Tahap Seleksi dan Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Progam PPGJ Tahun 2015

Sertifikasi Guru | Sobat guru / pendidik semua siapa sih yang tidak berkeinginan segera bisa mengikuti sertifikasi, pada progam sertifikasi guru tahun 2015 di laksanakan melalui progam PPGJ yaitu progam profesi guru dalam jabatan. Dalam proses sertikasi guru tahun 2015 anda harus memenuhi persyaratan sertifikasi guru progam PPGJ tahun 2015, untuk itu alangkah baiknya jika anda ingin mengetahui data anda sudah masuk menjadi calon peserta sertifikasi PPGJ atau belum, anda bisa mengeceknya melalui postingan saya dahulu yaitu : Cara melihat daftar penerima tunjangan guru tahun 2015.

Sebagai tindak lanjut dalam proses sertifikasi PPGJ tahun 2015 anda perlu tahu juga bagaimana mekanisme atau tahap seleksi penetapan peserta sertifikasi guru tahun 2015, dalam postingan kali ini volimaniak akan menjelaskannya secara rinci, anda bisa melihat dan mempersiapkan segala administrasi yang dibutuhkan untuk sertifikasi PPGJ tahun 2015, berikut lampirannya :

Tahap Seleksi dan Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Progam PPGJ Tahun 2015


Penetapan Calon Peserta Sertifikasi Guru melalui PPGJ


Penetapan Calon Peserta Sertifikasi Guru melalui PPGJ

Badan PSDMPK-PMP berdasarkan hasil UKA guru tahun 2013/2014 dan 2015 menetapkan peserta sertifikasi guru melalui PPGJ tahun 2015.

Penyusunan Berkas Administrasi
  1. Berkas administrasi yang harus disusun oleh calon peserta sertifikasi guru melalui PPGJ tahun 2015 yang telah memiliki nilai
  2. Pedoman Penetapan Peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2015 41
  3. UKA/UKG sama dengan berkas administrasi yang disusun oleh guru calon peserta UKA (BAB IV Sub Bab B butir c).
  4. Pengumpulan berkas dimulai setelah pengumuman penetapan peserta sertifikasi guru melalui PPGJ tahun 2015 sesuai jadwal.
Verifikasi Berkas Administrasi Guru oleh Dinas Pendidikan

Berkas administrasi guru calon peserta sertifikasi guru melalui PPGJ diverifikasi oleh dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai kewenangan masing-masing dengan menggunakan format pada Lampiran 5 dan mengirimkan hasilnya ke LPMP. Dalam tahap ini dinas pendidikan provinsi/kabupaten/ kota berkewajiban memverifikasi keabsahan ijasah S-1/D-IV peserta sertifikasi guru melalui PPGJ.

Verifikasi Berkas Administrasi Guru oleh LPMP

LPMP memverifikasi berkas administrasi yang diterima dari dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota. LPMP memeriksa kembali kelengkapan persyaratan dengan cara mengisi format verifikasi kelengkapan data (format pada Lampiran 5) yang sudah diisi oleh guru dan dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota. Batas waktu pelaksanaan verifikasi dan validasi berkas di LPMP sesuai dengan jadwal (lampiran 7). Setelah verifikasi/persetujuan dilakukan melalui sistem AP2SG-PPGJ, maka format A1 dapt dicetak oleh dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota.
Berkas administrasi guru yang sudah diverifikasi LPMP dan dinyatakan belum lengkap akan dikembalikan ke guru melalui dinas pendidikan yang bersangkutan untuk diperbaiki.
http://www.volimaniak.com/

Pengumpulan Berkas Administrasi Yang Diperbaiki

Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota mengumpulkan berkas administrasi guru yang harus diperbaiki untuk diteruskan ke guru yang bersangkutan.

Perbaikan Berkas Administrasi oleh Guru
  1. Guru memperbaiki berkas administrasi yang belum lengkap sesuai dengan koreksi dari dinas pendidikan dan LPMP. Berkas perbaikan diserahkan kembali ke dinas pendidikan untuk diverifikasi ulang dan diteruskan ke LPMP. Perbaikan berkas administrasi oleh guru diserahkan ke dinas pendidikan sesuai jadwal . 
  2. Guru yang tidak menyerahkan berkas sampai batas waktu tersebut dinyatakan gugur sebagai calon peserta PPGJ.
Mencetak Format B.1

Berdasarkan daftar calon peserta yang telah memenuhi persyaratan administrasi, LPMP mencetak Format B1 berupa daftar peserta sertifikasi guru melalui PPGJ dan ditandatangani oleh Kepala LPMP dan mengirim ke dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota dan LPTK sesuai jadwal.

Mencetak Format A1
  1. Dinas pendidikan mencetak Format A1 sebanyak 2 (dua) rangkap, ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/ Kabupaten/Kota atau pejabat yang ditunjuk kemudian dan dibubuhi stempel sebagai tanda pengesahan.
  2. Dinas pendidikan mengirim 1 (satu) lembar Format A1 yang telah ditandatangani dan dicap kepada calon peserta sertifikasi guru melalui PPGJ sesuai jadwal
Menerima Format A.1

Peserta sertifikasi guru melalui PPGJ menerima Format A1 asli (bukan foto kopi) dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Format A1 wajib dibawa peserta pada saat datang mengikuti proses pelaksanaan sertifikasi guru melalui PPGJ di LPTK. Peserta menerima Format A1 sebagai tanda persetujuan untuk menyiapkan dokumen RPL.

Demikian informasi mengenai sertifikasi guru melalui PPGJ tahun 2015, semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi rekan guru yang dalam tahap proses sertifikasi guru tahun 2015, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Tahap Seleksi dan Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Progam PPGJ Tahun 2015"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.