UN ( Ujian nasional ) Jadi Syarat Masuk Perguruan Tinggi di Luar Negeri

Berdasarkan PP Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), salah satu fungsi ujian nasional (SNP) adalah sebagai dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya. Implikasinya adalah hasil UN SMA/SMK/MA dijadikan sebagai salah satu pertimbangan atau persyaratan bagi calon mahasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi.

UN ( Ujian nasional ) Jadi Syarat Masuk Perguruan Tinggi di Luar Negeri


Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam mengatakan, tidak hanya perguruan tinggi di Indonesia yang menjadikan UN untuk seleksi masuk. Perguruan tinggi di luar negeri juga memberlakukan hal yang sama bagi calon mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi mereka. Ada passing grade atau nilai minimal UN yang harus dimiliki seorang lulusan SMA/SMK/MA jika ingin masuk ke perguruan tinggi di luar negeri.

http://www.volimaniak.com/


”University of Hongkong menggunakan passing grade untuk mendaftar di sana 8,5,” kata Nizam di Jakarta, (26/01/2015). Ia mengatakan, University of Hongkong (UoHK) merupakan salah satu universitas terbaik di Asia.

Bahkan di Malaysia, ujar Nizam, semua perguruan tinggi negeri (PTN) di Malaysia menjadikan UN sebagai dasar seleksi masuk bagi calon mahasiswa asal Indonesia. “Malaysia menggunakan skor 6,0,” katanya.

Nizam mengatakan, dengan begitu calon mahasiswa dari Indonesia tidak perlu lagi mengikuti ujian internasional seperti SAT, IB, atau Cambridge. Cukup dengan UN, mereka bisa masuk ke perguruan tinggi di luar negeri sesuai persyaratan yang berlaku.

Penggunaan UN sebagai instrumen seleksi masuk perguruan tinggi di Malaysia dan Hongkong tersebut bukan tanpa dasar. Sebelumnya, pada 16 Januari 2015 lalu delegasi UoHK telah datang ke Indonesia menemui Puspendik Kemendikbud dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk membahas penggunaan UN untuk seleksi masuk UoHK.

Sedangkan pada 29 Januari 2015 mendatang, Malaysia Qualification Agency (MQA) juga akan datang ke Indonesia. Agenda mereka salah satunya akan membahas penggunaan UN sebagai dasar seleksi masuk perguruan tinggi di Malaysia.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

6 Responses to "UN ( Ujian nasional ) Jadi Syarat Masuk Perguruan Tinggi di Luar Negeri"

  1. Jadi Ujian Nasional setingkat SMA sekarang sudah tidak di anggap sebagai pelengkap kelulusan saja ya mas Purnama. Bahkan nilai UN sekarang jadi bahan pertimbangan untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Jadi penilaian tidak hanya berdasarkan nilai ujian UMPTN (atau SPMB atau apa ya sebutan sekarang untuk tes seleksi MaBa di PTN, maaf saya ndak tau sebutan untuk UMPTN sekarang mas). :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas, sekarang UN bisa lebih meningkat tarafnya tetapi untuk penilaiannya pun tidak di persulit pemerintah dalam hal kelulusan

      Delete
  2. wah makin sulit ya bagi mereka yang ingin masuk perguruan tinggai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan sulit mbak tetapi itu merupakan kemajuan dan nilai dai UN lebih di hargai daripd tahun2 sebelumnya.

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.