Persyaratan Mendaftar Bidikmisi Tahun 2015

Jika anda memang benar-benar ingin melanjutkan studi / kuliah di jenjang universitas tidak ada salahnya anda mencoba mengikuti progam Bidikmisi dari pemerintah, dipastikan semua biaya yang dikeluarkan bidikmisi adalah untuk pembiayaan kuliah calon mahasiswa yang memenuhi kriteria dalam bidikmisi dan lulus tes yang diadakan oleh bidikmisi tahun 2015 ini. pada postingan yang lalu volimaniak sudah menyinggung hal terkait jadwal bidikmisi tahun 2015. sebelum anda mendaftar dan mengikuti bidikmisi tahun 2015 ini, segera persiapakan semua administrasi yang dibutuhkan untuk bisa mengikuti BIDIKMISI tahun 2015, adapupn persyaratan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut;

Persyaratan Calon Penerima BIDIKMISI tahun 2015


Persyaratan bidikmisi untuk mendaftar tahun 2015 adalah sebagai berikut:
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2015;
  2. Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    • http://www.volimaniak.com/
    • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM);
    • Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya ;
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per-bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan nonformal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  6. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
  1. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
  3. Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN
b. PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.


Kuota Mahasiswa Baru Bidikmisi Tahun 2015

  1. Kuota program bidikmisi terbagi atas 3 macam kuota
    • Kuota nasional yang ditujukan untuk mengakomodasi lulusan seleksi nasional dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri
    • Kuota seleksi mandiri PTN yang ditujukan untuk mengakomodasi lulusan seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri
    • Kuota seleksi mandiri PTS yang ditujukan untuk mengakomodasi lulusan seleksi mandiri masuk perguruan tinggi swasta
  2. Ditjen Dikti menetapkan kuota nasional berdasarkan pertimbangan: (1) perkiraan penerima Bidikmisi yang disaring melalui seleksi nasional (SNMPTN dan SBMPTN); (2) proporsi minimal 60% dari kuota total nasional
  3. Kuota seleksi mandiri PTN ditetapkan oleh Ditjen Dikti berdasarkan: (1) jumlah mahasiswa perguruan tinggi negeri, dengan proporsi maksimal 20% dari total mahasiswa baru; (2) Kondisi geografis, karakteristik sosial ekonomi sekitar perguruan tinggi negeri untuk kekhususan wilayah 3T; (3) ketaatan perguruan tinggi terhadap azas pengelolaan yang baik; (4) Permintaan perguruan tinggi negeri
  4. Kuota Kopertis ditentukan berdasarkan kesepakatan antara Ditjen Dikti bersama Kopertis dengan pertimbangan: (1) jumlah program studi yang memenuhi syarat akreditasi; (2) jumlah perguruan tinggi yang memenuhi syarat; (3) tingkat kemiskinan wilayah
  5. Kuota PTS melalui seleksi mandiri ditetapkan oleh Kopertis berdasarkan: (1) jumlah program studi yang memenuhi persyaratan akreditasi, dengan proporsi maksimal 20% dari total mahasiswa baru; (2) Kondisi geografis, karakteristik sosial ekonomi sekitar perguruan tinggi negeri untuk kekhususan wilayah 3T; (3) ketaatan perguruan tinggi terhadap azas pengelolaan yang baik; (4) Permintaan perguruan tinggi swasta
  6. Kuota untuk PTS termasuk penentuan program studi dilakukan oleh Ditjen Dikti bersama Kopertis Wilayah dengan kriteria khusus.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

57 Responses to "Persyaratan Mendaftar Bidikmisi Tahun 2015"

  1. bisa untuk alternatif neh, mau beritahu nanti tahun depan buat keponakan Devy mas, kebetulan tahun depan baru lulus, katanya sih mau kuliah, belum ada niat langsung kerja katanya.

    ReplyDelete
  2. kayaknya banyak dicari nih mas, apalagi buat siswa yang hendak melanjutkan study dan berharap bantuan dari pemerintah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, pendidikan adalah utama, bisasanya terhalang dengan biaya, semoga dengan adanya bidikmisi ini bisa menjadikan mereka mampu melanjutkan sekolah

      Delete
  3. sangat membantu buat rekan-rekan yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget pak,progam bidikmisi adalah solusi bagi mereka yang punya prestasi tapi terhambat biaya

      Delete
  4. Tidak ada hambatan untuk mengikuti perkuliahan. Pemerintah meluncurkan berbagai program untuk yang berkemauan namun kurang mampu soal biaya. Semoga tamatan SMU/K bersemangat mendaftar program bidik misi tahun 2015 ini, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin pak, smoga apa yang menjadi cita2 bisa tercapai dengan adanya bidikmisi calon mahasiwa yang cerdas bisa melanjutkan kuliahnya

      Delete
  5. Assalamu'alaykum.. Punten, mau bertanya, jika tidak memiliki bukti pembayaran PLN karena memakai PLN Token pulsa bagaimana, Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.wr.wb, gini mbak walaupun Pembayaran PLN pake Token pulsa itu bisa di cetak sebagai tanda bukti dan itu juga merupakan kategori rekening listrik, rekening listrik tidak hanya yang langsung bayar perbulan tetapi token atau pulsa juga bisa, silahkan anda bisa membeli token pulsa di loket pembayaran listrik setempat dan minta cetak pembayaran tokennya, kalau lewat transaksi hp memang tidak ada buktinya, semoga bisa di mengerti, terimakasih

      Delete
  6. ass
    apakah aspek penilaian termasuk kondisi tempat tinggal, dan bgaimna dg mereka yg punya tmpt tinggal cukup tapi penghasilan rata2 1jt dan merka punya kartu perpndungn KPS Dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu masih bisa mas, rumah tempat tinggal jarang dilakukan survey, yang penting lengkapi semua persyaratannya sesuai yang sudah saya jelaskan di atas

      Delete
  7. Assalamu'alaikum kak Admin,, lulusan tahun2013 masih bisa ikut bidikmisi tahu 2015 gk? bisa gk daftar bidikmisi tanpa harus dapat rekomendasi dari sekolah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam mas,untuk tahun 2013 saya rasa tidak bisa mas,karena paling mentok itu lulusan tahun 2014 yang bisa mendaftar bidikmisi dan usia maksimal adalah 21 tahun,terimakasih

      Delete
  8. Sejak tahun 2014, Saya sudah terdftar sebagai mahasiswa di salah satu PTN dan sudah menjadi penerima Bidikmisi, tapi kalo misalnya sy mau mendaftar SBMPTN lagi tahun ini, apakah sy masih bisa menerima bidikmisi sy atau haaruskah sy mendaftar bidikmisi lagi untuk tahun ini? Trims atas tanggapannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masalah itu menurut saya akan beresiko anda harus mengganti biaya kuliahnya yang dikeluarkan oleh pemerintah karena harus melakukan progam studi sampai sekolah,itu resiko besar mbak,keculai cuma SNMPTN ke SBPMTN harus melakukan pilihan satu saja yang wajib di ambil untuk progam studi dan universitasnya

      Delete
  9. gan apakah di wajibkan harus punya no rekening? klo memang d wajibkan apakah no rekeningnya bebas dari bank mana saja?

    ReplyDelete
  10. gan apakah diwajibkan harus punya no rek? klo d wajibkan apakah no rek nya bebas dari bank mana saja?

    ReplyDelete
  11. Asslamualaikum saya mau nanya kalo sdh jadi mahasiswa lulusan snmptn2014 di univ negri bkn pnerima beasiswa bs gk dftar bidikmisinya di tahun ini

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum saya mau nanya apa bisa mhasiswa lulusan snmptn2014 non bidikmisi dftar bidikmisi thn 2015?

    ReplyDelete
  13. Min mau tanya, kan aku ikut bidikmisi seleksi mandiri PTS. Aku milihnya trisakti, trs kt mama ku kejauhan di grogol. Nah aku pgen ganti jd Pancasila bisa gk ya min?? Apa hrs ke trisaktinya buat ngebatalin aku ikut program bidikmisi di universitasnya? Trimss:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pilihan progam bidikmisi hanya boleh satu jurusan saja mbak, tidak boleh dobel, jadi harus korbankan salah stunya, terimakasih

      Delete
  14. Min saya daftar bidikmisi secara pribadi pas udh dpt no prndaftaran sama kode akses siswa ko ga bisa masuk ada tulisan "pendaftaran akun anda belum diverifikasi oleh administrasi" itu kenapa min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. YA ITU MENANDAKAN ANDA BELUM VERIFIKASI DATA ANDA, LAKUKAN VERIFIKASI DATA DENGAN PENYERAHAN SEMUA PERSYARATANNYA SECARA ADMINISTRASI, LANGKAH AWAL MEMANG MELALUI ONLINE, SETELAH DAFTAR ONLINE MENGIRIMKAN SEMUA BERKAS YANG DIBUTUHKAN MELALUI OFFLINE BAIK DARI PENGIRIMAN KANTOR POS ATAU YANG LAIN, LAKUKAN PERINGATAN DAN PETUNJUKNYA DI WERBSITE ONLINE TERSEBUT

      Delete
    2. Gimana maksudnya kang lakukan peringatan di di websitr

      Delete
  15. selamat malam, tamatan 2013 tidak bisa lagi ya untuk mengikuti program bidik misi? tp umur saya masih 20thn lalu bagaimana dgn itu? apakah saya masih bisa mendaftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak bisa mbak, karena di batasi pada periode hanya 1 tahun sebelumnya yaitu lulusan tahun 2014 kemarin sama tahun lulusan ini

      Delete
  16. assalamu'alaikum... apakah bisa peserta bidikmisi mendaftar di 2 PTN gan? misalnya politeknik negeri dan UIN gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya tidak bisa merangkap 2 PTN sekaligus mas, karena akan beresiko di diskualifikasi dua duanya, cukup 1 PTN saja jika ingin mendaftar progam bidikmisi

      Delete
  17. assaamu'alaikum :)
    kak mau tanya utk gaji ortu msl hanya ayah yang bekerja sebagai PNS dan ibu sebagai ibu rumah tangga . penghasilannya 3 juta lebih namun banyk tanggungan seperti anak dan rumah. kalau meihat persyaratan mgkn tidak akan bs ikut program ini tapi sebenarnya kondisi keluarga krg mampu karena banyaknya tanggungan . nah bagaimana dengan hal yng demikian kak ? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam.wr.wb, setahu saya masih bisa kok mendaftar, yang di biilang tidak mampu kategorinya luas, kalau untuk standar bidikmisi bisa mencoba mengikutinya

      Delete
  18. trimakasih infonya.
    min... misalkan saya lulusan tahun 2013 mngikuti sbmptn 2015, trus saya lolos. apakah saya bisa nantinya mengajukan bidik misi ke pihak kampus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bidikmisi mengharuskan hanya selisih 1 tahun saja mas, untuk lebih lengkapnya bisa mencoba dulu menghubungi pihak 3, saya masih kurang tahu untuk itu, terimakasih

      Delete
  19. Asallamualaikum ka admin
    Ka saya bisa ikut bidik misi ga orgtua saya pns lulusan D3 . Saya anak ke 9 dari 10 bersaudara .
    Yang sudah menikah 4 org yang masih di tanggung 6 orang .
    Trimakasih , mohon di jawab ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam,wr,wb, bisa mbak jika ingin mendaftar bidikmisi, karena memang itu untuk peningkatan prestasi dan bagi ank PNS juga masih boleh mendaftar, dicoba saja ya, semoga sukses

      Delete
  20. Kak kalo gak punya kartu tanda miskin tapi surat keterangan gitu bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dek dela, untuk mendaftar bidikmisi asal di tandangani oleh pejabat yang berwenang bisa kok,bisa juga minta surat keterangan dari desa atau daerah setempat

      Delete
  21. Assallamu alaikum
    Kalo sya lulusan taun 2015 mau daftar beasibidikmisi taun 2016/2017 bisa gak pak?
    Tp ini sya sudah kerja gak kuliah

    ReplyDelete
  22. Assallamu alaikum
    Sya ini masih kerja dan sya lulusan taun 2015 , kalo taun 2016 mau daftar PTN sma daftar bidikmisi bisa ga min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem masih bisa mas, karena syaratnya adalah lulusan satu tahun sebelumnya masih di bolehkan, nanti lihat perkembangan berikutnya ya

      Delete
  23. Ka kalo ayah nya seorang PNS bisa daftar bidikmisi gak?

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum, ka kalo ayah nya seorang PNS bisa daftar bidikmisi gak? Bukan miskin tapi agak kesulitan membiayai 6 anak dan sekolah semua. Nah sedangkan gajinya gak seberapa. Bisa lewat jalur bidikmisi gak ya ka?
    Terimakasih jika di jawab. Artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
  25. semua persyaratan ada tapi umur masih 18, bulan depan 19 dan keluar smk punya rencana pengen bidikmisi apakah bisa ikutan bidikmisi?

    ReplyDelete
  26. assalamualaikum ka admin, ka saya lulusan tahun 2015 dan sudah terdaftar bidik misi jalur mandiri PTN, apakah saya masih bisa menggunakan bidik misi saya untuk tahun 2016, tapi saya ingin mengikuti SBMPTN. Mohon petunjuk nya ka

    ReplyDelete
  27. Min saya ingin daftar pmdk bidikmisi lalu ada tulisan yg menyuruh untuk memasukan kap dan pin bidikmisi, saya sudah memasukannya lalu saya finalisasi namun ketika saya melihat formulir pendaftarannya disitu tertulis bahwa saya tidak mengikuti bidikmisi sedangkan saya sudah memasukkan kap dan pin sebelumnya. Bagaimana cara merubahnya? Terima kasih

    ReplyDelete
  28. selamat malam saya mau tanya saat saya mendaftar di bidikmisi atau mengisi biodata mengapa di atasnya ada tulisan anda tidak memenuhi syarat/kualifikasi untuk mendaftar pendidikan bidikmisi tulisannya itu di kotak warna merah

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum min, ayah saya berpenghasilan sekitar 4.100.000 lulusan s2 dan ibu saya ibu rumah tangga tetapi keluarga masih banyak tanggungan 3 anak. Apakah masih bisa mendapatkan bantuan bidikmisi ?

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum min, ayah saya berpenghasilan sekitar 4.100.000 lulusan s2 dan ibu saya ibu rumah tangga tetapi keluarga masih banyak tanggungan 3 anak. Apakah masih bisa mendapatkan bantuan bidikmisi ?

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close