Lomba dan Acara Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) / Guru Berprestasi Tahun 2015

Rekan guru yang berbahagia tak kalah dengan kegiatan yang dilaksanakan tahun 2015, agaknya pemerintah mulai memperhatikan jerih payah dari seorang guru PAUDNI yang mana akan ada lomba dan acara apresiasi pendidik dan tenaga kependidikan ( PTK ) PAUDNI berprestasi tahun 2015.

Untuk info selengkapnya berikut info yang bisa volimaniak sampaikan;

Jakarta (27/05/2015) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal  (Ditjen PAUDNI) Kemdikbud akan menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) Berprestasi tahun 2015. Kegiatan akan dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara, pada tanggal 3 – 9 Juni 2015.

Acara Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional merupakan acara tahunan. Sudah delapan kali acara Apresiasi PTK PAUDNI dilaksanakan  sebagai upaya memberikan penghargaan dan memotivasi para PTK PAUDNI berprestasi,” tutur Plt. Direktur Jenderal PAUDNI Taufik Hanafi, saat siaran langsung di salah Media Televisi, Rabu (27/05/2015).

lomba dan acara apresiasi pendidik dan tenaga kependidikan ( PTK ) PAUDNI berprestasi tahun 2015

Tujuan diselenggarakan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi adalah memberikan penghargaan, dan meningkatkan mutu pembinaan serta penyebarluasan hasil karya PTK PAUDNI. Selain itu untuk meningkatkan 5 K ( Ketersediaan, Keterjangkauan, Kualitas dan relevansi, Kesetaraan dan Kepastian memperoleh layanan pendidikan).

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho menyatakan kesiapan Provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah pelaksanaan Apresiasi PTK PAUDNI 2015. “Dengan diadakannya Apresiasi ini di Medan, dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pendidikan PAUD dan juga pendidikan Nonformal,” ujar Gatot.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktur Pembinaan PTK PAUDNI sudah menetapkan jenis lomba dan tema Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUDNI Berprestasi Tahun 2015. Hal tersebut tertuang dalam surat kepada Kepala Dinas Pendidikan seluruh Indonesia nomor 197/B5.3/KP/2015 tertanggal 16 Februari 2015.

Apresiasi PTK PAUDNI Tingkat Nasional Tahun 2015 rencananya akan digelar di Medan Sumatera Utara mulai tanggal 3 sampai dengan 9 Juni 2015 meliputi lima belas lomba perorangan dan dua jenis lomba untuk kelompok. Terdiri dari lomba PTK PAUD dua jenis, PTK Kursus dan pelatihan tujuh jenis serta PTK Pendidikan Masyarakat enam jenis. (Teguh/HK)

Berikut ini jenis dan tema penghargaan yang dilombakan.
PTK PAUD
No. Jenis PTK Lomba
Tema
1 Pendidik KB/TPA/SPS Karya Nyata Kreativitas pembuatan alat permainan edukatif (APE) muatan lokal dalam peningkatan mutu pembelajaran anak usia dini melalui pendekatan saintifik.
2 Pengelola KB/TPA/SPS Karya Tulis Manajemen PAUD dalam pemberdayaan dana desa/ masyarakat dalam meningkatkan mutu layanan PAUD
PTK Kursus dan Pelatihan
No. Jenis PTK Lomba
Tema
1 Instruktur Kursus Otomotif (Roda Dua) Karya Nyata Inovasi pembelajaran efisiensi penggunaan bahan bakar pada kendaraan bermotor roda dua.
2 Instruktur Kursus Tata Boga Karya Nyata Inovasi pembelajaran mengolah masakan Indonesia berbasis potensi daerah berbahan dasar nabati/hewani.
3 Instruktur Kursus Tata Rias Penganten Karya Nyata Inovasi pembelajaran tata rias penganten tradisional daerah masing-masing.
4 Instruktur Kursus Tata Busana Karya Nyata Inovasi pembelajaran pembuatan busana kerja wanita dengan sentuhan etnik.
5 Instruktur Kursus Komputer Karya Nyata Inovasi pembelajaran pembuatan desain grafis periklanan.
6 Instruktur Kursus Baby Sitter Karya Nyata Inovasi pembelajaran perawatan bayi umur 0 sd 1 tahun.
7 Pengelola LKP (Top Manajer) Karya Nyata Strategi membangun kemitraan LKP dengan DUDI untuk meningkatkan kesiapan lulusan LKP ke dunia kerja.
PTK Pendidikan Masyarakat
No. Jenis PTK Lomba
Tema
1 Pamong Belajar Karya Nyata Metode pembelajaran yang efektif dalam mempertahankan keberlangsungan pembelajaran dan peserta didik.
2 Penilik Karya Nyata Teknik pembimbingan yang efektif pada PTK PAUDNI dalam meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar pada satuan PAUDNI.
3 Pengelola PKBM Karya Nyata Pengelolaan PKBM yang dapat meningkatkan kemampuan usaha mandiri masyarakat.
4 Pengelola TBM Karya Nyata Pemanfataan potensi lokal dalam memotivasi masyarakat agar gemar membaca.
5 Tutor Pendidikan Keaksaraan Karya Nyata Metode pembelajaran keaksaraan yang efektif dalam mempercepat melek aksara.
6 Kepala SKB Karya Nyata Pemanfaatan jejaring kerja dalam mengoptimalkan tugas dan fungsi SKB.
Itulah beberapa daftar dan tema yang di lombakan dalam acara apresiasi PTK berpresatasi tahun 2015, selamat berkarya buat rekan guru semuanya, semoga bisa menjadi juara ya, semoga bermanfaat, terimakasih
Powered by Blogger.