Sejarah Dan Pengertian Bola Tangan

Bola tangan | Penasaran apa Itu bola tangan? bola tangan merupakan olahraga yang tergolong dalam permainan bola besar, dan olahraga ini pun jarang kita jumpai di masyarakat. tetapi ada even-even tertentu yang memperlombakan olahraga bola tangan dan mungkin jika anda ingin menekuninya bisa mejadi peluang besar karena peminatnya masih sedikit, sebelum mengenal lebih lanjut mengenai bola tangan ini, maari kita pelajari terlebih dahulu mengenai Sejarah dan pengertian bola tangan .

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa definisi berbeda mengenai pengertian bola tangan, sejarah bola tangan pun juga memiliki perkembangan dari jaman ke jaman, info lebih lanjut mari kita simak urain yang akan volimaniak jelaskan secara detail. berikut rinciannya ;

Sejarah Bola Tangan


MASA YUNANI KUNO


Permainan bola tangan dapat ditelusuri sejarahnya. Pada zaman Yunani Kuno permainan bolatangan sudah dimainkan walaupun dengan peraturan yang masih kuno. Permainan ”Urania” yang dimainkan oleh orang-orang Yunani kuno (yang digambarkan oleh Homer dan Odyssey) dan ”harpaston yang dimainkan oleh orang-orang Romawi yang bernama Claudius Galenus tahun 130 sampai 200 Masehi.

Di Jerman peramainan bola tangan dikenal dengan ”Fangballspiel” atau permainan ”tangkap bola” yang diperkenal kan dalam sebuah lagu oleh penulis puisi Jerman bernama Walther von der Vgelweide. (1170-1230). Di Perancis seorangbernama Rabeilas (1494-1533) menggambarkan permainan bolatangan dengan; ”mereka bermain bolatangan dengan menggunakan telapak tangan mereka”.

Pada tahun 1793 masyarakat Inuit yang hidup di dataran hijau menggambarkan dan membuat ilustrasi dengan menggunakan bolatangan. Pada tahun 1484 seorang administrator olahraga Denmark mengijinkan permainan bolatangan agar dimainkan di sekolah lanjutan di Ortup Denmark dan mendorong untuk segera menyertakan aturan dalam bolatangan.

Perintis bolatangan Lapangan


Bolatangan modern dimainkan pada abad 19 dimainkan di kota Danish di bagian Nyborg, Denmark pada tahun 1897. yang mempelopori bolatangan sesungguhnya adalah tiga negara yaitu Denmark, Jerman dan Swedianamun pendiri bolatangan justru pakar pendidikan jasmani yang memidahkan bolatangan lapangan pada pergantian abad yang berdasar dua bentuk permainan ’Raffbal”(bola tangkap) dan ”Königsbergerball”. Di Swedia Wallström juga memperkenalkan permainan blatangan dinegaranya pada tahun 1910.

Pada tahun 1912 seorang kebangsaan Jerman Hirschman mencoba menyebarkan bolatangan lapangan untuk pertama kali. Tahun 1919 seorang guru olahraga di Berlin, Karl Scelenz memperkenalkan bentuk permainan bolatangan dilapangan besar (outdoor) di beberapa negara Eropa. Kemudian ia mengembangkan peraturan-peratuaran bolatangan uyang hingga saat ini dikenal sebagai salaha satu pendiri bolatangan lapangan.

Pada tahun 1926, dalam sebuah pertemuan di kota Hague, Kongres Federasi Atletik Amatir Intermnasional, mengusulkan pada peserta kongres untuk menyusun peraturan Internasional dari bolatangan lapangan.

Pelopor Federasi Bolatangan Internasional


Pada tahun 1928 International Amateur Handball Federation (IAHF) bertepatan dengan Olimpiade Amsterdam dengan Ketua Avery Brundage dari Amerika. Setelah tahun 1938 untuk pertama kali diselenggarakan Kejuaraan Dunia Bolatangan di Jerman.

Akhirnya pada tahun 1946 atas usulan dan undangan Denmark dan Swedia delapan negara mendeklarasikan Federasi Bolatangan International atau International Handball Federation(IHF). Delapan negara tersebut adalah denmark, Finlandia, Perancis, Belanda, Norwegia, Polandia, Swiss, Swedia. Sampai tahun 2003 IHF memiliki jumlah peserta sebanyak 150 peserta negara dengan 80.000 klub dan 19 juta atlet putra maupun putri.

Sejarah Bolatangan dalam Olimpiade


Pada tahun 1938 di Olimpiade Berlin untuk pertama kali bolatangan diikut sertakan sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan hingga Olimpiade yang terakhir diselenggarakan di Athena, yunani.

Di Olimpiade terakhir tahun 2004 di athena diadakan penyambutan kecil untuk merayakan 28 tahun berlangsungnya Olimpiade dan keikutsertaan ke-10 bagi olahraga bolatngan. Bolatangan pada Olimpiade ini dipertandingkan di dua tempat yaitu di Olympic Sport Center disaksikan oleh 80.000 suporter dan Helinikon Olympic Complex disaksikan oleh 14.000 suporter.

Pengertian Bola tangan


Defini bola tangan memang ada beberapa perbedaan tetapi pada intinya sama kok, Pengertian bola tangan dari sumber wikipedia di jelaskan bahwa pengertian bola tangan adalah : olahraga beregu di mana dua regu dengan masing-masing 7 pemain (6 pemain dan 1 penjaga gawang) berusaha memasukkan sebuah bola ke gawang lawan. Permainan ini mirip dengan sepak bola, tapi cara memindahkan bola adalah dengan tangan pemain, bukan kaki.

Demikian informasi singkat dari volimaniak mengenai olahraga bola tangan yaitu sejarah dan pengertian bola tangan semoga bisa menambah daftar koleksi pengetahuan anda dalam bidang olahraga, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

4 Responses to "Sejarah Dan Pengertian Bola Tangan"

  1. wah wah ini informasi langka. Layak dijadikan referensi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh bisa mas, untuk bola tangan memang sudah di kenal dahulu, tetapi tidak sepopuler dengan sepak bola

      Delete
  2. saya baru tau ada permainan bola tangan.haha
    taunya sepak bola aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar tambah ilmuny mas untuk bidang olahraga

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.