Minuman Yang Tepat Setelah Berolahraga

Info Kesehatan | Sudahkan Kegiatan berolahraga menjadi rutinitas dalam keseharian anda, Jika benar perlu anda ketahui dan perlu saya ingatkan jangan minum sembarangan setelah selesai olahraga. Banyak orang meminum es atau bahkan minuman bersoda yang terasa nikmat dan biasanya sudah jadi kebiasaan anda. dalam kegiatan berolahraga anda perlu ketahui tentang manfaat atau tujuan anda berolahraga, bukankah anda berolahraga untuk tujuan kesehatan.

Tanpa kita sadari ketika kita berolahraga banyak cairan yang keluar melalui keringat dan hal ini bisa menyebabkan dehidrasi. maka dari itu jika olahraga anda berat usahakan banyak meminum air untuk menjaga tubuh tidak mudah terkene dehidrasi.

Minuman Yang Tepat Setelah Berolahraga

Menurut informasi berita yang saya dapatkan dari liputan6.com, Ada beberapa penelitian yang mempermasalahkan minuman yang cocok setelah olahraga. untuk lebih jelasnya silahkan baca dengan baik-baik.
http://volimaniak.blogspot.com/

Air mineral maupun sport drink biasa kita minum untuk mengganti cairan tubuh yang hilang usai berolahraga. Kedua minuman tersebut pun ampuh untuk melegakan rasa haus yang mendera. Sebuah fakta baru terkuak, ternyata yang paling efektif untuk kembali menyeimbangkan cairan tubuh usai berolahraga bukan kedua jenis cairan tersebu melainkan susu.

Kandungan dalam susu dan susu kedelai yaitu sodium, karbohidrat, dan protein mampu membantu mempertahankan menjaga cairan tubuh seperti dilaporkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism.

Seperti dilaporkan laman Time, Kamis (8/1/2015) hasil penelitian ini diketahui dengan mengukur darah dan urin untuk menentukan hidrasi dan tingkat gizi. Caranya dengan meminta 15 partisipan bersepeda empat putaran setiap harinya. Usai berolahraga, partisipan diminta minum susu, susu kedelai, dan minuman dengan tambahan ekstrak susu merek Powerade secara bergantian.

Hasilnya, susu dan susu kedalai lebih baik dalam membuat cairan tubuh kembali seimbang. Partisipan pun mengungkapkan bahwa ketiga minuman tersebut tidak membuat haus usai berolahraga.

Lalu, bagaimana dampak bagi tubuh minum air putih? Peneliti mencatat minum air putih usai berolahraga malah menyebabkan penurunan kadar natrium yang menyebabkan lebih dehidrasi.

Tak hanya membuat cairan tubuh kembali seimbang, minum susu usai berolahraga pun pun terbukti baik untuk merangsang terbentuknya otot dan pembakaran lemak. Hal ini disampaikan dalam American Journal of Clinical Nutrition. 

Sudah tahu hasilnya kan, jadi usahakan ketika anda selesai berolahraga agar membiasakan meminum susu hangat untuk mengkondisikan tubuh anda pada kondisi tubuh yang normal, agar efek yang ditimbulkan tidak terlalu bahaya untuk kesehatan anda.
Powered by Blogger.