PROSEDUR PENDAFTARAN BPJS KESEHATAN

PROSEDUR PENDAFTARAN BPJS KESEHATAN ~ Progam BPJS Kesehatan merupakan progam terbaru dari presiden Joko Widodo yang mana di maksudkan untuk membantu masyarakan miskin agar tetap bisa menikmati fasilitas kesehatan dan membantu masyarakat meringankan biaya pengobatan sehingga tidak perlu kawatir lagi jika tidak ada biaya untuk berobat.

Jika pada proses pendaftaran BPJS sebenarnya cukup mudah bisa dilakukan offline maupun online, jika anda belum tahu bagaimana proses pendaftaran BPJS,silahkana anda bisa membaca postingan volimaniak yang lalu mengenai cara mendaftar BPJS Online / Offline. pada kesempatan kali ini volimaniak akan memberikan sedikit penjelasan mengenai Prosedur terkait BPJS Kesehatan.adapun info lengkapnya anda bisa melihat berikut rincian cara mendaftar BPJS kesehatan;

Pendaftaran Bagi Penerima Bantuan Iuran / PBI


Pendataan Fakir Miskin dan Orang Tidak mampu yang menjadi peserta PBI dilakukan oleh lembaga yang menyelenggarakan urusan Pemerintahan di bidang statistik (Badan Pusat Statistik) yang diverifikasi dan divalidasi oleh Kementerian Sosial.

http://www.volimaniak.com/

Selain peserta PBI yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, juga terdapat penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah berdasarkan SK Gubernur/Bupati/Walikota bagi Pemda yang mengintegrasikan program Jamkesda ke program JKN.

Pendafataran Bagi Peserta Pekerja Penerima Upah / PPU

  1. Perusahaan / Badan usaha mendaftarkan seluruh karyawan beserta anggota keluarganya ke Kantor BPJS Kesehatan dengan melampirkan :
    • Formulir Registrasi Badan Usaha / Badan Hukum Lainnya
    • Data Migrasi karyawan dan anggota keluarganya sesuai format yang ditentukan oleh BPJS Kesehatan.
  2. Perusahaan / Badan Usaha menerima  nomor Virtual Account (VA) untuk dilakukan pembayaran ke Bank yang telah bekerja sama (BRI/Mandiri/BNI)
  3. Bukti Pembayaran iuran diserahkan ke Kantor BPJS Kesehatan untuk dicetakkan kartu JKN atau mencetak e-ID secara mandiri oleh Perusahaan / Badan Usaha.

Pendaftaran Bagi Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah / PBPU dan Bukan Pekerja

Pendaftaran PBPU dan Bukan Pekerja

  1. Calon peserta mendaftar secara perorangan di Kantor BPJS Kesehatan
  2. Mendaftarkan seluruh anggota keluarga yang ada di Kartu Keluarga
  3. Mengisi formulir Daftar Isian Peserta (DIP) dengan melampirkan :
    • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
    • Fotokopi KTP/Paspor, masing-masing 1 lembar
    • Fotokopi Buku Tabungan salah satu peserta yang ada didalam Kartu Keluarga
    • Pasfoto 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar.
  4. Setelah mendaftar, calon peserta memperoleh Nomor Virtual Account (VA)
  5. Melakukan pembayaran iuran ke Bank yang bekerja sama (BRI/Mandiri/BNI)
  6. Bukti pembayaran iuran diserahkan ke kantor BPJS Kesehatan untuk dicetakkan kartu JKN. Pendaftaran selain di Kantor BPJS Kesehatan, dapat melalui Website BPJS Kesehatan

Pendaftaran Bukan Pekerja Melalui Entitas Berbadan Hukum (Pensiunan BUMN/BUMD)


Proses pendaftaran pensiunan yang dana pensiunnya dikelola oleh entitas berbadan hukum dapat didaftarkan secara kolektif melalui entitas berbadan hukum yaitu dengan mengisi formulir registrasi dan formulir migrasi data peserta.

Demikian informasi singkat dari volimaniak mengenai prosedur pendaftaran BPJS kesehatan,semoga bisa membantu anda.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close