Teknik Menyundul Bola Pada Permainan Sepak Bola

Sepak bola | siapa sih yang tidak kenal dengan sepak bola? olahraga yang sudah sangat populer di dunia seakan menjadi olahrag idaman bagi setiap orang, biasanya anda hanya menyaksikan pertandingan di televisi atau bisa disebut hanya sebagai penonton, volimaniak ingin mengajak anda semua untuk lebih mengenal permainan sepak bola dan tentunya untuk mempelajari semua teknik sepak bola.

Seperti kita ketahui bahwa dalam sepak bola agar bisa bermain dengan baik kita harus menguasai teknik dasar permainan sepak bola, ada beberapa macam teknik dasar di antaranya, Menendang, Menggiring, mengontrol bola, tackling, dan masih banyak yang lainnya, untuk teknik dasar sepak bola silahkan anda bisa baca lebih lanjut mengenai : Teknik dasar permainan sepak bola.

Topik kali ini volimaniak ingin memberikan penjelasan kepada anda semunya mengenai yang merupakan bagian dari teknik dasar sepak bola yaitu teknik menyundul bola pada permainan sepak bola, untuk lebih jelasnya mari kita bahas bersama-sama.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk bisa melakukan teknik menyundul atau Heading pada sepak bola ini, yang menjadi patokan dasar adalah sebagai berikut :

Prinsip-prinsip menyundul Bola / Heading

http://www.volimaniak.com/
teknik menyundul bola
prinsip dasar dalam melakukan teknik menyundul bola adalah sebagai berikut ;
  1. Lari menjemput arah datangnya bola, pandanga mata tertuju ke arah bola.
  2. otot-otot leher di kuatkan atau dikeraskan ketika menyundul bola
  3. Bagian badan yang digunakan untuk menyundul bola adalah dahi, yaitu daerah kepala diatas kedua kening(alis) di bawah rambut kepala.
  4. Badan di tarik ke belakang melengkung pada daerah pinggang, kemudian dengan gerakan seluruh tubuh yaitu kekuatan otot-otot perut, kekuatan dorongan panggul dan kekuatan kedua lutut, kaki di luruskan badan di ayun ke depan sehingga dahi dapat mengenai bola dengan tepat.
  5. Pada waktu menyundul bola, mata tetap terbuka tidak boleh di pejamkan, selalu mengikuti arah datangnya bola dan mengikuti kemana bola diarahkan, selanjutnya di ikuti dengan gerak lanjutan untuk sefela lari mencari posisi.

Kegunaan teknik menyundul bola / heading


Teknik menyundul ini dalam permainan sepak bola memiliki fungsi yang penting dan anda bisa melihat uraian lebih jelasnya adalah sebagai berikut ;
  1. Meneruskan bola atau mengoperkan bola kepada tmean atau operan jarak pendek.
  2. memasukkan bola ke gawang lawat ( membuat gol )
  3. Memberikan umpan kepada teman di depan gawang untuk membuat gol
  4. Menyapu bola di daerah pertahanan sendiri untuk mematahkan serangan lawan ( mempertahankan daerah gawang sendiri).

Macam-macam teknik menyundul bola


Dalam teknik heading sepak bola juga bisa dibagi beberapa bagian adapun jenis teknik menyundul bola adalah sebagai berikut;

Menyundul bola aras dasar arah bola

  1. sundulan bola ke arah depan
  2. sundulan bola ke arah samping
  3. sundulan bola ke arah belakang

Menyundul Bola Atas Dasar Sikap Badan Pemain Sepak bola

  1. Menyundul bola dalam posisi berdiri
  2. Menyundul bola dengan sikap lari
  3. Menyundul bola dengan sikap melompat
  4. Menyundul bola dengan melayang
Nah itulah beberapa uraian singkat dari volimaniak mengenai teknik menyundul bola pada sepak bola, semoga anda bisa semakin menguasai berbagai teknik dasar sepak bola, semoga bermanfaat ya.
Powered by Blogger.