Cara Mudah Melakukan Tes IQ Anda

Cara Mudah Melakukan Tes IQ Anda ~ Mau tahu seberapakah cerdas anda. Tes Kecerdasan atau yang sering disebut dengan IQ adalah suatu tes yang bertujuan untuk mengetahui tingkat emosional maupun tingkat kecerdasan seseorang. IQ atau Intelegent Quotient adalah score/nilai yang menunjukkan tingkat kecerdasan seseorang berdasarkan perbandingan dengan sesamanya dalam satu populasi. Cara mengetahui tingkat IQ seseorang biasanya dilakukan melalui Psikotest yang terdiri dari berbagai metode. Adapun untuk melakukan tes IQ ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan.

Definisi asli dari IQ adalah mengukur kecerdasan dari anak-anak ketika: IQ adalah sebuah rasio dari umur secara mental dibagi umur secara fisik dan dikalikan dengan angka 100. Umur secara mental dihitung berdasarkan dasar dari rata-rata hasil di dalam sebuah tes yang dibagi dalam setiap kategori umur.

Jenis Metode Test IQ


Terdapat dua jenis dari test IQ :

  1. Verbal - Jenis ini menentukan tingkat kemampuan untuk menemukan konsep umum dari contoh yang disajikan: "anjing, kucing, singa = hewan", menentukan konsep yang tidak berkaitan dengan kelompok: "burung, kelinci, monyet, mobil", menemukan keteraturan dalam angka-angka: "11,12,14,17,21", memecahkan deretan angka, dan lain-lain. 
  2. Non-verbal - Ini adalah tes yang didesain untuk mengukur kemampuan dalam membentuk kubus, mengorganisasikan gambar-gambar dari waktu tertentu dan urutan logika, membangun bentuk-bentuk dari bagian-bagian tertentu, dan lain-lain. Beberapa tes ini sering kali ditujukan untuk menjelajahi pikiran abstrak anda, atau yang kompleks maupun yang mendetail.
Ingatlah bahwa ketika anda menentukan untuk mengambil sebuah tes IQ, baik secara fisik maupun mental anda haruslah terasa santai, dan lakukanlah secara serius, yang mana akan membawa anda menjadi terkonsentrasi secara penuh.

Klasifikasi Jenis Tingkat Kecerdasan IQ


Untuk klasifikasi umum, digunakan klasifikasi berdasarkan hasil kompromi ketiga metode diatas.
  1. 70 – 79 : Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental
  2. 80 – 90 : Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (Dull Normal)
  3. 91 – 110 :   Tingkat IQ normal atau rata-rata
  4. 111 – 120 : Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (Bright Normal)
  5. 120 – 130 : Tingkat IQ superior
  6. 131 : atau lebihTingkat IQ sangat superior atau jenius.
Nah sudah jelas kan IQ itu apa ? sekarang pertanyaannya gimana cara melakukan test kemampuan IQ kita. kini anda bisa melakukan test IQ ini dengan mudah melalui Online, Jika anda ingin mengetahui tingkat kecerdasan anda. silahkan Anda bisa langsung menuju Ke link dibawah ini:

http://volimaniak.blogspot.com/
Powered by Blogger.