Waktu Pelaksanaan UKA dan Tempat UKA Tahun 2015

Waktu Pelaksanaan UKA dan Tempat UKA Tahun 2015 ~ Rekan guru semua yang sudah persiapan bentar lagi menghadapi UKA ( uji kompetensi Awal ) sebagai syarat tes kemampuan bidang studi yang anda ajar. dan juga sebagai pelengkap dasar dalam mengikuti tes sertifikasi PPGJ tahun 2015, Kiranya anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang, baik dari penguasaan materi atau persiapan mental anda.

Untuk itu perlu anda pelajari lebih lanjut mengenai Kisi-kisi materi UKA tahun 2015, agar anda tahu materi apa saja yang diujikan sehingga anda lebih mudah untuk mempelajarinya. UKA wajib diikuti semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS. Pelaksanaan UKA melibatkan berbagai instansi antara lain BPSDMPK-PMP, LPMP, dan Dinas Pendidikan propinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Agar seluruh instansi yang terlibat dalam pelaksanaan UKA memiliki pemahaman yang sama tentang mekanisme pelaksanaan UKA, maka perlu disusun informasi yang lengkap tentang mekanisme pelaksanaan UKA tahun 2015.

Kali ini volimaniak ingin berbagai seputar pelaksanaan UKA, yaitu waktu pelaksanaan UKA dan tempat UKA tahun 2015, untuk lebih jelasnya berikut rinciannya;

Waktu Pelaksanaan UKA


UKA Online


Pelaksanaan UKA tahun 2015 akan berlangsung paling lama 4 (empat) hari pada tanggal 17 s.d 20 Maret 2015. UKA online dimulai secara serentak di seluruh Indonesia. Penetapan jadwal pelaksanaan UKA ditentukan oleh LPMP bersama dinas pendidikan kab/kota. Durasi pelaksanaan UKA pada masing- masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah TUK dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak TUK semakin cepat pelaksanaan UKA.

Bagi guru yang memiliki kekhususan yaitu Tuna Netra memerlukan pendamping dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai pembaca soal. Lamanya waktu yang diperlukan 180 menit dan dijadwalkan khusus.

UKA Manual


Waktu pelaksanaan UKA manual dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama 1 (satu) hari, jadwal pelaksanaan akan ditentukan kemudian diantara tanggal pelaksanaan UKA online.

Tempat UKA


Uji Kompetensi Awal akan dilaksanakan di TUK yang telah ditetapkan dinas pendidikan kabupaten/kota sesuai dengan persyaratan yang telah diverifikasi oleh LPMP. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menetapkan tempat UKA:
  • Lokasi TUK mudah dijangkau
  • Memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan

1. Persyaratan Tempat UKA online

  1. Unit kerja pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau kementerian lain yang memiliki fasilitas pendukung, dapat berupa lembaga pendidikan dan latihan (PPPPTK dan LPMP) atau lembaga pendidikan.
  2. Memiliki sumber daya manusia (operator) yang memahami Lokal Area Network (LAN) dan terbiasa bekerja dengan jaringan internet. Operator tersebut akan bertugas sebagai tim teknis sistem UKA online.
  3. Memiliki laboratorium komputer minimal 20 unit PC dan 1 server, yang terkoneksi dalam jaringan LAN (sebaiknya pakai kabel, bukan WiFi)
  4. Spesifikasi PC Client minimal:
    • Prosessor Intel Pentium 3 - 600Mhz,
    • Memory, 512mb,
    • Hard disk Free 5Gb,
    • Monitor, Keyboard,
    • Mouse Standard.
  5. Spesifikasi server minimal:
  • Prosessor Intel Pentium 4 - 2,4Ghz,
  • Memory : 2 Gb,
  • Hard disk Free 10 Gb,
  • CDROM,
  • Monitor
  • Terkoneksi dengan jaringan internet minimal 256 kbps.
  • UPS (uninteruptible power supply)

2. Persyaratan Tempat UKA Manual

a. Lokasi UKA manual mempertimbangkan:
  1. keterjangkauan oleh peserta;
  2. kelayakan dan daya tampung; dan
  3. keamanan.
b. Minimal terdiri dari 9 (sembilan) ruang. Masing masing ruang maksimal diisi oleh 20 orang peserta UKA untuk mata pelajaran yang sama
c. Apabila 1 (satu) ruang UKA tidak memenuhi 20 orang untuk mata pelajaran yang sama, dapat digabung dengan peserta dari mata pelajaran lain.
d. Dalam satu lokasi UKA minimal harus terdapat dua mata pelajaran.

Demikian informasi singkat dari volimaniak mengenai waktu pelaksanaan UKA tahun 2015,semoga bisa bermanfaat.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

10 Responses to "Waktu Pelaksanaan UKA dan Tempat UKA Tahun 2015"

  1. terima kasih infonya mas, jadi lebih jelas dan tau

    ReplyDelete
  2. Tampilannya ada yang berubah neh...

    ReplyDelete
  3. selalu lengkap infonya..
    berguna sekali buat para guru yg sedang membutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju...paling cocok untuk info bagi seorang guru. makanya saya CTRL + D gan.

      Delete
    2. ya mas, semoga saja bisa membantu guru dalam melakukan aktifitasnya di dunia online, karena memang tuntutan perkembangan jaman sekarang hampir semua dilakukan online

      Delete
  4. wah banyak ketinggalan nih mas masalah peningkatan kualitas guru dan bidang studi yang diampu. kayaknya pemerintah sekarang sudah bagus menjalankan peningkatan kualitas pendidikan melalui uji kompetensi awal dan itu untuk mendukung kemajuan pendidikan indonesia. muantab memang bang anis baswedan, pantas kalau ia jadi menteri pendidikan...ada terobosan gan. ok makasih infonya ya bro. salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semoga saja mas,pendidik lebih di perhatikan ke depannya, tidak hanya PNS tapi juga Honorer juga

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close