Panduan Mendaftar Olimpiade Sains Nasional ( OSN ) Tahun 2015

Panduan Olimpiade Sains Nasional ( OSN ) Tahun 2015 ~ Bagi anda siswa yang mempunyai prestasi dalam bidang akademik bisa mencoba dan mengusulkan dalam kegiatan OSN, OSN merupakan Kepanjangan dari Olimpiade sains Nasional, Dalam upaya meningkatkan mutu sumberdaya manusia Indonesia agar mampu bersaing dalam eraglobalisasi, pemerintah memandang perlu untuk menciptakan dan meningkatkan layanan pendidikan kepada seluruh warga negara minimal pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Selain itu, berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan juga terus diselenggarakan baik dalam bentuk kegiatan pembelajaran maupun dalam bentuk kegiatan kesiswaan.

OSN ( Olimpiade Sains Nasional ) Tahun 2015


http://volimaniak.blogspot.com/Untuk mewujudkan kegiatan tersebut, khususnya kegiatan peserta didik, telah disusun berbagai kebijakan dan strategi yang dijabarkan dalam bentukprogram dan dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi, baik di tingkat sekolah, kabupaten/kota, dan provinsi, maupun di tingkat nasional. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS), Klub/kelas olahraga. Selain itu DirektoratPembinaan SMP berpartisipasi dalam kegiatan internasional seperti International Junior Science Olympiad (IJSO), International Mathematics Competition (IMC), National Geography World Championship (NGWC), Karate Internasional, World Youth Chess Championship (WYCC).

Bidang yang dilombakan dalam Kegiatan Olimpiade Sains Nasional Tahun 2015
  1. Matematika
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Persyaratan Peserta OSN tahun 2015


Olimpade Sains Nasional (OSN) tahun 2015 terbuka untuk peserta didik SMP, SMP Terbuka, SD-SMP Satu Atap, dan berkewarganegaraan Indonesia yang memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  1. Peserta OSN tahun 2015 bukan bukan peserta OSN tahun sebelumnya dalam semua bidang lomba. Jika terdapat peserta tahun sebelumnya pada bidang lomba apapun, peserta akan di diskualifikasikan.
  2. Peserta didik SMP kelas VII atau kelas VIII pada saat mengikuti lomba di tingkat kabupaten/kota. Saat mengikuti lomba tingkat provinsi maupun nasional masih berstatus sebagai peserta didik SMP yang diwakili dan sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu sememester di sekolah tersebut , dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  3. Memiliki nilai rapor serendah-rendahnya 7,5 (tujuh koma lima) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
  4. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  5. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan berdasarkan surat keterangan kepala sekolah.
  6. Peserta hanya mengikuti satu bidang lomba.

Bentuk Kegiatan dan Materi Lomba OSN


Kegiatan OSN dilaksanakan di tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dengan mekanisme sebagai berikut.
  1. Tingkat sekolah: seleksi diserahkan kepada sekolah yang bersangkutan
  2. Tingkat kabupaten/kota dan provinsi: seleksi dilakukan melalui tes tertulis (materi soal disiapkan oleh Direktorat Pembinaan SMP).
  3. Tingkat nasional: seleksi dilakukan melalui tes teori untuk Matematika, tes teori dan eksperimen/ praktikum untuk IPA dan IPS.

 Bentuk Tes OSN

Bidang
Hari ke 1
Hari ke 2
Matematika
Teori
Teori
IPA
Eksperimen
Teori
IPS
Praktikum
Teori

Tahap Pelaksanaan Lomba OSN


Lomba dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu:
  1. Tahap I : Seleksi tingkat sekolah
  2. Tahap II : Lomba tingkat kabupaten/kota
  3. Tahap III : Lomba tingkat provinsi
  4. Tahap IV : Lomba tingkat nasional

Hadiah dan Penghargaan Lomba OSN


Hadiah dan penghargaan diberikan kepada peserta lomba sebagai motivasi untuk meningkatkan kegiatan belajar dan kegiatan pendidikan lainnya di sekolah. Pengaturan hadiah dan penghargaan untuk para pemenang tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah. Para pemenang tingkat nasional akan diberi hadiah dan penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Jadwal Pelaksanaan OSN


No
Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Tempat Pelaksanaan
1
Seleksi tingkat sekolah
Februari 2015
Sekolah
2
Lomba tingkat
kabupaten/kota
Maret 2015
kabupaten/kota
3
Lomba tingkat provinsi
April 2015
Ibukota provinsi
4
Lomba tingkat nasional
17 - 23 Mei 2015
Palu, Sulawesi Tengah
Anda Bisa melihat lebih detail dan mendownload buku panduannya dibawa ini:

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close