STANDAR KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

Kepala sekolah bisa dikatakan pemimpin yang bertugas mengatur segala sesuatu yang berususan dengan kelancaran kegiatan sekolahan. Kepala sekolah membawa peran yang sangat penting dan vital bagi kelangsungan serta kemajuan suatu sekolah, lalu apa kriteria standar kepala sekolah / kepala madrasah yang harus di penuhi agar bisa menjadi kepala sekolah/madrasah yang benar-benar unggul dan bisa dikatakan kepala sekolah bertaraf nasional.

Memang kegiatan sekolahan tidak lepas dari peran penting seorang kepala sekolah/madrasah, baik urusan keuangan,urusan kegiatan KBM,pendidik/ guru, semua kemajuan hanya ditangan kepala sekolah, bukankan pepatah sering mengatakan bahwa kemajuan suatu usaha atau perusahaan tergantung pada pemimpin mereka,pemimpin yang baik akan membawa kebaikan bagi seluruh anggota atau karyawan yang lain.

http://www.volimaniak.com/

Maka dari itu pada tahun 2015 ini kemdikbud sudah mengeluarkan surat keputusan mengenai standar kepala sekolah / madrasah, untuk lebih jelasnya berikut yang bisa volimaniak sampaikan mengenai standar kepala sekolah/madrasah.

Kualifikasi Kepala sekolah / madrasah


Kualifikasi Kepala Sekolah/Madrasah terdiri atas Kualifikasi Umum, dan Kualifikasi Khusus.adapun rincian lebih jelasnya dalah sebagai berikut :

1. Kualifikasi Umum Kepala Sekolah/Madrasah adalah sebagai berikut:
  • Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) kependidikan atau nonkependidikan pada perguruan tinggi yang terakreditasi;
  • Pada waktu diangkat sebagai kepala sekolah berusia setinggi-tingginya 56 tahun;
  • Memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun menurut jenjang sekolah masing-masing, kecuali di Taman Kanak-kanak /Raudhatul Athfal (TK/RA) memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun di TK/RA; dan
  • Memiliki pangkat serendah-rendahnya III/c bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan bagi non-PNS disetarakan dengan kepangkatan yang dikeluarkan oleh yayasan atau lembaga yang berwenang.
2. Kualifikasi Khusus Kepala Sekolah/Madrasah meliputi:

a. Kepala Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal (TK/RA) adalah sebagai berikut:
  1. Berstatus sebagai guru TK/RA;
  2. Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru TK/RA; dan
  3. Memiliki sertifikat kepala TK/RA yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
b. Kepala Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) adalah sebagai berikut:
  1. Berstatus sebagai guru SD/MI;
  2. Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SD/MI; dan
  3. Memiliki sertifikat kepala SD/MI yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
c. Kepala Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) adalah sebagai berikut:
  1. Berstatus sebagai guru SMP/MTs;
  2. Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SMP/MTs; dan
  3. Memiliki sertifikat kepala SMP/MTs yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
d. Kepala Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) adalah sebagai berikut:
  1. Berstatus sebagai guru SMA/MA;
  2. Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SMA/MA; dan
  3. Memiliki sertifikat kepala SMA/MA yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
e. Kepala Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) adalah sebagai berikut:
  1. Berstatus sebagai guru SMK/MAK;
  2. Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SMK/MAK; dan
  3. Memiliki sertifikat kepala SMK/MAK yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
d. Kepala Sekolah Dasar Luar Biasa/Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SDLB/SMPLB/SMALB) adalah sebagai berikut:
  1. Berstatus sebagai guru pada satuan pendidikan SDLB/SMPLB/SMALB;
  2. Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SDLB/SMPLB/SMALB; dan
  3. Memiliki sertifikat kepala SLB/SDLB yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
e. Kepala Sekolah Indonesia Luar Negeri adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki pengalaman sekurang-kurangnya 3 tahun sebagai kepala sekolah;
  2. Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru pada salah satu satuan pendidikan; dan
  3. Memiliki sertifikat kepala sekolah yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
Dari beberapa uraian kualifikasi kepala sekolah / madrasah diatas sudahkan anda sebagai kepala sekolah sudah memenuhi standarisasi serta kecakapan khusus yang harus dipenuhi seorang kepala sekolah/madrasah agar bisa memimpin sekolah / madarasah dengan membawa kemajuan dan tujuan utama meningkatkan kualitas pendidikan indonesia.semoga bisa menjadi inspirasi baru anda rekan guru,terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

22 Responses to "STANDAR KEPALA SEKOLAH/MADRASAH"

  1. Jadi kepala sekolah untuk madrasah masih bisa S1 yah, kirain semua kepala sekolah harus S2... tapi bagus juga karena pengalaman memang sbenarnya lebih penting daripada jenjang pendidikan yang terkadang sekedar formalitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem untuk S2 lebh cenderung ke pengawas mas, itu persyaratan awal saja, tetapi banyak juga sekarang kepala sekolah sudah S2 kok

      Delete
  2. Dengan adanya kualifikasi di atas, ini tentu juga akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas sekolah. Banyak sekolah yang mempunyai kepala sekolah yang tidak memenuhi kriteria seorang kepala sekolah dan hal ini harus menjadi bahan evaluasi oleh dinas terkait.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar banget mas,setidaknya kepala sekolah harus jadi pemimpin yang baik

      Delete
    2. Oleh karena itu mas setidaknya hal ini di evaluasi baik oleh pemerintah. Thanks infonya mas mudah2an para calon kepsek bisa baca baik2 artikel ini.

      Delete
    3. iya mas,semoga bisa semakin baik dalam memimpin sekolahan,karena saya banyak mendengar keluhan dari rekan pendidik yang mengeluh akibat kepala sekolah yang tidak baik

      Delete
  3. Ayooo daftarkan diri jadi kepala sekolah. Tp kalo mau jadi kepala rumah tangga langsung ke KUA ajah hehehe. Bagi yg jomblo jadi kepala keuarga aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka nyindir saa nih cak mojib,saya ini masih jomblo lo mas

      Delete
  4. kepala sekolah yang baik akan menentukan bagaimana kualitas sekolah yang dipimpinnya, jadi semakin bagus kualitas kepala sekolah maka kualitas sekolah ikut terangkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kayaknya mas denny dah pengalaman dan siap jadi calon kepala sekolah baru nih

      Delete
    2. hha saya gak minat jadi kepala sekolah dan gak punya pengalaman sama sekali
      hanya dari pengamatan saya saja kepala sekolah yang bagus dia total dan memang ingin menjadikan sekolah yang dipimpinnya jadi lebih baik

      Delete
    3. oh gitu ya mas,walaupun gak bisa jadi pemimpin sekolah,tapi cukup kita jadi imam atau pemimpin diri kita sendiri dan keluarga kita,mudah-mudahan bisa barokah

      Delete
    4. aamiin yaa rabbal alaamiin mas pur :) itu impian saya bisa gitu

      Delete
    5. iya mas,semoga bisa terwujud

      Delete
  5. keren nih mas infonya.. ilmu sekali.. makasih mas infonya

    ReplyDelete
  6. Sama persis...dengan yang dijelaskan dosen saya waktu itu...

    ReplyDelete
  7. saya S3 padahal mas (SD, SMP, SMA) :D
    berarti bisa jadi kepala sekolah, utk pengalaman mengajar blum ada sih.hehe

    ReplyDelete
  8. info keren, tapi ada masukan nih mas... andai juga dibahas kualifikasi menjadi kepala pesantren hehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhehe kalau itu yang menentukan kan pihak pesantren atau yayasan mas

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.