Pengertian dan Asal-Usul Gerak Senam irama / ritmik

Pengertian dan Asal-Usul Gerak Senam irama / ritmik ~ Pasti anda sudah mendengar yang namanya senam kan, senam itu merupakan kegiatan gerak badan tubuh baik dengan gerakan tubuha tau dengan irama. dalam senam sendiri ada beberapa bagian lagi seperti ; senam lantai, senam alat dan senam irama / ritmik ini.

Senam merupakan rangkaian gerakan seni dari tubuh, seperti kita lihat dalam senam lantai ada serangkaian gerakan yang indah dan tentunya tidak semua orang bisa melakukannya. kali ini volimaniak akan sedikit memberikan gambaran anda mengenai senam yaitu tentang pengertian dan asal usul senam irama . untuk lebih menambah pengetahuan anda dalam senam irama langsung saja berikut uraian pengertian dan  asal usul senam irama;

pengertian senam irama

Pengertian dan Asal-Usul Gerak Senam irama / ritmik


Pengertian Senam Irama


Gerak irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan lain-lain. Gerak berirama merupakan senam yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau rasa keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak. Secara prinsip antara senam biasa dan gerak berirama tidak ada perbedaan, hanya saja pada gerak berirama ditambahkan irama (ritme). Tekanan yang harus diberikan pada gerak berirama ialah irama, kelentukan tubuh, dan kontinuitas gerakan.

Asal-Usul / Sejarah Senam Irama


Senam mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1912, ketika senam pertama kali masuk ke Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Masuknya senam ini bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai pelajaran wajib di sekolah.

Senam yang diperkenalkan pertama kali adalah senam sistem Jerman. Sistem ini menekankan pada kemungkinan-kemungkinan gerak yang kaya sebagai alat pendidikan. Kemudian pada tahun 1916, sistem itu digantikan sistem Swedia (yang menekankan pada gerak). Sistem ini dibawa dan diperkenalkan oleh seorang perwira kesehatan dari Angkatan Laut Kerajaan Belanda bernama Dr. H.F. Minkema.

Masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 merupakan akhir dari kegiatan senam yang berbau Barat di Indonesia. Jepang melarang semua bentuk senam di sekolah dan di lingkungan masyarakat dan diganti dengan “Taiso”. Taiso adalah sejenis senam pagi (berbentuk kalestenik) yang harus dilaksanakan di sekolah sekolah sebelum pelajaran dimulai.

Sudah pada tahukan pengertian dan sejarah senam irama / ritmik. semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam bidang olahraga khususnya dalam senam irama.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

4 Responses to "Pengertian dan Asal-Usul Gerak Senam irama / ritmik"

  1. Menambah wawasan saya tentang pengertian dan sejarah senam irama, mas Purnama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak...moga menjadikan tambah ilmu dalam bidang olahraga senam

      Delete
  2. oh baru tau nih mas kalau ternyata senam itu berasal dari jerman dan beberapa kali mengalami perubahan system

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas,.senema ada peradabannya

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.