Pengertian Sarana dan prasarana

Seperti kita ketahui bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan lepas dari yang namanya kebutuhan dan juga membutuhkan sarana dan prasarana, pasti anda sering mendengar sarana prasarana tapi tahukan anda apakah maksud sarana dan prasarana itu ?

Yah memang kadang hal sederhana kadang terlupakan oleh kita, itu wajar saya pun juga sering seperti itu, untuk mengenal lebih lanjut sarana dan prasarana kali ini volimaniak akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian sarana dan prasarana

Memang dalam sarana dan prasarana bisa berbeda dari lingkupnya dan penggunaannya, seperti contohnya saja sarana dan prasarana pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan, sarana dan prasarana perkantoran dan masih banyak yang lainnya, dari semua item itu memiliki pengertian dan macam yang berbeda tapi dengan maskud dan tujuannya sama. mari kita bahas yang paling dasar dulu yaitu pengertian / definisi sarana dan prasarana

Pengertian sarana dan prasarna Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek). Untuk lebih memudahkan membedakan keduanya. Sarana lebih ditujukan untuk benda-benda yang bergerak seperti komputer dan mesin-mesin, sedangkan prasarana lebih ditujukan untuk benda-benda yang tidak bergerak seperti gedung.

Pengertian Sarana prasarana Menurut Ketentuan Umum Permendiknas (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional) No. 24 tahun 2007. 


Sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah, sedangkan prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah. Sarana pendidikan antara lain gedung, ruang kelas, meja, kursi serta alat-alat media pembelajaran. Sedangkan yang termasuk prasarana antara lain seperti halaman, taman, lapangan, jalan menuju sekolah dan lain-lain.

http://www.volimaniak.com/
Pengertian sarana dan prasarana
Secara Umum, sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dan bahan untuk mencapai maksud dan tujuan dari suatu proses produksi. (contohnya: sabit, cangkul, dll.) Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya produksi. (contohnya: lahan, jalan, parit, pabrik, tempat kerja, dll.) Misalnya, dalam bidang transportasi darat kita dapat menyebut mobil, motor, bis, taksi sebagai sarana transportasi karena digunakan secara langsung oleh orang. Sedangkan fasilitas pendukung seperti jalan, rambu-rambu, lampu lalu lintas dapat kita sebut sebagai prasarana
.

Pengertian sarana dan prasarana secara umum


Secara umum Definisi sarana dan prasarana adalah alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan di dalam pelayanan publik, karena apabila kedua hal ini tidak tersedia maka semua kegiatan yang dilakukan tidak akan dapat mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana.

Moenir (1992 : 119) mengemukakan bahwa sarana adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama / pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja.Pengertian yang dikemukakan oleh Moenir, jelas memberi arah bahwa sarana dan prasarana adalah merupakan seperangkat alat yangdigunakan dalam suatu proses kegiatan baik alat tersebut adalah merupakan peralatan pembantu maupun peralatan utama, yang keduanya berfungsi untuk mewujudkan tujuan yang hendak dicapai.

Fungsi Utama sarana dan prasarana


Berdasarkan pengertian di atas, maka sarana dan prasarana pada dasarnya memiliki fungsi utama sarana dan prasarana adalah sebagai berikut :
  1. Mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan sehingga dapat menghemat waktu.
  2. Meningkatkan produktivitas, baik barang dan jasa.
  3. Hasil kerja lebih berkualitas dan terjamin.
  4. Lebih memudahkan/sederhana dalam gerak para pengguna/pelaku.
  5. Ketepatan susunan stabilitas pekerja lebih terjamin.
  6. Menimbulkan rasa kenyamanan bagi orang-orang yangberkepentingan.
  7. Menimbulkan rasa puas pada orang-orang yang berkepentingan yang mempergunakannya.
Demikin informasi singkat dari volimaniak mengenai pengertian sarana dan prasarana semoga bisa bermanfaat, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close