Cara Latihan Keseimbangan

Keseimbangan merupakan sebuah bentuk latihan yang tergolong dalam komponen kondisi fisik yang penting dilakukan dan di latih untuk meningkatkan keseimbangan dalam berlatih olahraga tertentu. Memang latihan kondisi fisik memiliki macam yang berbeda-beda tetapi prinsip dasar latihan harus anda kuasai dengan baik agar nantinya pengingkatan kemampuan skill baik dari psikomotorik, afektif, kognitif bertambah sehingga tujuan dari adanya latihan akan tercapai.

Kali ini volimaniak ingin memberikan wawasan kepada anda semuanya mengenai cara latihan keseimbangan. penerapan latihan keseimbangan ini bisa berbeda dati olahraga yang akan di latih,seperti contoh saja latihan keseimbangan untuk permainan bola voli, maka latihan keseimbangan ini di berikan tidak terlalu banyak dengan intensitas yang cukup. untuk lebih jelas jika anda ingin melatih latihan keseimbangan dalam bermain bola voli silahkan anda pahami dulu komponen kondisi fisik bagi pemain bola voli . jika latihan keseimbangan untuk senam alat. maka latihan keseimbangan ini harus imbang dengan latihan kekuatan dan daya tahan. untuk lebih lanjut mari kita simak.

Cara Latihan Keseimbangan Bola Voli


http://www.volimaniak.com/Pengertian Keseimbangan adalah kemampuan seseorang untuk mempertahankan keseimbangan badan dalam berbagai keadaan agar tetap seimbang. Di dalam permainan bola voli unsur keseimbangan di perlukan dalam segala gerakan teknis dan taktis. umpanya pada saat smash, block, passing, servis, umpan dan bertahan dan masih banyak yang lainnya. jika anda belum mengerti apa saja teknik yang perlu di latih dalam permainan bola voli, silahkan anda bisa baca : teknik dasar permainan bola voli.

Faktor-faktor penentu keberhasilan latihan keseimbangan


Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk latihan keseimbangan ini bisa berhasil dan faktor-faktor penentu latihan ksesimbangan yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut;
  1. Tingginya letak titik berat badan
  2. luas dan sempitnya bidang tumpuan
  3. hubungan antara letak garis berat dan tempat menumpu
  4. gaya yang bekerja terhadap badan
  5. susunan anatomis secara segmental
  6. koordinasi susunan saraf dan alat indera serta otot pada anak didik/atlet
  7. labil dan tidaknya bidang tumpu
  8. memejamkan mata atau tidak

Ciri-ciri latihan keseimbangan

  1. Gerakan-gerakan dilakukan dengan mempersulit faktor-faktor penentu yang sudah saya sebutkan diatas tadi
  2. Tumpuan tinggi, bidang tumpuan kecil,bidang tumpuan goyah/labil, gerak dengan memejamkan mata, membuat gerakan berputar ( pusingan badan)
  3. gerakan-gerakan ke arah posisi badan yang tidak normal, sehingga keseimbangan badan di perlukan tuntutan yang lebih sulit untuk melakukannya.

Cara latihan keseimbangan

  1. Gerakan-gerakan dari mudah ke gerakan yang lebih sulit dan lebih kompleks
  2. Bidang tumpuan mula-mula lebar / luas, kemudian di persempit untuk melakukan gerakan-gerakan keseimbangan, umpanya : mulai-mula dilakukan di bidang luas ( lantai ) kemudian di pindahkan ke papan titian.
  3. bidang tumpuan dari stabil menuju ke bidang tumpuan yang labil, gerakan dari statis ke gerak dinamis
  4. Tumpuan makin lama makin dipertinggi dan makin di perkecil bidang tumpuannya.
  5. Meniti pada papan titian dengan memejamkan mata, sehingga gerakannya sulit di jaga keseimbangannya.
  6. Memusingkan badan dalam keadaan membungkuk, serta jari telunjuk di letakkan di tanah sehingga pusat lingkaran gerakan. putaran bdan dilakukan berulang-ulang sehingga setelah selesai gerakan anak latih berdiri normal dengan menjaga keseimbangan, mengingat pusat keseimbangan terletak di dalam telinga, maka latihan ini yang terkena langsung ialah rangsangan goncangan pusat keseimbangan tersebut, sehingga alat tersebut terlatih menghadapi gerakan-gerakan yang ada hubungannya dengan goncangan / tekanan pada pusat kesimbangan tersebut. Setelah semua latihan anda terapkan silahkan anda mengukur tingkat kesegaran jasmani anda, adapun caranya bisa anda simak pada postingan volimaniak yang lalu yaitu : Cara mengukur tingkat kesegaran jasmani
Demikian yang bisa volimaniak sampaikan mengenai cara latihan keseimbangan bola voli, sudah jelas kan sekarang, kita sambung lain kali untuk penjelesan semua aspek dari 10 komponen kondisi fisik dalam usaha meningkatkan kebugaran jasmani, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close