Macam-macam Gaya Pada Lompat Jauh

Macam-macam Gaya Pada Lompat Jauh ~ Seperti kita tahu bahwa dalam lompat jauh ada beberapa teknik atau gaya yang bisa digunakan dalam perlombaan, semua gaya itu pada dasarnya persis dan hampir sama pelaksanaannya, hanya berbeda pada saat melayang di udara. Yang perlu anda ketahui adalah ada beberapa macam gaya dalam lompat jauh, semua gaya dalam lompat jauh bisa anda kuasai dengan baik jika anda benar-benar sudah mengenal dan menguasai teknik dasar lompat jauh.

Kali ini volimaniak akan mencoba menguraikan beberapa bagian atau macam-macam gaya pada lompat jauh. semua gaya ini adalah yang sering diperlombakan pada even-even tertentu khususnya pada pertandingan atletik lompat jauh. untuk lebih jelasnya apa saja sih gaya yang digunakan dalam lompat jauh, berikut keterangannya.

Perlu anda ketahui bahwa dalam perlombaan lompat jauh ada 3 macam gaya yang digunakan yaitu ; gaya jongkok, gaya melayang/menggantung, gaya berjalan diudara, adapun keterangan dan cara melakukannya silahkan anda bisa baca baik-baik.

Lompat jauh Gaya Jongkok


Cara melakukan Lompat Jauh Gaya Jongkok adalah sebagai berikut :

macam-macam gaya lompat jauh

1. Teknik Dasar Awalan
  1. Dilakukan dengan lari secepat-cepatnya
  2. Tidak mengubah kecepatan dan langkah saat akan bertumpu pada papan tumpuan
2. Teknik Dasar tolakan
  1. Saat kaki tumpu menolak pada papan tumpuan,posisi badan lebih digerakan
  2. Urutan tumpuan kaki menolak pada papan tumpuan, mulai dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki
  3. Gerak kaki ke depan bersamaan dengan kedua lengan
3. Teknik Dasar Sikap di Udara
  1. Badan melenting ke depan
  2. Kedua lengan lurus ke depan
  3. Kedua kaki rapat di depan
4. Teknik Dasar Mendarat
  1. Dari sikap di udara , kedua lengan diluruskan ke depan
  2. Kedua kaki lurus kedepan
  3. Saat kedua kaki akan menyentuh tempat pendaratan, luruskan kedepan dan mendarat dengan kedua tumit terlebih dahulu
  4. Saat kedua kaki mendarat kedua lutut mengeper dan berat badan dibawa ke depan

Lompat jauh Gaya berjalan di udara ( walking in the air )

gaya lompat jauh

1. Teknik Dasar Awalan
  1. Dilakukan dengan lari secepat-cepatnya
  2. Tidak mengubah kecepatan dan langkah saat akan bertumpu pada papan tumpuan
2. Teknik Dasar tolakan
  1. Saat kaki tumpu menolak pada papan tumpuan,posisi badan lebih digerakan
  2. Urutan tumpuan kaki menolak pada papan tumpuan, mulai dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki
  3. Gerak kaki ke depan bersamaan dengan kedua lengan
3. Teknik Dasar Sikap di Udara
  1. Badan melenting ke depan
  2. Kedua lengan mengayun seperti orang lari
  3. Kedua kaki mengayun seperti orang berjalan
4. Teknik Dasar Mendarat
  1. Dari sikap di udara , kedua lengan diluruskan ke depan
  2. Kedua kaki lurus kedepan
  3. Saat kedua kaki akan menyentuh tempat pendaratan, luruskan kedepan dan mendarat dengan kedua tumit terlebih dahulu
  4. Saat kedua kaki mendarat kedua lutut mengeper dan berat badan dibawa ke depan 

Lompat jauh Gaya menggantung ( Hang Style/Schnepper )

gaya lompat jauh

1. Teknik Dasar Awalan
  1. Dilakukan dengan lari secepat-cepatnya
  2. Tidak mengubah kecepatan dan langkah saat akan bertumpu pada papan tumpuan
2. Teknik Dasar tolakan
  1. Saat kaki tumpu menolak pada papan tumpuan,posisi badan lebih digerakan
  2. Urutan tumpuan kaki menolak pada papan tumpuan, mulai dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki
  3. Gerak mengayun kaki belakang ke depan atas bersamaan dengan kedua lengan
3. Teknik Dasar Sikap di Udara
  1. Badan melenting ke belakang
  2. Kedua lengan lurus ke atas di samping telinga
  3. Kedua kaki hampir rapat di belakang badan
4. Teknik Dasar Mendarat
  1. Dari sikap di udara , kedua lengan diluruskan ke depan
  2. Kedua lutut dan badan dibawa kedepan
  3. Saat kedua kaki akan menyentuh tempat pendaratan, luruskan kedepan dan mendarat dengan kedua tumit terlebih dahulu
  4. Saat kedua kaki mendarat kedua lutut mengeper dan berat badan dibawa ke depan
Cukup sekian dulu informasi yang bisa saya berikan mengenai jenis-jenis gaya lompat jauh, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda yang membutuhkannya

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

54 Responses to "Macam-macam Gaya Pada Lompat Jauh"

  1. sangat membantu ini mas. kalo misalnya kita salah mendarat apa bisa cidera ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya mas,kalau melakukan gaya pada lompat jauh salah baik awalan maupun pendaratannya akan beresiko cedera

      Delete
    2. saya sendiri korbannya.. hehe, lihat komen saya dibawah ini.

      Delete
    3. wah iya mas, jangan sampai terulang kembali ya

      Delete
    4. Amiiin mas, semoga aja nggak pernah terulang lagi

      Delete
  2. saya punya kenangan yang cukup buruk mas kalo mengingat olahraga yang satu ini,

    dulu waktu SMA, Lompat jauh Gaya berjalan di udara, saya pernah salah mendarat dan berakibat fatal.

    dimana ketika mendarat, lutut saya terlalu maju ke depan dan mengenai bibir, akhirnya gigi tercabut dan berdarah dibagian rahang kanan bawah.. hehe ,, pengalaman yang cukup buruk ya mas ?

    tapi infonya keren dan bermanfaat, semoga dengan menerapkan teknik2 diatas dengan baik, tidak pernah ada yang cedera dalam melakukan olahraga ini, seperti yang pernah saya alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pengalaman yang pahit juga ya mas, memang gaya berjalan udara / walking in the air itu agak susah karena kaki harus berjalan di udara dan jika salah perhitungan bisa berakibat yang fatal

      Delete
    2. ia mas, saya lumayan frustasi dengan gaya teknik itu, padahal saya hobby banget.

      Delete
  3. Aku suka dengan gaya jongkok, karena teknik diudaranya sangatlah mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jongkok diudara mas? ngapain?

      Delete
    2. iya mas jangkaru bumi memang teknik yang paling umum dan mudah adalah lompat jauh gaya jongkok

      Delete
    3. bukan jongkok di udara mas rip, tapi gaya jongkok

      Delete
  4. Replies
    1. tapi jangan sampe kek saya.. hehehe

      Delete
    2. ya seminimal mungkin kita menghindari cedera lah mas, harus hati2 dan latihan yang benar

      Delete
  5. udah lama ini gan ane kagak pernah loncat-loncatan, jadi nya cocok buat ane olahraga ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tekuni mas siapa tahu jadi atlet lompat jauh

      Delete
  6. waktu sekolah aku belajar lompat jauh tapi mendaratnya engga jauh. mungkin di tolakannya salah ya mas ,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mungkin mbak, untuk sudut tolakan yang baik adalah 45 derajat

      Delete
  7. Mas purnama guru olahraga iya? Hmm bisa paham kembali kalau saya terus tiap hari berkunjung kesini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya itulah profesi saya mbak, memang saya guru olahraga

      Delete
    2. Hmm pantesan semua hapal teknik-teknik tentang olahraga apapun hihihi

      Delete
  8. Jadi ingat pelajaran olah raga waktu SD, hehe.
    Ada banyak teknik dan gaya buat lompat jauh, ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali mas ada beberapa gaya lompat jauh yang harus diketahui bahkan dikuasai

      Delete
  9. Lompat jauh Gaya berjalan di udara yang saya pilih pak dan saya suka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah silahkan pak, mungkin sudah bisa dan sering melakukan lompat jauh gaya walking in the air ya pak

      Delete
    2. kalau begitu terbang aja pak akan lebih baik...heeee

      Delete
    3. Kalau bisa terbang mantep mas :D

      Delete
    4. wakakaka sayangnya sayapnya patah jadi gak bisa terbang

      Delete
  10. dulu saya sering ambil ancang ancang jauh baget pas loncat eh tetap aj deket deket situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin tumpuan dan tolakannya kurang kuat mas

      Delete
  11. kalau saya dlu waktu SMA olaharga lompat jauh ini cuma bisanya gaya jongkok aja Pak :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak masalah mas, karena memang yang pokok adalah gaya yang harus dikuasai minimal gaya jongkok

      Delete
  12. kalau membaca artikel diatas, mengingatkan saya waktu SMA dulu mas, pas mata pelajaran olahraga. dan kalau sekarang ini sudah tidak pernah melakukan gaya-gayaan lompat seperti itu hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah wajar lah mbak,masak mau lompat jauh terus, kan ini khusus pengetahuan bagi pelajar

      Delete
    2. iya...tapi kok saya dapatnya sewaktu smp ya mbak...tapi ya itulah...tetap aja yang dari daerah jauh tertinggal...

      Delete
    3. hem yah itu tergantung dari penerapan kurikulum di suatu daerah mbah, kadang ada yang ditambah dan dikurangi materinya kok

      Delete
  13. terus terang aja mas...saya pernah juga mengikuti latiahan lompat jauh sewaktu SMP...namun sayang ketika ada lomba olah raga daerah tingkat SMP, terutama untuk lompat jauh, saya selalu aja kalah. paling banter saya dapat nomor 5...dulu teknik yang di ajarkan masih sepengetahuan guru setempat aja...makanya kalau yang udah terlatih dari koni itu yang lebih lbagus dan ia bisa mendapat juara terus mas....heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem ia mbah, walaupun bisa dibilang lompat jauh adalah olahrga sepele, tapi tanpa penguasaan teknik dan gaya yang baik kita tidak akan bisa bersaing di pertandingan nasional

      Delete
  14. Keren..lompat jauh ternyata pake teknik jg..

    ReplyDelete
  15. inget praktik pelajaran penjas nih.

    ReplyDelete
  16. inget praktik pelajaran penjas nih. hehehe

    ReplyDelete
  17. kalo aya terbang seperti suparman ada gak om? heheh.. terus ,mendaratnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakaka ada mbak, nanti mbak yang praktek ya, jadi uji coba yang pertama

      Delete
  18. ijin bookmark dulu ya gan. Kaya nya ini artikel di butuhkan nanti

    ReplyDelete
  19. kalau sering dilatih bisa makin jauh lompatannya hal ini berlaku juga sih di parkour

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close