Lempar Lembing

Lempar lembing ~ sudah pada tahu kan anda semuanya mengenai olahraga cabang atletik ini yaitu lempar lembing. lempar lembing sering kita lakukan ketika masih duduk di bangku sekolah baik di SD,SMP, maupun SMA, tetapi tak banyak dari kita semua tahu apa itu sebenarnya lembar lembing, maka dari itu untuk lebih mengasah pengetahuan anda dalam lempar lembing kali ini volimaniak ingin mengajak anda mengetahuai apa itu pengertian lempar lembing.

dari sumber wikipedia dijelaskan bahwa Lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga dalam atletik Olahrga ini dilakukan dengan melemparkan lembing dalam jarak tertentu.Untuk mencapai jarak maksimum, atlet harus menyeimbangkan tiga hal, yaitu kecepatan, teknik dan kekuatan.

Sejarah lempar lembing 


Atlet Skandinavia mendominasi 50 tahun pertama kejuaraan lempar lembing pria.Lalu, kejuaraan tersebut dilakukan oleh Swedia pada tahun 1896. Lempar lembing menjadi bagian dari olimpiade sejak tahun 1908 dan pada tahun 1932 diadakan kejuaraan lempar lembing untuk perempuan dalam olimpiade.

Pengertian Lempar Lembing


pengertian lempar lembingLempar lembing terdiri dari dua kata yaitu lempar dan lembing. Lempar yang berarti usaha untuk membuang jauh-jauh, dan lembing adalah tongkat yang berujung runcing yang dibuang jauh-jauh (Munasifah, 2008:4). Lempar lembing adalah salah satu nomor yang terdapat dalam cabang olahraga atletik yang menggunakan alat bulat panjang yang berbentuk tombak dengan cara melempar sejauh-jauhnya (PASI, 1988:43).

Selanjutnya Jerver (1996:142) Menjelaskan bahwa “Lempar lembing adalah suatu gerakan antara sentuhan tangan dengan menggunakan benda yang berbentuk panjang berusaha untuk melempar sejauh mungkin”. Untuk memperoleh jauhnya lemparan diperlukan kekuatan dan kecepatan gerak serta sudut pada saat lembing meninggalkan tangan.

Teknik Lempar Lembing


Dalam melakukan lemparan ada beberapa teknik yang perlu anda ketahui diantaranya adalah cara memegang lembing yang benar, cara melempar lembing yang benar, gaya yang digunakan dalam lempar lembing, untuk lebih jelasnya silahkan anda bisa baca pada postingan volimaniak yang lalu mengenai : Teknik Dasar Lempar Lembing

Demikian informasi singkat dari volimaniak semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam bidang olahraga atletik khususnya materi lempar lembing, salam olahraga

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

18 Responses to "Lempar Lembing"

  1. ternyata lempar lembing ini terbagi 2 arti ya kang :D, saya taunya cuma lempar benda sejauh mungkin, tentunya harus mempunyai teknik yang akurat utk bisa melempar sejauh mungkin :D .trims sharingnya kang

    ReplyDelete
  2. olah raga ini diperlombakan di internasional toh, saya kira ini olahraga tradisional indonesia ternyata bukan ya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe karena hampir semua cabang atletik indonesia hanya nunut dan itupun mengikuti perkembangan jaman, makanya lempar lembing pun juga di lombakan tingkat internasional

      Delete
  3. olahraga yang gampang gampang susah, klo salah lempar bisa bahaya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas, jika keamanan dalam melakukan latihan tidak di jaga bisa berakibat fatal

      Delete
  4. jadi lebih tau nich tentang olahraga Lempar Lembing
    dulu saya paling suka olah raga lempar lembing

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, terimakasih sudah mampir

      Delete
    2. iya mas, akan sering mampir jika ada suguhannya :)

      Delete
    3. pasti mbak, silahkan ambil sendiri di belakang ya, hehehe

      Delete
  5. kalau dilihat lempar lembing seperti orang melempar tombak, namun bedanya posisi badan dan teknik pengambilan jarak dengan tolak tangan harus dimaksimalkan untuk menghasilkan lemparan yang jauh...iya gak gan?

    ReplyDelete
  6. Assalamu Alaikum Wr.Wb dan selamat malam Mas... Istilah Lempar Lembing sudah sering saya dengar bahkan Teori tentang lempar lembing sudah saya sering baca namun saya sama sekali tidak pernah Praktek Lempar Lembing ini Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam pak, iya pak disini khusus membahas olahraga dan pendidikan lainnya, terimakasih sudah mampir ya

      Delete
  7. yang paling jauh itu yang juaranya yah, harus punya tenaga gede nih kalo olahraga ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, kemenangan di ukur dari jarak lemparan yang berhasil di capai

      Delete
  8. Saya waktu sekolah paling kesulitan belajar lempar lembing, wah sayang udah lulus baru baca ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, ayo to pak belajar lagi lempar lembing, tapi jangan lempar piring ya, wakakakaka

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.