Macam-Macam Latihan Keseimbangan Untuk Meningkatkan Kesegaran Jasmani

Dalam usaha meningkatkan kebugaran jasmani ada beberapa bentuk latihan kesegaran jasmani yang bisa dilakukan. Kebugaran jasmani memiliki pengertian suatu usaha untuk meningkatkan kondisi tubuh atau fisik baik dari ketahanan, kecepatan, ketahanan cardiovaskuler, ataupun sebagainya. dalam Penerapan latihan kebugaran jasmani perlu anda ketahuan sebenarnya dibagi menjadi beberapa komponen kondisi fisik, nah komponen kondisi fisik ini bisa ditingkatkan sesuai dengan tingkatan umur, jenis kelamin dan sesuai dengan kriteria olahraga yang ingin dicapai. jika anda belum tahu apa komponen kesegaran jasmani, silahkan anda baca dan pelajari 10 komponen kondisi fisik

Pada kesempatan kali ini volimaniak ingin berbagi pengetahuan kepada anda semua pecinta olahraga mengenai macam-macam latihan keseimbangan untuk meningkatkan kesegaran jasmani, perlu anda ketahui juga bahwa dalam komponen kondisi fisik khususnya keseimbangan banyak dilatih dalam olahraga senam, memang senam itu membutuhkan keseimbangan yang tarafnya lebih tinggi dari pada olahraga lain, khususnya senam alat. untuk lebih lanjut apa saja latihan yang bisa digunakan untuk meningkatkan komponen kesegaran jasmani keseimbangan, bisa anda baca berikut keterangannya.

Macam-Macam Latihan Keseimbangan


Sikap melayang / Latihan Posisi Pesawat Terbang

adapun latihan awal yang bisa di terapkan dalam menjaga keseimbangan yang pada dasarnya bertumpu satu kaki untuk sikap pesawat terbang adalah sebagai berikut :
  1. Berdiri dengan kedua kaki dan dibuka selebar bahu. 
  2. Kedua lengan lurus di samping badan. 
  3. Luruskan salah satu kaki ke belakang bersamaan berat badan  dibawa ke depan dan kedua lengan direntangkan ke samping  hingga posisi kaki, punggung dan tangan sejajar, setiap gerakan  dilakukan 8 kali hitungan (3-5 detik), dilakukan dengan kaki kanan dan kiri.
  4. Lakukan berulang-ulang (1-4 kali), dilakukan secara perorangan, berpasangan atau kelompok. Untuk menanamkan nilai tanggung jawab,  kerjasama dan sportifitas.lihat gambar berikut untuk lebih jelas sikap / posisi pesawat terbang;
http://volimaniak.blogspot.com/


Berjalan pada garis lurus / keseimbangan dinamis berjalan  di garis lurus 

  1. Langkah biasa dan kedua lengan di samping badan, sepanjang garis sejauh 7-10 meter.
  2. Dilakukan secara perorangan, berpasangan atau kelompok.
  3. Untuk menanamkan nilai tanggung jawab, kerjasama dan sportifitas.
http://volimaniak.blogspot.com/

Berjalan pada garis lurus kedua kaki jinjit
  1. Dilakukan secara perorangan, berpasangan  atau kelompok.
  2. Untuk menanamkan nilai tanggung jawab,  kerjasama dan sportifitas
http://volimaniak.blogspot.com/

Demikianlah informasi yang bisa volimaniak sampaikan terkait beberapa latihan keseimbangan, latihan ini hanya latihan dasar untuk awal latihan keseimbanga, ada banyak latihan keseimbangan yang bisa anda terapkan dan untuk lebih detail akan saya bahas pada kesempatan mendatang.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close