Teknik Lari Jarak Menengah

Lari Jarak Menengah Merupakan bagian dari olahraga atletik dalam kategori nomor lari,seperti kita ketahui bahwa dalam olahraga lari sendiri di bagi menjadi beberapa bagian di antaranya adalah lari jarak cepat (sprint), lari jarak menengah dan lari jarak jauh ( maraton ), pendalaman lebih lanjut mengenai olahraga lari kalau menurut saya lebih cepat dalam mencetak atlet lari, karena olahraga lari ini tergolong olahraga tunggal dan hanya membutuhkan satu pelari saja.

Memang pembagian olahraga lari itu bisa dikatakan kompleks sekali, anda bisa membaca lebih lanjut mengenai macam-macam cabang olahraga atletik, dan ketika anda ingin menekuni olahraga atletik lari jarak menengah ini yang perlu anda ingat adalah dengan menguasa teknik dasar lari jarak menengah dengan baik, sebenarnya hampir sama sih ketika berbicara masalah teknik dasarnya, lari jarak menengah juga hampir sama untuk teknik dasarnya sama dengan teknik dasar atletik jarak cepat. hanya perbedaan sedikit menyikapai lintasan yang berupa putaran dan jalur lurus, untuk teknik start yang di gunakan dalam lari jarak mengenah ini menggunakan start melayang.

Nomor lari jarak menengah rneliputi jarak 800 m den 1500 m. sedangkan lari jarak 300 m merupakan nomor khusus dan dalam lomba menggunakan halang rintang (staple chest). Dalam lari jarak 800 meter, menjaga ketetapan langkah merupakan hal yang sangat penting. Ini adalah peralihan pertama dari lari cepat ke lari biasa, langkah yang tetap harus dijaga,
teknik lari jarak menengah
lari jarak menengah
Seorang pelari jarak menengah harus belajar santai dan menjaga keseimbangan, mengontrol gerak kaki, rotasi pinggul serta gerak lengan yang halus dan terkendali. Sebuah pedoman dasar yang harus selalu diingat adalah lebih lambat lombanya, lebih pendek jarak langkah, dan lebih cepat lomba, lebih panjang jarak langkah. Lari 1500 m harus dianggap sebagai tempat segmen yang berbeda dengan kecepatan langkah yang berbeda bagi masing-masing. Paruh pertama dilampaui dengan kecepatan langkah cepat, paruh kedua dilampaui dengan kecepatan langkah yang nyaman dan ringan, paruh ketiga adalah penghematan tenaga dengan langkah yang lambat dan paruh. keempat dimulai lambat, tetapi berakhir dengan pemacuan kecepatan yang singkat.

Putaran ketiga adalah tahap yang paling kritis dari semua tahapan taktis lari 1500 m. biasanya selalu ada kecenderungan fisik dan mental menjadi lelah pada tahapan itu..Seorang pelari 1500 m harus belajar mengatasi kelelahan ini tanpa menekan atau menghilangkan irama langkah . Pekerjaan utama mendahului lawan dalam setiap lomba larii harus dilakukan pada 200 m terakhir. Sukses bergantung pada kemampuan sendiri dalam menilai posisi dan keadaan pelari di depannya.

Seorang pelari yang cerdik. Tidak melakukan sprint yang tiba – tiba sampai garis finis, melainkan melakukan serangkaian percepatan singkat yang tidak disadari lawannya.

Sebenarnya dalam lari jarak menengah sendiri ada beberapa tahapan teknik dasar yang perlu anda perhatikan yaitu, teknik gerakan,teknik saat di tikungan dan teknik saat mendekati garis finish, hal ini hampir sama juga dengan lari jarak jauh / marathon. untuk lebih lengkapnya silahkan anda bisa cermati pembagian teknik dasar lari jarak menengah berikut ini;

Teknik gerakan lari jarak menengah

  1. Posisi kepala dan badan tidak terlalu condong, sikap badan seperti sikap orang berlari
  2. Sudut lengan antara 100 –110 derajat
  3. Pendaratan pada tumit dan menolak dengan ujung kaki
  4. kedua lengan untuk mengimbangi gerak kaki
  5. Mengayunkan lutut kedepan tidak setinggi pinggul
  6. Pada waktu menggerakkan tungkai bawah dari belakang ke depan tidak terlalu tinggi

Teknik Lari Jarak Menengah Saat Melewati Tikungan


Teknik lari jarak menengah saat melewati tikungan adalah :
  1. Usahakan berlari sedekat mungkin dengan garis lintasan sebelah kiri
  2. Putarkan keduan bahu ke kiri, kepala juga miring ke kiri
  3. Sudut lengan kanan usahakan lebih besar daripada lengan kiri

Teknik Gerakan Memasuki Garis Finish

Teknik gerakan memasuki garis finish dalam lari jarak menengah yaitu :

a. Cara memasuki garis finish yaitu:

  • Lari terus tanpa mengubah sikap lari
  • Dada maju, kedua tangan lurus ke belakang
  • Salah satu bahu maju ke depan ( dada diputar ke salah satu sisi )
  • Kepala ditundukkan, kedua tangan di ayun ke belakang

b. Hal –hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Frekuensi kaki dipercepat, langkah diperlebar
  • Jangan melakukan gerakan melompat pada saat memasuki garis finish
  • Perhatian di pusatkan pada garis finish
  • Apabila ada pita jangan berusaha meraih dengan tangan
  • Jangan berhenti mendadak setelah melewati garis finish
Demikian informasi singkat dari volimaniak mengenai teknik lari jarak menengah, semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam bidang olahraga khususnya atletik kategori nomor lari.terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close