Kelulusan Ujian Nasional Sepenuhnya Ditentukan Pihak Sekolah

UN 2015 : Terkait dengan Kelulusan UN ( Ujian Nasional ) tahun 2015, Pemerintah memberikan Kepercayaan kepada pihak sekolah untuk menentukan kelulusan ujian nasional, hal ini disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan yang menegaskan mulai tahun ajaran 2015, hasil atau kelulusan Ujian Nasional 100 persen ditentukan oleh masing-masing sekolah. Diharapkan sekolah berlaku jujur untuk kepentingan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

"Pelaksanaannya (UN) tetap. Hasilnya saja yang ditentukan oleh pihak sekolah masing-masing," kata Anies pada acara Seminar Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 di Medan seperti dilansir dari Antara, Sabtu (10/1).

Anies mengatakan, meski hasil kelulusan UN sudah dinyatakan ditentukan 100 persen oleh sekolah, detail lainnya seperti soal UN masih dibahas. "Sekarang ini yang sudah saya nyatakan adalah soal keputusan bahwa hasil kelulusan UN 100 persen akan ditentukan masing-masing pihak sekolah. Sedangkan detail lainnya, 10 hari lagi akan saya umumkan karena masih dalam tahap pembahasan," katanya.

http://volimaniak.blogspot.com/

Menurut dia, soal kejujuran hasil UN perlu mendapat perhatian besar dari pihak sekolah karena UN menjadi cerminan kesuksesan. "Tetapi tetap harus jujur sembari terus meningkatkan kualitas siswa. Pendidikan menjadi hal yang krusial apalagi kita berada di era global seperti memasuki MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)," katanya.

Anies menegaskan, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan siswa, peningkatan mutu guru juga harus diutamakan. "Percuma saja mengganti-ganti kurikulum, kalau kualitas gurunya tidak ditingkatkan," katanya. Dia mengibaratkan dengan menembak. "Peluru baguspun, kalau penembaknya tidak dilatih/berlatih. Itu sama saja," ujarnya. 

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

2 Responses to "Kelulusan Ujian Nasional Sepenuhnya Ditentukan Pihak Sekolah"

  1. Ini kembali lagi kepada pihak sekolah. Peran guru dan terutama kepala sekolah sangat diharapkan lebih serius lagi dalam rangkah peningkatan mutu pendidikan bagi siswa. Namun saya yakin bahwa semua guru2 sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. tinggal bagaimana kemudian adanya tindak lanjut terhadap siswa yang akan mengikuti ujian seperti di adakannya tambahan waktu belajar atau les dan sebagainya untuk memaksimalkan siswa lebih siap lagi dalam menjawab soal Ujian nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak,karena memang anak sekolah itu selama 3 tahun, dan pasti ada prestasi yang bisa dihasilkan,jadi tidak hanya terpaku pada hasil ujian dalam 4 hari saja, tetapi lebih cenderung dari hasil selama dia sekolah 3 tahun

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.