jarak selebar bahu
  2. Kaki sepak diangkat tinggi dengan lutut agak dibengkokkan, telapak kaki dipukulkan ke bola, kaki jangan menyentuh net.
  3. Bola disentuh dengan telapak kaki / sepatu dibagian atas dari bola dengan menggunakan gerakan pergelangan kaki sepak ke arah lapangan lawan.
  4. Pandangan mata selalu terarah pada Bola
  5. Kaki tumpu dibengkokkan sedikit, kedua tangan dibuka dan dibengkokkan pada siku untuk membentuk keseimbangan tubuh.
  6. Badan dicondongkan atau dilentukkan kebelakang sedikit.
Demikian informasi mengenai permainan sepak takraw khususnya mengenai teknik sepak / menapak, semoga anda bisa dengan cepat menguasai teknik ini dan jangan lupa untuk selalu berlatih dengan giat agar benar-benar mahir dalam melakukan sepak tapak. terimakasih
Powered by Blogger.