Tunjangan Profesi Guru Cair Pada Awal April

Tunjangan Profesi Guru Cair Pada Awal April ~ Sobat guru semuanya hal ini mungkin yang paling di nanti-nanti dengan waktu cairnya tunjangan guru, dari informasi berita yang ada diperkirakan tunjangan profesi guru akan cari awal bulan april, untuk lebih lanjut volimaniak akan paparkan kabar gembira ini, agar anda bisa siap-siap untuk melengkapi berkas yang ada agar dana tunjangan yang sudah anda nanti bisa cair tepat waktu.

Bagi guru non Pns maupun yang belum sertifikasi harap sabar mungkin ini belum waktunya anda mendapatkan giliran, selalu berikhtiar dan semangat mengemban tugas sebagai seorang pendidik atau guru, semoga awal tahun depan menjadi moment penting giliran anda ikut dalam progam sertifikasi, silahkan baca petunjuk : Persyaratan Sertifikasi progam PPGJ tahun 2015 , untuk info lanjut mengenai waktu cairnya tunjangan profesi guru, berikut rincian yang bisa saya bagikan yang bersumber dari jpnn.com, langsung saja berikut infonya ;

ANGGARAN yang dikucurkan pemerintah untuk membayar tunjangan profesi guru (TPG) semakin membengkak. Tahun lalu, anggaran pembayaran TPG yang ditransfer ke daerah (untuk PNS daerah) sekitar Rp 60,5 triliun. Tahun ini, alokasi itu naik menjadi Rp 70,2 triliun.

Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Ditjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan, alokasi anggaran TPG paling besar memang disalurkan ke daerah langsung. “Sedangkan anggaran di Kemendikbud hanya sekitar Rp 6,2 triliun,” katanya di Jakarta kemarin.

Pejabat yang akrab disapa Pranata itu menuturkan, anggaran TPG yang ditransfer ke daerah untuk membayar tunjangan profesi guru-guru PNS. Sementara itu, anggaran TPG yang dikelola Kemendikbud untuk membayar tunjangan profesi guru non-PNS alias guru swasta dan guru bantu. Pranata menyatakan, kenaikan anggaran TPG itu banyak penyebabnya.

http://www.volimaniak.com/Seperti bertambahnya jumlah sasaran penerima dan kenaikan gaji pokok guru PNS secara berkala. Dia berharap, tahun ini, pencairan TPG tepat waktu, jumlah, dan sasaran. “Total anggaran TPG itu siap ditransfer ke pemkab atau pemkot,” ujarnya. Tetapi, tidak dikucurkan semuanya. Pranata menyatakan, pengucuran anggaran TPG dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) itu dibagi menjadi empat tahap.

Pencairan tahap pertama dipakai untuk membayar rapelan TPG periode Januari–Maret. Pranata memperkirakan pencairan periode pertama itu berjalan antara 9–16 April. Saat ini, Direktorat P2TK Kemendikbud masih mempersiapkan penerbitan surat keputusan pencairan tunjangan (SKPT). Mulai tahun ini, diberlakukan regulasi baru untuk pencairan TPG dari Kemenkeu ke pemkab atau pemkot.

Pemkab dan pemkot wajib melaporkan progres pencairan di setiap tahapan. Jika mereka tidak melaporkan, transfer dana tahap berikutnya akan ditunda. “Kami tidak ingin ada penimbunan uang TPG di daerah,” jelasnya. Ketika sudah jelas guru calon penerima, maka TPG harus segera dicairkan.

Jika dalam praktiknya nanti TPG tidak kunjung cair, Pranata menyatakan, harus dicari titik persoalannya. Dari status gurunya yang bermasalah, atau faktor-faktor lain. Tapi menurut dia, biasanya masalah sepele. Yakni, rekening guru itu sudah mati, sehingga harus membuat rekening baru.

Banyak guru yang membuka rekening khusus untuk menampung pencairan TPG. Ketika saldo tinggal sedikit dan TPG baru cair, beberapa bulan kemudian, rekening bisa ditutup otomatis oleh pihak bank. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, guru-guru penerima TPG diharapkan mulai mengecek status rekening masing-masing.(wan/jpnn/che/k8)

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

18 Responses to "Tunjangan Profesi Guru Cair Pada Awal April"

  1. ini kabar baik, sayangnya nggak ikut menikmati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe yang penting ikut melihat mas

      Delete
  2. Alhamdulillah untuk guru-guru yg udah sertifikasi, semoga lekas cair.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ini yang paling di nanti2 oleh para guru yang sudah sertifikasi

      Delete
  3. itu yang triliun duit apa kertas yah.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ya duit lah mas, tapi kalau di bagi ya habis paling dapatnya sedikt saja

      Delete
    2. biasanya duit segitu besar suka habis dijalan mas :D

      Delete
    3. hehehe iya memang biasanya kayak gitu, tak sampai tujuan

      Delete
  4. wah enak nih mas. GA cair, tunjangan cair, gaji bulanan cair. nyam nyam hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha bisa saja, kalau saya yang cairu Ga sama gaji saja, yang tunjangan belum, karena belum nyantol

      Delete
  5. wahhh, kabar gembira nih buat para PNS :D. cairnya awal april ya kang.. enak ya bagi guru2 yang sudah mempunya sertifikasi hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,,,, sayangnya saya juga masih belum, hehehehe

      Delete
  6. wah pasti seneng nih yg sudah jadi PNS yamas
    inggal menunggu hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas, kalau saya nunggu dapat PO lagi bisanya, wakakakaka

      Delete
  7. Selamat buat para guru yang akan mendapatkan tunjangannya.. smoga dana tunjangannya tidak disalahgunakan oleh pihak wewenang,,, Pencairan dananya di rapel toh,, kalo untuk satu guru kira kira dapet berapa tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh tergantung jabatan untuk dapat dananya mas, rata2 ya sekitar sama dengan gaji pokok, kalau swasta sekitar 1,5 juta ke atas

      Delete
  8. Mungkin guru honorer harus jg lebih diperhatikan....oleh pemerintah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, sama2 ngajar2 tapi gajinya masih beda sangat jauh antara PNS dan Guru Honorer

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.