Istilah Kata Dalam Permainan Sepak Bola

Sepak Bola | Dalam permainan sepak bola ada sebuah istilah kata asing yang kadang kita juga tidak tahu artinya, maklum biasanya disebutkan dalam bahasa inggris, untuk lebih mengenal seluk beluk dalam permainan sepak bola, kali ini volimaniak ingin memberikan sedikit ulasan mengenai istilah kata dalam permainan sepak bola, anda bisa belajar lebih banyak dan ketika dalam permainan anda tidak lagi kebingungan ketika ada istilah asing dalam permainan sepak bola di sampaikan oleh seorang wasit sepak bola. untuk lebih lengkap dan detailnya langsung saja berikut rincian dari istilah-istilah yang ada dalam permainan sepak bola.

http://www.volimaniak.com/Dalam bermain sepak bola tentunya kita tidak asal bisa menguasai teknik dasar sepak bola tetapi kita juga harus tahu bagaimana peraturan permainan sepak bola itu sebenarnya, dan yang lebih penting istilah-istilah dalam permainan sepak bola juga harus anda kuasai agar lebih lengkap dalam penguasaan dan mengetahui segala sesuatunya mengenai sepak bola. berikut istilahnya :
  1. Back Heel : Back Heel adalah trik menendang dalam sepak bola yaitu menendang dengan menggunakan tumit kaki. Trik ini cukup ampuh untuk mengelabui musuh.
  2. Back Pass : Umpan pemain ke arah penjaga gawang sebagai upaya untuk mengamankan wilayah pertahanan.
  3. Ball Possesion : Yaitu istilah untuk penguasaan bola, artinya berapa lama waktu atau prosentase bola jatuh ke kaki total seluruh pemain dari sebuah klub dalam sebuah pertandingan
  4.  Bicycle Kick : Tendangan akrobatik ke gawang lawan untuk menyambut umpan silang dengan cara melompat membelakangi gawang sambil menendang bola dilewatkan kepala penendang (tendangan salto).
  5. Clearing : Menghalau bola di daerah pertahanan sejauh mungkin ke arah depan.
  6. Counter Attack : Serangan balik.
  7. Diving : Pemain yang sengaja menjatuhkan diri, seolah-olah dilanggar oleh pemain lawan, dengan harapan akan mendapat pelanggaran berupa seperti tendangan bebas atau pinalti.
  8. Dribbling : Teknik menggiring (membawa) bola.
  9. Scudetto : Adalah gelar untuk klub juara kompetisi serieA liga Italia
  10. PARKIR BUS : Adalah strategi menumpuk pemain diarea bertahan dan biasanya hanya menyisahkan 1 pemain depan contohnya strategi chelsea saat menghadapi Barcelona di liga champion beberapa waktu yang lalu.
  11. Handsball : Pemain (selain kiper) menyentuh bola dengan tangan. Penjaga gawang juga akan dinyatakan handsball jika menyentuh bola di luar daerah pinalti.
  12. Home and away : Home artinya bermain di kandang sendiri dan away bermain dikandang lawan.
  13. Intercept : Biasanya disebut cara untuk memotong umpan lawan.
  14. Offside : Artinya pemain penyerang berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan dari pada pemain bertahan lawan sebelum bola diumpan oleh rekannya. Faktor yang dapat menggagalkan pemain terkena offside walaupun berada pada daerah offside dengan tidak mengambil bola atau tidak aktif dan saat teman mengoper kita, berdirilah di luar lapangan (jika kita berada di luar lapangan, kita dianggap tidak aktif ) dan masuk ke dalam lapangan mengejar bola. Jika pemain melanggar offside, team B pada perumpamaan diatas akan mendapatkan tendangan bebas tetap di tempat kejadian.
  15. Overlap : Istilah yang biasanya digunakan untuk penyerang sayap, yaitu ketika seorang pemain bertahan membantu penyerangan.
  16. Nutmeg : Adalah operan bola yg melewati kedua belah kaki dari lawan..
  17. Pedalada : Teknik menggerakkan kaki menari nari di atas bola seperti mengayuh sepeda untuk menipu lawan, atau kata lain goyang samba.
  18. Pertandingan Derby : Adalah pertandingan antara tim sepak bola yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki sejarah dan rivalitas tinggi. Pertandingan derby dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi.
  19. Rabona : Rabona atau Laboona adalah teknik dalam menendang bola dimana kaki yang dipakai untuk menendang bola disilangkan di belakang kaki tumpuan.
  20. Assist : Pemain yang telah berjasa memberikan umpan kepada kawan setimnya sehingga berbuah gol
  21. Roulette : Roulette artinya berputar. Teknik mendribling bola dengan memutar badan sambil bergerak di atas bola.
  22. Silver Goal : Ialah istilah untuk gol yang dicetak di masa perpanjangan waktu dimana setelah gol terjadi, maka pertandingan akan dihentikan telah jeda babak perpanjangan terdekat berakhir. Jika goal terjadi di masa perpanjangan pertama, maka pertandingan selesai setelah isitirahat babak tersebut berakhir.
  23. Golden goal : istilah untuk gol yang dicetak di masa perpanjangan waktu dimana setelah gol terjadi, maka pertandingan akan langsung dihentikan
  24. Sombrero : Sombrero artinya sejenis topi. Teknik mengecoh lawan ini dilakukan dengan mencungkil bola melewati kepala lawan lalu pemain berlari mengejar bola tersebut.
  25. Chip ball : Istilah chip ball adalah mencungkil bola untuk mengoper atau menciptakan goal dengan ujung kaki seperti yang sering dilakukan oleh lionel messi ketika membobol gawang lawanya.
  26. Suicide Goal (Own Goal) : Gol yang dilakukan ke gawang sendiri (Gol bunuh diri)
  27. Tendangan First Time : Tendangan yang dilakukan langsung ke arah gawang setelah menerima umpan dari teman atau bola muntah.
  28. Tendangan Gawang : Tendangan yang dilakukan dari daerah gawang sebagai akibat keluarnya bola melewati garis gawang, dimana sentuhan terakhir dilakukan oleh pemain penyerang.
  29. Tendangan Pinalti / Penalty : Tendangan yang dilakukan dari titik pinalti di dalam daerah pinalti, dengan jarak 11 meter dari gawang. Tendangan ini terjadi karena ada pemain yang di langgar dikotak pinalti.
  30. Tendangan Sudut / Corner Kick : Tendangan dari daerah sudut lapangan karena bola melewati garis gawang setelah menyentuh pemain bertahan.
  31. Tendangan Voli : Tendangan yang dilakukan ke arah gawang pada saat menerima umpan lambung tanpa menyentuh tanah terlebih dahulu.
  32. Top Scorer : Pemain yang paling banyak mencetak gol dalam suatu liga/kompetisi.
  33. Total Football : Sistim permainan yang dikembangkan Belanda dengan melakukan serangan secara simultan ke arah gawang lawan oleh semua pemain, selain penjaga gawang
  34. Pressing : Pressing adalah suatu cara yang dilakukan oleh pemain atau sebuah tim untuk menekan penguasaan bola dari lawan. Dalam artian tidak memberikan celah sedikitpun bagi lawan untuk menyerang daerah pertahanan kita.
  35. Juggling : Ini merupakan sebutan untuk proses mengangkat bola dengan kaki, sama hal nya dengan takraw, bola dalam juggling dimainkan di kaki oleh satu atau banyak orang dengan mengangkat bola berkali-kali.
  36. Free Kick : Yaitu sebutan untuk tendangan bebas. Tendangan bebas terjadi jika seorang pemain dilanggar oleh lawannya di luar kotak penalti.
  37. Fair Play : Fair play merupakan peraturan yang diberlakukan oleh FIFA (Federasi Sepakbola Dunia) dalam rangka menciptakan permainan yang adil dalam se-pakbola. Slogannya adalah “My Game is Fair Play”, yang biasanya sering kita lihat jika pertandingan resmi akan segera dimulai.
  38. Heading : Heading adalah sebutan untuk meyundul bola. Salah satu pesepakbola yang mempunyai kemam-puan mumpuni dalam menyundul bola adalah pemain asal Portugal, Cristiano Ronaldo.
  39. Agregat : Jumlah skor setelah bertanding antar kandang dan tandang, misalnya pada leg-1 Chelsea menang 1-0 atas Barcelona. Dan padaa leg ke-2 Chelsea kalah 3-0, berarti agregat dari pertandingan tersebut adalah 1-3 untuk kemenangan Barca.
  40. Blunder : Istilah bagi pemain yang melakukan kesalahan, seperti kiper yang gagal dalam menangkap bola dengan sempurna sehingga mengakibatkan gawangnya kebobolan.
  41. Kickoff : Awal atau dimulainya sebuah pertandingan
  42. Hattrick : Pemain yang mencetak 3 gol dalam satu pertandingan
  43. Quattrick : Pemain yang mencetak 4 gol dalam 1 laga/pertandingan
  44. Boxing Day : Pertandingan yang liga premier Inggris yang digelar satu hari setelah natal (25 Desember).
  45. Pertandingan Derby : Pertandingan derby adalah pertandingan antara tim sepak bola yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki sejarah dan rivalitas tinggi. Pertandingan derby dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi.
    • Derby della Capitale : AS Roma vs SS Lazio
    • Derby della Mole : Juventus vs Torino F.C.
    • Derby d’Italia : Juventus vs Inter Milan
    • Derby of Manchester : Manchester United F.C. vs Manchester City F.C.
    • Derby of Great London : Arsenal F.C. vs Chelsea F.C.
    • Derby of Merseyside : Liverpool F.C. vs Everton F.C.
    • North-West derby : Manchester United F.C. vs Liverpool F.C.
    • Derby of Manchester: Manchester United F.C. vs Manchester City F.C.
    • North London derby : Arsenal F.C. vs Tottenham Hotspur
    • El Clásico : Real Madrid vs FC Barcelona
    • Madrid derby : Real Madrid vs Atlético Madrid
    • El Derbi Barceloní/Derby catalan : FC Barcelona vs RCD Espanyol 
  46. El pichichi : Istilah ini adalah sebutan untuk Topskorer di Liga Spanyol. Tapi istilah ini tidak ada dalam bahasa Spanyol. Istilah ini adalah julukan dari seorang pemain Athletic Bilbao, Rafael “Pichichi” Moreno.
  47. Trequartista : istilah dalam bahasa Italia untuk penyerang lubang, yaitu pemain yang berada tepat dibelakgn dua penyerang murni.
  48. Espulso : Istilah untuk kartu merah dalam bahasa Italia.
  49. Capocanonieri : Adalah sebutan untuk pencetak gol terbanyak di kompetisi serie A liga Italia.
  50. Capolista : Istilah untuk klub pemuncak klasemen sementara di liga calcio Italia.
  51. Starting eleven : istilah untuk 11 pemain utama yang mengisi sebuah tim sepakbola dan dimainkan sejak menit pertama.
  52. Treble winner : Istilah untuk klub pemenang tiga piala dalam tiga kejuaraan yang berbeda dalam satu musim kompetisi.
  53. Solo run : Aksi menggiring bola sendirian menuju kotak penalti lawan.
  54. Zamora Trophy :Adalah tropi untuk kiper di la liga spanyol yang memegang rekor paling sedikit kebobolan dalam satu musim kompetisi.
  55. Injury Time : Adalah waktu tambahan yang diberikan pada sebuah pertandingan sepakbola.
  56. ET (Extra Time) : Babak tambahan yg di berikan apabila ke 2 tim bermain imbang karena dalam sebuah laga tersebut salah satu tim di wajibkan untuk menang.
  57. FT (Full Time) : Adalah akhir dari sebuah pertandingan /waktu pertandingan telah habis .
  58. HT (Half Time) : Adalah pertengahan pertandingan atau waktu jeda/istirahat pada sepakbola,ketika babak pertama habis dan kemudian akan dilanjutkan kebabak ke dua.
  59. Big Match : Adalah pertandingan yang mempertemukan 2 klub besar atau klub yg mempunyai rivalitas tinggi misalnya: FC BARCELONA vs REAL MADRID / PERSIB vs PERSIJA.
  60. Adu Pinalti : Tendangan pinalti yang di lakukan setelah pertandingan berakhir imbang dan telah melalui babak extra time, biasanya dilakukan oleh 5 orang penendang dari masing-masing tim
  61. Promosi Tim : Klub-klub yang hebat, yang selalu menang dan menduduki peringkat teratas dalam sebuah liga, seharusnya semakin tinggi kedudukannya. Jadi perlu dipromosikan atau diberikan semacam reward.
  62. Degradasi : Sementara bagi klub-klub yang selalu kalah, kurang profesional, menduduki peringkat terendah dalam sebuah liga, juga harus diberikan semacam sanksi atau hukuman (punishment) dengan cara didegradasi. Dikucilkan, diasingkan atau diturunkan peringkatnya dari klub-klub di liga-liga yang ada.
  63. Passing : Merupakan proses memberikan atau mengum-pan bola ke-pada teman se-tim. Passing terdiri atas, long pass, back pass, short pass. Salah satu -pese-pakbola
  64. Clean sheets : Istilah dalam sepak bola seorang penjaga gawang dalam menjaga gawangnya tidak kemasukan bola selama mungkin dalam beberapa pertandingan
  65. Head To Head : laga pertandingan sepakbola yang mempertemukan kedua klub/negara tersebut dalam rentang waktu sedemikian rupa atau catatan statistik pertemuan langsung kedua tim/negara dalam kompetis
  66. Jersey : Adalah kustum/baju seragam klub atau timnas dinama jersey ini juga terbagi 2 ada jersey kandang (HOME) atau jersey kandang (AWAY)
  67. BALL POSSISION : tim yang paling banyak menguasai jalannya sebuah pertandingan.
  68. Crossing : Ialah memberikan umpan silang kepada teman se-tim untuk mencetak gol ke gawang lawan
  69. Rasisme : biasanya mempermasalahkan tentang adanya diskriminasi, prasangka, perbudakan atau apartheid, adanya dominasi, dan adanya kesenjangan etnis atau ras.
  70. Rival : Persaingan, lawan, seteru abadi dalam dunia sepak bola
  71. Ballon d’Or : Ballon d'Or (bahasa Perancis untuk Bola Emas) adalah penghargaan sepak bola yang diciptakan dan dianugerahkan oleh majalah France Football sejak tahun 1956 kepada pemain sepak bola yang penampilannya dianggap terbaik sepanjang tahun sebelumnya.
  72. Frindly Match : Sebuah pertandingan persahabatan baik antar negara atau antar klub
  73. Big Match :Sebuah pertandingan besar yang terjadi dalam sepak bola misalnya brazil vs spanyol atau Barcelona vs Manchester United.
  74. Kartu Kuning : Kartu kuning merupakan peringatan saat pemain melakukan pelanggaran yang enggak sportif, atau melakukan pelanggaran terus menerus, berselisih kata atau bullying antar pemain, keluar masuk pertandingan tanpa persetujuan wasit, atau enggak menjaga jarak dari pemain lawan yang sedang melakukan tendangan bebas atau lemparan ke dalam lapangan.
  75. Kartu Merah : Kartu merah merupakan kartu yang sifatnya sangat fatal. Kalau pemain diberikan dua kali kartu kuning, ia berarti mendapat satu kartu merah. Pemain yang mendapat kartu merah harus keluar lapangan dan tim diwajibkan mengganti pemain tersebut. Contoh tindakan yang bisa kena kartu merah adalah pelanggaran fisik yang membahayakan atau menyebabkan cedera pada lawan, meludah, melakukan kekerasan, melanggar lawan yang berusaha mencetak gol, hand ball untuk mencegah gol (kecuali kiper), pakai bahasa enggak senonoh atau bahasa tubuh yang menantang serta kiper melakukan hand ball di luar kotak penalti.
  76. Throw in : Lemparan ke dalam atau throw in lebih sering dikenal sebagai cara untuk mengembalikan bola ke dalam lapangan setelah bola dinyatakan out.
  77. Goal Kick : Tendangan ini di lakukan apabila :bola melampuhi garis gawang bola harus di tendang langsung kearah pemain sedangkan gol yang tercipta berkat tendangan ini tidak syah.
Demikian informasi istilah kata dalam permainan sepak bola, semoga bisa menambag wawasan anda dalam bermain sepak bola dengan baik dan benar. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Istilah Kata Dalam Permainan Sepak Bola"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close