Cara Bermain Bola Voli Yang Baik

Bola voli sudah dikenal oleh kalangan masyarakat maupun kalangan pelajar, banyak even perlombaan yang diadakan di tingkat pelajar baik dari tingkat SMP / MTs maupun SMA/MA/SMK. semua even itu tujuan utamanya adalah untuk mencari seorang atlet sekaligus mengembangkan bakar dari seorang pelajar dan tingkat lanjutnya adalah penjaringan prestasi di bidang permainan bola voli.

Sebelum anda menekuni bidang olahraga ini alangkah baiknya jika anda benar-benar memahami apa saja yang harus dilakukan agar bisa menjadi pemain bola voli yang handal. semua itu tidak bisa diraih dengan mudah dan gampang, butuh perjuangan yang keras baik dari segi latihan ataupun pengalaman bermain yang baik.

Semua cabang olahrga tidak bisa di tempuh hanya dalam 1 tahun atau beberapa bulan saja, butuh waktu dan proses agar benar-benar bisa bermain yang baik, termasuk dalam bola voli ini.

Banyak dari murid-murid saya atau dari pengunjung blog ini yang sering bertanya pada saya, pertanyaan yang sering muncul adalah sebagai berikut ;
  1. Bagaimana cara bermain bola voli yang baik dan benar?
  2. Gimana supaya bisa smash keras dan tajam?
  3. Latihan apa saja yang harus dilakukan agar bisa meningkatkan fisik pemain bola voli?
  4. Berapa lama bisa menjadi pemain bola voli yang hebat?
  5. Doa apa yang bisa diamalkan untuk bisa smash yang keras?
  6. Amalan apa yang cocok untuk pemain bola voli?
Dan masih banyak lagi pertanyaan yang muncul seperti diatas yang sudah saya sebutkan.

Dari pertanyaan tersebut hanyalah sepintas pertanyaan yang sering muncul dalam bermain bola voli, lantas apa yang harus dilakukan agar semua itu bisa dipenuhi. Jawabannya sebenarnya mudah saja, dan saya ganti bertanya balik, Apakah anda sudah benar-benar siap untuk menjadi pemain bola voli dan sudah siap resiko dan halangannya?

cara bermain bola voli

Yang pasti mereka menjawab siap, tetapi murid saya dalam beberapa minggu yang mengikuti ekstra voli dan saya berikan fisik yang keras hanya dari beberapa mereka saja yang bisa bertahan. Inilah bukti bahwa mereka tidak ada usaha dan niat yang keras sehingga dia tidak benar-benar mendalami permainan bola voli.

Bisa kita lihat saja di berbagai klub muda maupun senior bahwa pemain itu di gembleng dari mereka kecil atau bisa dibilang usia dini dan hasilnya sekitar umur 18 tahun keaatas, hal ini sudah biasa saja bagi saya, karena memang ada tahapan perkembangan umur untuk meningkatkan kualitas motorik ataupun cara berpikir.

Dari perkembangan itulah kita bisa menentukan kira-kira hasil dari latihan yang di lakukan selama bertahun-tahun secara rutin dan bertahap menjadi semakin keras latihannya.

Eh kok jadi melenceng kemana-mana ya !! itu hanya sedikit fakta dan realita yang ada, ok saya akan berikan ulasan bagi anda bagaimana cara bermain bola voli yang baik.

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum bermain bola voli adalah sebagai berikut :

Niat dan Usaha


Semua hal di dunia ini tanpa didasari niat dan kerja keras tidak akan membawa hasil, Memang kadang kita lagi senang-senangnya pada bola voli, tetapi ketika ada halangan sedikit saja kita menjadi berkurang niatnya, nah ini menunjukkan niat kita kurang begitu kuat. saran saya jika anda ingin menekuni bidang bola voli, niat yang kuat dan kerja keras dan disiplin latihan.

Penguasaan Teknik Bola voli


Penguasaan teknik bola voli wajib anda kuasai terlebih dahulu sebelum menjadi pemain bola voli yang handal, lantas apa saja tekniknya, ya ya kali ini tidak akan saya jelaskan disini, karena sudah saya paparkan jelas pada postingan beberapa silam yang lalu, silahkan anda bisa pelajari dan membaca terlebih dahulu mengenai : Teknik Dasar Bola Voli

Setelah pemahaman teknik dan pengusaan yang baik secara otomatis ketrampilan gerak motorik akan menjadi otomatisasi sehingga apapun yang anda lakukan akan tetap menjadi terbaik. seperti contoh dengan mengusai pasing bola voli yang baik pastinya dalam beberapa kasus bola sesulit apapun anda akan bisa melakukan pasing dengan baik, lain halnya jika asal-asalan, bisanya juga pada posisi enak saja.

Disiplin latihan dan Dilakukan secara kontinyu


Disiplin latihan bisa dikatakan anda melakukan latihan ini hampir setiap hari, latihan yang sesuai minimal yang harus anda lakukan adalah fisik secara rutin 3 kali seminggu, dan bermain secukupnya setiap hari. Secara umum dari beberapa buku yang saya pelajari bahwa keterampilan fisik yang tidak dilakukan selama 3 hari berturut-turut akan menurunkan ketrampilan tersebut. maka dari itulah disiplin latihan yang tinggi akan membuahkan hasil yang baik.

Tak hanya disiplin latihan saja yang harus anda pelajari, tetapi juga kontinyu, yang di maksud kontinyu adalah berkelanjutan, jadi latihan itu ada tahapannya, mulai dari latihan yang ringan ke yang lebih kompleks, latihan inilah yang akan semakin meningkatkan kemampuan anda dalam bermain bola voli.

Berdoa Jangan Lupa


Sebagi manusia yang punya agama pentingnya doa adalah sebagai dorongan spiritual bagi kita semuanya, sehingga akan memaksimalkan semua daya pikir, keterampilan yang ada pada diri kita semua, berdoalah agar latihan yang anda lakukan bisa meningkatkan kemampuan anda, dan berdoalah agar apa yang anda cita-citakan bisa cepat terlaksana.

Waktu Adalah Peluang yang berharga


Latihan bola voli dilakukan dalam kurun waktu yang lumyan lama, tidak hanya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan bahkan satu tahun saja, lihat saja beberapa klub terkenal mereka mempersiapkannya jauh-jauh hari, beda lagi kalau kita memasuki sesi latihan khusus bola voli memang ada planning latihan yang sudah saya sebutkan diatas.

Cukup sudah rasanya saya menjelaskan panjang lebar, karena tangan saya sudah capek juga, untuk info lebih lengkap akan saya bahas pada kesempatan yang mendatang, tetap mengenai bola voli, semoga menjadi sumber inspirasi baru bagi anda calon atlet muda bola voli,terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: