TANDA-TANDA DAN GEJALA PENYAKIT TBC

Info Kesehatan | TANDA-TANDA DAN GEJALA PENYAKIT TBC ~ seringkali kita mengidap suatu penyakit dan kita tidak mengetahui penyakit itu apa, alangkah baiknya jika anda sedang sakit segera secepatnya anda memeriksakan ke dokter untuk mengetahui penyakit apa yang sedang anda derita. Dalam Penyakit tertentu kita dapat dengan mudah mengetahui gejala penyakit itu, seperti halnya pada postingan kali ini info olahraga akan berbagi sedikit pengetahuan dalam hal kesehatan khususnya Tanda-tanda dan Gejala Penyakit TBC ( Tubercle bacillus ) atau biasa disebut dengan tuberculosis, Ketika anda mengalam beberapa gejala yang saya jelaskan dibawah ini segera anda memeriksakan diri anda ke dokter apakah positif TBC atau tidak, dan segera lakukan pengobatan jika memang terkena TBC.

TANDA-TANDA DAN GEJALA PENYAKIT TBC

Pengertian TBC

TBC atau bisasa disebut dengan tuberculosis adalah penyakit menahun dan menular yang disebabkan oleh kuman Micobacterium Tuberculosis. Kuman ini dapat menyerang semua bagian tubuh manusia, namun yang paling sering terkena (90%) adalah organ paru.

http://www.volimaniak.com/

Tanda dan Gejala TBC

  1. Batuk lebih dari 4 minggu rasa sakit pada dada
  2. Batuk menahun dan berlendir terutama waktu bangun tidur
  3. Panas ringan pada sore hari dan berkeringt pada malam hari
  4. BB turun dan badan lemas
  5. Pada anak sering kali terdapat benjolan atau bengkak tepi kanan- kiri leher

Gejala lanjutan  TBC :

  1. batuk berdarah
  2. rasa sakit di dada atau punggung terutama waktu batuk
  3. kulit pucat seperti lilin
  4. suara menjadi serak atau parau.

Komplikasi TBC

Penyakit TBC bisa menimbulkan komplikasi, yaitu menyerang beberapa organ vital tubuh, di antaranya:

Komplikasi TBC Pada Tulang

TBC tulang ini bisa disebabkan oleh bakteri TBC yang mengendap di paru-paru, lalu terjadi komplikasi dan masuk ke tulang. Atau bisa juga bakteri TBC langsung masuk ke tulang lewat aliran darah dari paru-paru. Waktu yang dibutuhkan bakteri untuk masuk dan merusak tulang bervariasi. Ada yang singkat, tapi ada pula yang lama hingga bertahun-tahun. Bakteri TBC biasanya akan berkembang biak dengan pesat saat kondisi tubuh sedang lemah, misalnya selagi anak terkena penyakit berat. Saat itu kekebalan tubuhnya menurun, sehingga bakteri pun leluasa menjalankan aksinya.

Bagian tulang yang biasa diserang bakteri TBC adalah sendi panggul, panggul dan tulang belakang. Gangguan tulang belakang bisa terlihat dari bentuk tulang belakang penderita. Biasanya tidak bisa tegak, bisa miring ke kiri, ke kanan, atau ke depan. Sendi panggul yang rusak pun membuat penderita tidak bisa berjalan dengan normal. Sedangkan pada ibu hamil, kelainan panggul membuatnya tidak bisa melahirkan secara normal. Jika kelainannya masih ringan, upaya pemberian obat-obatan dan operasi bisa dilakukan. Lain halnya jika berat, tindakan operasi tidak bisa menolong karena sendi atau tulang sudah hancur. Penderita bisa cacat seumur hidup.

Komplikasi TBC Pada Usus

Selain karena komplikasi, TBC usus ini bisa timbul karena penderita mengonsumsi makanan/minuman yang tercemar bakteri TBC. Bakteri ini bisa menyebabkan gangguan seperti penyumbatan, penyempitan, bahkan membusuknya usus. Ciri penderita TBC usus antara lain anak sering muntah akibat penyempitan usus hingga menyumbat saluran cerna. Mendiagnosis TBC usus tidaklah mudah karena gejalanya hampir sama dengan penyakit lain. Ciri lainnya tergantung bagian mana dan seberapa luas bakteri itu merusak usus. Demikian juga dengan pengobatannya. Jika ada bagian usus yang membusuk, dokter akan membuang bagian usus itu lalu menyambungnya dengan bagian usus lain.

Komplikasi TBC Pada Otak

Bakteri TBC juga bisa menyerang otak. Gejalanya hampir sama dengan orang yang terkena radang selaput otak, seperti panas tinggi, gangguan kesadaran, kejang-kejang, juga penyempitan sel-sel saraf di otak. Kalau sampai menyerang selaput otak, penderita harus menjalani perawatan yang lama. Sayangnya, gara-gara sel-sel sarafnya rusak, penderita tidak bisa kembali ke kondisi normal.

Komplikasi TBC Pada Ginjal

Bakteri TBC pun bisa merusak fungsi ginjal. Akibatnya, proses pembuangan racun tubuh akan terganggu. Selanjutnya bukan tidak mungkin bakal mengalami gagal ginjal. Gejala yang biasa terjadi antara lain mual-muntah, nafsu makan menurun, sakit kepala, lemah, dan sejenisnya. Gagal ginjal akut bisa sembuh sempurna dengan perawatan dan pengobatan yang tepat. Sedangkan gagal ginjal kronik sudah tidak dapat disembuhkan. Beberapa di antaranya harus menjalani cangkok ginjal.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close