Cara Melakukan Rol Depan Dengan Benar

Senam Lantai | Buat adek-adek semua senam lantai sudah tidak asing lagi kan buat anda semuanya, biasanya pembelajaran atau meteri senam lantai diajarkan ketika anda sekolah SD,SMP,SMA bahkan sampai kuliah masih di ajarkan untuk yang berjurusan Olahraga, Aktifitas olahraga dalam senam lantai terbagi menjadi beberapa kategori, tetapi pada kesempatan kali ini volimaniak akan bahas bagian dari senam lantai yaitu Cara Melakukan Rol Depan Dengan Benar, bagaimanakah caranya ?, anda bisa membacanya lebih lanjut ;

Rol depan / Guling depan / forward roll


Sebenarnya materi senam lantai rol depan juga sudah saya bahas pada postingan yang lalu yaitu : Macam-macam gerakan senam lantai, tetapi untuk lebih rinci akan saya bahas kali ini. Sebelum anda melakukan atau mengetahui cara melakukan rol depan perlu anda ketahui bahwa rol depan itu biasa di sebut dengan guling depan, dan aktifitas rol depan perlu adanya pengawasan dan keamanan yang memadai, setidaknya perlu di lakukan di tempat yang terbuat dari bahan karet atau busa, dan bisanya sering digunakan alat dasar dalam senam lantai adalah matras, anda bisa mengikuti panduan cara melakukan rol depan dengan benar berikut ini;

Cara Melakukan Rol Depan / Forward Roll


Gerakan guling depan (forward roll) adalah gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat. Jadi, dalam gerakan guling depan, gerakan tubuh harus dibulatkan. Aktivitas guling depan dapat terbagi atas dua bagian, yaitu guling depan dan sikap awal jongkok dan guling depan dengan sikap awal berdiri.

Guling Depan dari Sikap/Posisi Awal Jongkok


Cara melakukan aktivitas guling depan dari sikap awal jongkok adalah sebagai berikut.
cara-melakukan-rol-depan
  1. Sikap awal jongkok, kedua kaki rapat, letakkan lutut ke dada.
  2. Kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm.
  3. Kemudian, bengkokkan kedua tangan, letakkan pundak pada matras dengan
  4. menundukkan kepala dan dagu sampai ke dada.
  5. Setelah itu, lakukan gerakan berguling ke depan.
  6. Ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

Guling Depan dari Sikap/Posisi Berdiri


Cara melakukan Aktivitas guling depan dari sikap berdiri adalah sebagai berikut.

cara-melakukan-rol-depan
  1. Sikap awal berdiri dengan kedua kaki rapat, lalu letakkan kedua telapak tangan di atas matras selebar bahu, di depan ujung kaki sejauh ± 50 cm.
  2. Bengkokkan kedua tangan, lalu letakkan pundak di atas matras dan kepala dilipat sampai dagu menempel bagian dada.
  3. Selanjutnya dengan, berguling ke depan, yaitu saat panggul menyentuh matras lipat kedua kaki dan pegang tulang kering dengan kedua tangan menuju ke posisi jongkok.

Kesalahan-Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Guling ke Depan


Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan guling depan adalah sebagai berikut.
  1. Kedua tangan yang bertumpu tidak tepat (dibuka terlalu lebar atau terlalu sempit, terlalu jauh atau terlalu dekat) dengan ujung kaki.
  2. Tumpuan salah satu atau kedua tangan kurang kuat sehingga keseimbangan badan kurang sempurna dan akibatnya badan jatuh ke samping.
  3. Bahu tidak diletakkan di atas matras saat tangan dibengkokkan.
  4. Saat gerakan berguling ke depan, kedua tangan tidak ikut menolak.

Cara Memberi Bantuan Guling ke Depan

  1. Cara pertama : Pegang belakang kepala peserta didik (membantu menekukkan) dan menolak pada kedua lutut.
  2. Cara kedua : Mendorong pada punggung peserta didik pada saat akan duduk.
  3. Cara ketiga : Mengangkat panggul dengan menempatkan tangan di sisi kedua paha. Dapat juga menolong berdiri di sisi peserta didik dengan kedua tangan agak mengangkat panggul peserta didik dan membawanya ke arah depan pada saat yang sama memperingatkan peserta didik agar tetap menekuk kepala sedalam-dalamnya.
  4. Cara keempat : Membantu menekukkan kepala dan menempatkannya di lantai di antara kedua tangan. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini;
cara-melakukan-rol-depan

Demikian yang bisa volimaniak sampaikan dalam materi senam lantai khususnya cara melakukan rol depan, untuk lebih lanjut akan saya bahas materi senam lantai lainnya, cukup sekian dulu semoga bermanfaat, terimakasih
Powered by Blogger.