Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Info Kesehatan | Siapa sih dari kalian yang tidak mengenal madu. Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lain dari nektar bunga, menyerupai sirup tetapi rasa yang dihasilkan madu lebih manis. Rasa manis tersebut hadir karena terdapat substansi monosakarida, glukosa dan fruktosa yang mana ketiganya juga sama memberikan rasa manis pada gula. Madu bisa kita jumpai dengan mudah di pasaran, manfaat dan kandungan yang terdapat madu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengkonsumsi madu, madu relativ aman jika di konsumsi setiap hari, khususnya dalam menjaga daya tahan tubuh untuk selalu bisa beraktifitas sesuai dengan kegiatan anda sehari-hari.

Tidak sulit untuk mendapatkan madu kok, madu bisa dengan mudah kita jumpai di pasaran, bisa berupa kemasan maupun madu asli yang di buat oleh peternak lebah untuk menciptakan berbagai rasa madu, seperti contoh, madu kelengkeng, madu rambutan, dan masih banyak sebagainya, mungkin varian rasa pada mau yang diciptakan oleh serangga berbeda-beda sesuai dengan tumbuhan yang ada disekitarnya, berbicara mengenai madu volimaniak ingin memberikan info kesehatan mengenai beberapa manfaat madu yang ternyata bisa menjaga kesehatan dan kecantikan anda. untuk lebih jelas berikut rincian manfaat madu ;

Manfaat Madu 



Manfaat Madu Untuk Kesehatan 


Berikut ini manfaat madu bagi kesehatan manusia.

1. Mengurangi Gejala Alergi dan Asma

Madu merupakan agen anti-inflamasi yang merupakan obat alami untuk mengurangi gejala alergi dan asma. Di dalam tubuh madu sangat efektif menangani bersin yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu benda.

2. Mencegah Bakteri

Madu juga agen anti-bakteri yang melindungi tubuh dari infeksi bakteri penyebab penyakit, jika digunakan sebagai obat luar alami dapat melindungi luka bakar dari serangan bakteri. Di samping itu juga menangani bekas luka akibat gigitan serangga, misalnya lebah.

3. Menurunkan Berat Badan

Di dalam madu terdapat tiga kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin, mineral
dan asam amino. Ketiga bahan alami tersebut bertugas sebagai pengontrol berat badan (jika tinggi diturunkan begitupun sebaliknya) sehingga menjadikan Anda terbebas dari obesitas.

4. Obat Batuk dan Radang Tenggorokan


Untuk menyembuhkn batuk yang tak kunjung henti disertai rasa gatal pada tenggorokan Anda bisa dengan membuat teh madu yang dicampur lemon, serta air hangat. Sesudah minum teh jangan lupa juga untuk minum air putih agar senyawa pencipta rasa manis dalam madu dan lemon tidak tertinggal di tenggorokan.

5. Menjaga Fungsi Saluran Cerna

Rutin minum satu gelas susu dengan tambahan dua sendok makan madu hutan sangat baik untuk memelihara fungsi saluran cerna, terlebih jika Anda minum sebelum tidur.

6. Memberi Tambahan Energi

Jika tubuh merasa lelah karena pekerjaan yang cukup menguras tenaga, pada waktu istirahat minumlah secangkir teh madu tanpa gula. Madu merupakan penyuplai energi tambahan karena di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat yang cukup banyak.

Jika Anda seorang atlet, tentu sering bergerak dan tak jarang mengalami kelelahan. Glukosa alami dalam madu juga memberikan dorongan energi secara instan agar kinerja tubuh meningkat pesat.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh akan lebih kebal terhadap infeksi bakteri penyebab penyakit jika setiap harinya Anda berikan nutrisi yang cukup. Untuk melengkapi nutrisi yang kurang, Anda dapat konsumsi madu sebagai bahan yang setiap hari wajib mengasup tubuh Anda.

8. Mengatasi Insomnia

Berdasarkan sebuah penelitian campuran antara kayu manis, jahe dan madu yang dijadikan teh herbal dapat menenangkan tubuh ketika malam hari dilanda insomnia atau asusah tidur.

9. Memelihara Kondisi Rambut

Madu memang terkenal akan khasiat bagi kesehatan rambut. Anda bisa merawat pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok dan menjauhi permasalahan pada rambut lain cukup dengan konsumsi madu setiap harinya.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan

  1. Mengangkat Kotoran: Buatlah masker dari madu, kemudian biarkan selama 30 menit hingga mengering, terakhir bilas wajah Anda dengan air hangat menggunakan lap bersih. Perawatan ini bisa Anda lakukan sepulang kerja, tujuannya untuk mengangkat kotoran atau partikel debu yang menempel di area wajah.
  2. Mencerahkan Kulit: Madu yang dicampurkan dengan tomat bisa dijadikan scrub untuk memutihkan kulit tangan dan kaki. Pertama Anda buat dulu madu dengan tomat yang sudah ditumbuk halus sehingga terbentuklah pasta tebal. Oleskan pada seluruh kulit tubuh (kecuali muka) dan rehat selama 15 menit agar kandungan dalam kedua bahan bekerja mengencangkan kulit, setelah itu bersihkan dan rasakan kesegaran yang dihasilkan.
  3. Menghilangkan Bekas Jerawat: Madu akan membantu pembentukan kolagen yang dibutuhkan kulit agar tampak lebih muda, selain itu kolagen juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa mengoleskan madu biasa ke kulit wajah secara teratur.
  4. Kondisioner Rambut Alami: Gunakan campuran madu dan minyak zaitun untuk mengusap rambut sehabis keramas. Biarkan selama satu jam menempel di kulit kepala dan rambut, kemudian bersihkan dengan air dingin. Anda akan merasakan rambut berkilau dan lembut dalam sekejap.
  5. Memperlambat Penuaan: Satu sendok madu sudah dapat menunda proses degeneratif kulit Anda. Jika dosis ditambahkan Anda akan membantu menghambat penuaan dengan mempertahankan kekencangan dan keelastisitasan kulit.
  6. Membuat Kulit Kenyal: Jika Anda ingin memiliki kulit halus dan kenyal, cobalah mencampurkan 3 sendok air mawah dengan 1/4 gelas madu. Kemudian aplikasikan pada kulit wajah selama 15 menit. Jika sudah Anda bersihkan dengan air jernih. Berkacalah dan lihat betapa cantiknya pesona Anda.
  7. Melembabkan Kulit: Madu dapat mengurangi dampak negatif dari kulit yang terbakar oleh matahari. Jika Anda wanita yang sering ditugaskan bekerja di luar ruangan, sangat penting merawat kulit dengan madu sehabis kerja agar kulit tetap terjaga kesehatannya.
  8. Mencuci Rambut: Anda bisa campurkan shampo yang biasa Anda gunakan dengan amdu secukupnya untuk mencuci rambut, hanya saja Anda harus membiarkan kedua bahan melekat pada rambut selama 2 jam agar kandungannya dapat mengobati rambut yang rusak.
  9. Mengobati Bekas Luka Pada Wajah: Kombinasikan antara minyak almond, susu bubuk, air perasan jeruk nipis bersamaan untuk membuat masker wajah yang dapat mengobati bekas luka. Sebelum digunakan, campuran ketiga bahan tsb Anda simpan dalam lemari es selama satu minggu.
  10. Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah: Madu jauh lebih baik seperti lip balm karena kehebatannya dalam melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah.
  11. Menjaga Kelembutan Kulit: Buat scrub dari bubuk kacang tanah, madu dan jus lemon. Gosokkan pada kulit tangan dan kaki selama 5 menit kemudian bersihkan. Kacang tanah akan bertugas mengelupas kulit, jus lemon membantu menghilangkan kotoran dan madu akan memelihara kulit tetap lembut.
  12. Mengatasi Kulit Keriput Dini: Campuran antara jus bawag yang dicampur dengan madu sangat ampuh untuk mengatasi kulit keriput di usia muda.
Demikian informasi mengenai kesehatan yang bisa volimaniak sampaikan, semoga dengan mengkonsumsi madu bisa selalu menjaga kesehatan anda dan juga anda perlu melakukana aktifitas olahraga yang cukup untuk bisa menjaga kondisi tubuh selalu dalam keadaan prima, Sumber : http://cakrawalasehat.blogspot.com/

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

4 Responses to "Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

  1. WAH TERNYATA BANYAK SEKALI AKAN KHASIAT DAN MANFAAT MADU INI YA MAS. BISA BUAT INSOMNIA JUGA RUPANYA, TERIMAKASIH INFONYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas, di biasakan ya mengkonsumsi madu tiap hari biar selalu sehat

      Delete
  2. saya juga suka menkonsumsi madu mas. cuma kalau saya untuk ketampanan kayaknya, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih saya baru tahu mas kalau madu bisa membuat tampan, kalau gitu saya juga ah :d

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close