Teknik Dasar Jalan Cepat

Teknik Dasar Jalan Cepat . Jalan cepat merupakan salah satu nomor dalam cabang atletik dan resmi diperlombakan dalam kejuaraan-kejuaraan atletik, baik nasional maupun internasional. Dalam melakukan jalan cepat perlu adanya penguasaan teknik dasar yang baik agar bisa melakukannya dengan maksimal, jalan cepat berbeda dengan lari cepat atau sprint, ada beberapa perbedaan yang mendasar dalam jalan cepat dan lari sprint. tetapi tidak akan volimaniak bahas kali ini, volimaniak pada postingan kali ini ingin membahas mengenai teknik dasar jalan cepat.

Teknik Dasar jalan cepat dibagi menjadi 5 bagian yaitu ; start,langkah kaki, kecondongan badan,ayunan lengan dan finish, untuk penjelasannya dari 5 kategori teknik dasar dalam cepat sesasat lagi akan saya bahas lebih lanjut,

Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca postingan saya terdahulu mengenai : Fase-fase / tahapan dalam jalan cepat.

Teknik Dasar Jalan Cepat


a. Start


http://volimaniak.blogspot.com/Startnya menggunakan start berdiri, karena start dalam jalan cepat tidak mempunyai pengaruh yang berarti, maka tidak perlu ada teknik khusus yang perlu dipelajari atau dilatih. Sikap start yang lazim digunakan ada pada abaaba “Bersedia” murid/anak-anak menempatkan kaki kiri di belakang garis start, sedang kaki kanan di samping belakang kaki kiri, dengan badan agak condong ke depan dan kedua lengan rileks. Pada aba-aba “Ya” atau bunyi tembakan pistol, segera melangkahkan kaki kanan ke depan, disusul kaki kiri dan terus berjalan.

b. Langkah

Langkah dimulai dengan gerakan mengangkat paha kaki ayun ke depan lutut, terlihat tungkai bawah bergantung lemas, karena ayunan paha ke depan, tungkai bawah ikut terayun ke depan, menyebabkan lutut menjadi lurus. Kemudian menapak pada tumit terlebih dahulu menyentuh tanah, bersamaan dengan mengangkat tumit, selanjutnya ujung kaki tumpu lepas dari tanah, ganti dengan kaki ayun. Begitu seterusnya selalu ada kaki yang menumpu, jadi tidak ada saat melayang.

c. Condong Badan

Mulai dari kepala, punggung/dada, pinggang sampai tungkai bawah sedikit condong ke depan.

d. Ayunan Lengan

Siku di tekuk kurang lebih 90 derajat, ayunan lengan kiri ke depan bersamaan dengan mengangkat paha dan kaki kanan, sehingga koordinasinya adalah lengan kiri bersamaan dengan kaki kanan, dan lengan kanan bersamaan dengan kaki kiri.

e. Finish

Tidak ada teknik khusus gerakan masuk finish dalam jalan cepat. Biasanya jalan terus sampai melewati garis finish, baru dikendorkan kecepatannya setelah melewati kira-kira tiga sampai lima meter.

Untuk memperoleh langkah-langkah yang benar, maka pemindahan badan dan kaki satu ke kaki yang lain harus nampak jelas, ini kelihatan pada gerak panggul. Gerakan ini perlu dilatih agar terbiasa melakukan teknik gerakan jalan cepat yang benar.

Untuk memperoleh langkah-langkah yang benar, maka pemindahan badan dan kaki satu ke kaki yang lain harus nampak jelas, ini kelihatan pada gerak panggul. Gerakan ini perlu dilatih agar serasi, lancar, dan tidak cepat lelah. Jadi sikap dan gerakan jalan cepat adalah badan dalam posisi tegak, pandangan lurus ke depan, siku ditekuk, tangan dikepalkan dengan rileks.

Demikian informasi mengenai gerakan teknik dasar dalam jalan cepat semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam olahraga atletik khususnya jalan cepat.terimakasih
Powered by Blogger.