Sungguh Luar Biasa, Anak Tukang Becak Raih Gelar Master

Berita Pendidikan | Hanya anak tukang becak bisa meraih gelas master, apa yang bisa kita petik dari sekilas perjuangan anak yang kurang mampu bisa melanjutkan pendidikannya dengan kerja keras dan semangat tinggi untuk belajar dan belajar. Ini pun bisa jadi inspirasi buat anda khususnya anak muda yang sedang berstatus sebagai pelajar, jangan sia-siakan masa mudamu, belajar adalah hal terpenting untuk masa depanmu, Kembangkan prestasimu dan selalu memperhitungkan segala kondisi yang ada.

Jangan pernah putus asa karena tidak ada biaya untuk sekolah, tetapi berpikirlah gimana dengan kekurangan biaya anda bisa selalu sekolah ke jenjang lebih tinggi, untuk lebih lanjut anda bisa mebaca postingan volimaniak kali ini mengenai kisah anak tukang becak yang berhasil meraih gelar master/magister, ini info bersumber dari jpnn.com. berikut rincian detailnya;

Anak Tukang Becak Raih Gelar Master


Semangat belajar Nur Hidayat patut diacungi jempol. Meski dari kalangan tidak mampu, laki-laki 29 tahun itu berhasil meraih gelar master pendidikan bahasa Inggris di Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya (UKWM).

Saat ditemui di UKWM kemarin (6/2), Nur menyatakan senang bisa membahagiakan orang tuanya. Dia tidak menyangka bisa menyelesaikan pendidikan hingga strata dua. ''Saya ini wong cilik, dari keluarga tak mampu,'' katanya.

Ayahnya, Mustofa, hanya seorang tukang becak. Sementara itu, ibunya berjualan tahu di Pasar Pucang. Meski berpenghasilan pas-pasan, Nur selalu diminta orang tuanya untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. ''Itu yang membuat saya terlecut untuk terus belajar. Kondisi pas-pasan jangan sampai menjadi penghalang,'' tambahnya.


Meski begitu, otak Nur cukup encer. Sejak SD hingga SMA, dia selalu mendapat beasiswa. Beasiswa tersebut cukup membantu biaya sekolahnya. Saat SMA, ada kejadian yang tidak bisa dilupakan. Waktu itu dia hampir tidak lulus SMA hanya karena menolak menggunakan kunci jawaban. ''Tapi, sama ayah saya diminta ikut ujian susulan. Akhirnya lulus SMA,'' ucap anak bungsu di antara tiga bersaudara tersebut.

http://www.volimaniak.com/Setelah SMA, Nur tidak langsung kuliah. Dia memilih belajar membuat kaligrafi di Jawa Barat. Saat itu dia bertemu seorang ustad yang pandai berbahasa Inggris. Saking pandainya, ustad tersebut bisa naik haji karena bahasa Inggris. ''Saya jadi terinspirasi mengambil kuliah bahasa Inggris. Saya kuliah S-1 di Universitas Muhammadiyah Gresik,'' ucapnya.

Selepas S-1, Nur melanjutkan pendidikan dengan kuliah strata dua. Sebab, dia ingin menjadi guru atau dosen bahasa Inggris. Pilihan jatuh ke Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Saat itu banyak keluarga yang protes. ''Saya meyakinkan bahwa saya hanya menuntut ilmu saja di sini. Sistem pengajaran di sini bagus dan saya tetap berprinsip pada agama saya'' ujar ayah satu anak tersebut.

Meski sempat minder, Nur bertekad bulat. Anita Lie, dosen pembimbing tesisnya, sangat bangga terhadap perjuangan hidup Nur. ''Alhamdulillah sudah lulus. Saya sangat bersyukur,'' ungkapnya.

Saat ini Nur mempersiapkan diri untuk membuka kursus mata pelajaran bahasa Inggris dan kaligrafi di Menganti, Gresik. ''Saya ingin membagi ilmu yang saya dapat dengan melatih anak-anak kurang mampu di desa saya,'' tutur suami Fifi Herawati tersebut.

Semoga bisa menjadi inspirasi buat kita agar selalu bisa berkembang dan maju meraih cita-cita, kesuksesan adalah milik kita jangan biarkan menjauhi kita. semangatmu adalah bekal prestasimu, ayo selalu semangat wahai pemuda indonesia. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

6 Responses to "Sungguh Luar Biasa, Anak Tukang Becak Raih Gelar Master"

  1. ini harus dijadikan contoh teladan, harus tetap belajar intinya agar bisa sukses..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas, belajar yang paling penting untuk bisa meraih prestasi apapun, tidak cuma dalam bidang akademik tetapi juga non akademik

      Delete
  2. hebaaaaat ... sy aja kalah jauh ...
    padahal sy bkn anak tukang becak ...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe mas bisa aja, ini yang jadi bahasan adalah anak tukang becak, bukan anak tukang becak, kalau kayak gini siapa hayo yang bingung

      Delete
  3. Fakta ini akan menjadi bukti lagi untuk menambah semangat belajar siswa/mahasiswa. Apa pun profesi orang tua yang penting semangat dalam menggapai cita-cita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget pak, yang bisa menjadi suksesnya suatu usaha karena semangat pantang menyerah dan tidak putus asa.

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.