Cara Bermain Bola Voli Yang Baik

Bola voli sudah dikenal oleh kalangan masyarakat maupun kalangan pelajar, banyak even perlombaan yang diadakan di tingkat pelajar baik dari tingkat SMP / MTs maupun SMA/MA/SMK. semua even itu tujuan utamanya adalah untuk mencari seorang atlet sekaligus mengembangkan bakar dari seorang pelajar dan tingkat lanjutnya adalah penjaringan prestasi di bidang permainan bola voli.

Sebelum anda menekuni bidang olahraga ini alangkah baiknya jika anda benar-benar memahami apa saja yang harus dilakukan agar bisa menjadi pemain bola voli yang handal. semua itu tidak bisa diraih dengan mudah dan gampang, butuh perjuangan yang keras baik dari segi latihan ataupun pengalaman bermain yang baik.

Semua cabang olahrga tidak bisa di tempuh hanya dalam 1 tahun atau beberapa bulan saja, butuh waktu dan proses agar benar-benar bisa bermain yang baik, termasuk dalam bola voli ini.

Banyak dari murid-murid saya atau dari pengunjung blog ini yang sering bertanya pada saya, pertanyaan yang sering muncul adalah sebagai berikut ;
  1. Bagaimana cara bermain bola voli yang baik dan benar?
  2. Gimana supaya bisa smash keras dan tajam?
  3. Latihan apa saja yang harus dilakukan agar bisa meningkatkan fisik pemain bola voli?
  4. Berapa lama bisa menjadi pemain bola voli yang hebat?
  5. Doa apa yang bisa diamalkan untuk bisa smash yang keras?
  6. Amalan apa yang cocok untuk pemain bola voli?
Dan masih banyak lagi pertanyaan yang muncul seperti diatas yang sudah saya sebutkan.

Dari pertanyaan tersebut hanyalah sepintas pertanyaan yang sering muncul dalam bermain bola voli, lantas apa yang harus dilakukan agar semua itu bisa dipenuhi. Jawabannya sebenarnya mudah saja, dan saya ganti bertanya balik, Apakah anda sudah benar-benar siap untuk menjadi pemain bola voli dan sudah siap resiko dan halangannya?

cara bermain bola voli

Yang pasti mereka menjawab siap, tetapi murid saya dalam beberapa minggu yang mengikuti ekstra voli dan saya berikan fisik yang keras hanya dari beberapa mereka saja yang bisa bertahan. Inilah bukti bahwa mereka tidak ada usaha dan niat yang keras sehingga dia tidak benar-benar mendalami permainan bola voli.

Bisa kita lihat saja di berbagai klub muda maupun senior bahwa pemain itu di gembleng dari mereka kecil atau bisa dibilang usia dini dan hasilnya sekitar umur 18 tahun keaatas, hal ini sudah biasa saja bagi saya, karena memang ada tahapan perkembangan umur untuk meningkatkan kualitas motorik ataupun cara berpikir.

Dari perkembangan itulah kita bisa menentukan kira-kira hasil dari latihan yang di lakukan selama bertahun-tahun secara rutin dan bertahap menjadi semakin keras latihannya.

Eh kok jadi melenceng kemana-mana ya !! itu hanya sedikit fakta dan realita yang ada, ok saya akan berikan ulasan bagi anda bagaimana cara bermain bola voli yang baik.

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum bermain bola voli adalah sebagai berikut :

Niat dan Usaha


Semua hal di dunia ini tanpa didasari niat dan kerja keras tidak akan membawa hasil, Memang kadang kita lagi senang-senangnya pada bola voli, tetapi ketika ada halangan sedikit saja kita menjadi berkurang niatnya, nah ini menunjukkan niat kita kurang begitu kuat. saran saya jika anda ingin menekuni bidang bola voli, niat yang kuat dan kerja keras dan disiplin latihan.

Penguasaan Teknik Bola voli


Penguasaan teknik bola voli wajib anda kuasai terlebih dahulu sebelum menjadi pemain bola voli yang handal, lantas apa saja tekniknya, ya ya kali ini tidak akan saya jelaskan disini, karena sudah saya paparkan jelas pada postingan beberapa silam yang lalu, silahkan anda bisa pelajari dan membaca terlebih dahulu mengenai : Teknik Dasar Bola Voli

Setelah pemahaman teknik dan pengusaan yang baik secara otomatis ketrampilan gerak motorik akan menjadi otomatisasi sehingga apapun yang anda lakukan akan tetap menjadi terbaik. seperti contoh dengan mengusai pasing bola voli yang baik pastinya dalam beberapa kasus bola sesulit apapun anda akan bisa melakukan pasing dengan baik, lain halnya jika asal-asalan, bisanya juga pada posisi enak saja.

Disiplin latihan dan Dilakukan secara kontinyu


Disiplin latihan bisa dikatakan anda melakukan latihan ini hampir setiap hari, latihan yang sesuai minimal yang harus anda lakukan adalah fisik secara rutin 3 kali seminggu, dan bermain secukupnya setiap hari. Secara umum dari beberapa buku yang saya pelajari bahwa keterampilan fisik yang tidak dilakukan selama 3 hari berturut-turut akan menurunkan ketrampilan tersebut. maka dari itulah disiplin latihan yang tinggi akan membuahkan hasil yang baik.

Tak hanya disiplin latihan saja yang harus anda pelajari, tetapi juga kontinyu, yang di maksud kontinyu adalah berkelanjutan, jadi latihan itu ada tahapannya, mulai dari latihan yang ringan ke yang lebih kompleks, latihan inilah yang akan semakin meningkatkan kemampuan anda dalam bermain bola voli.

Berdoa Jangan Lupa


Sebagi manusia yang punya agama pentingnya doa adalah sebagai dorongan spiritual bagi kita semuanya, sehingga akan memaksimalkan semua daya pikir, keterampilan yang ada pada diri kita semua, berdoalah agar latihan yang anda lakukan bisa meningkatkan kemampuan anda, dan berdoalah agar apa yang anda cita-citakan bisa cepat terlaksana.

Waktu Adalah Peluang yang berharga


Latihan bola voli dilakukan dalam kurun waktu yang lumyan lama, tidak hanya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan bahkan satu tahun saja, lihat saja beberapa klub terkenal mereka mempersiapkannya jauh-jauh hari, beda lagi kalau kita memasuki sesi latihan khusus bola voli memang ada planning latihan yang sudah saya sebutkan diatas.

Cukup sudah rasanya saya menjelaskan panjang lebar, karena tangan saya sudah capek juga, untuk info lebih lengkap akan saya bahas pada kesempatan yang mendatang, tetap mengenai bola voli, semoga menjadi sumber inspirasi baru bagi anda calon atlet muda bola voli,terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

40 Responses to "Cara Bermain Bola Voli Yang Baik"

  1. Pengin belajar bermain bola voli yang baik kembali karena sudah lama enggak bermain olah raga ini, mas Purnama...Tapi jangan-jangan tubuh jadi sakit semua karena lama enggak latihan...hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya memang gitu pak, jika kita lama tidak melakukannya pertama kali akan menimbulkan sakit,bisanya penyesuai otot dulu pak

      Delete
  2. Setuju banget sama kata-kata ini mas...

    Waktu Adalah Peluang yang berharga

    ReplyDelete
  3. memang semua hal di dunia ini termasuk bermain bola voli tanpa didasari niat dan kerja keras tentu tidak akan membawa hasilnya yamas

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget mas, semua butuh waktu dan kerja keras, hasil di belakangan

      Delete
  4. alhamdulillah untuk teknik teknik sudah saya kuasai berkat latihan rutin yang berat dan ujung ujungnya saya sudah sangat jarang main volly lagi karena kerjaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu wajar mas, yang penting pernah bisa itu dah cukup, beda lagi sama anak pelajar yang masih banyak waktu latihan

      Delete
  5. saya kalau bermain voli tangan saya suka sakit mas hehe tapi kalau kita tahu tehnik dasarnya tentu bermain voli sangat menyenangkan ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakit bisa disebabkan karena memang jarang maen mas, kalau gak gitu perkenaan bola yang kurang pas,

      Delete
  6. Jika kita sudah tau akan teknik dasarnya tentu cara bermain olahraga Voli ini bisa kita lakukan dengan baik dan benar ya Pak . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tau teknik dasar itu tidak menjamin akan bisa secara umum menguasai bola mas...termasuk hal sederhana seperti passing...

      Delete
    2. hehehe sebenarnya belum mas hary, itu hanya langkah awal untuk bisa memainkannya, masih ada tingkat lanjut nya

      Delete
    3. bener banget tuh kata mas borneo, sebenarnya tidak hanya sekedar tahu, tapi sekedar bisa lebih baik kok, kalau tahu belum tentu bisa, tapi kalau bisa pasti tahu

      Delete
  7. ada temen saya mas di campusnya suka bermain voli pas udahnya tangan temen saya memar gitu mas mungkin itu salah ya mas cara memainkannya :) tapi alhamdulilah saya suka main voli engga gitu mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem bukan cuma salah, kadang memang gak pernah maen, jadi belum terbiasa aja mbak

      Delete
  8. terakhir main voli itu pas SMP, dan tangan selalu merah2 perih haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi asik kan kalau main voli...apa l;agi ada sidia juga yang neglihat atau ikut main, pasti semangat mainnya...iya gak gan?

      Delete
    2. itu namanya bukan maen mbak handriati tapi mencoba saja, kalau maen beneran pasti ga k merah tangannya

      Delete
    3. wakakaka kalau itu beda mbah borneo, itukan penyamengat tingkat tinggi,wakakakaa

      Delete
  9. Saya nggak begitu fasih bermain bola volly dan kalau main bola volly suka memar-memar gitu tangannya :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheeh wajar itu mbak, lakukan rutin aja pasti nanti hilang memarnya

      Delete
    2. persis kayak saya itu mas, pada waktu latihan ya gitu tangannya malah gosong semua,tapi pada waktu SMA dulu,sekarang takut deh

      Delete
    3. kalau dilakukan terus malah aman mbak sebernarnya,itu hanya adapatasi sementara kok

      Delete
  10. kebetulan saya juga suka main volly dulu mas. tapi saya kurang bagus kalau stopper....kalau smash sih kayaknya lumayanlah mas. namun ya itu tadi kelemahan paa stopper dan sekarang udah gak pernah main lagi...karena orang dikampung sekarang pada sibuk ngasah batu ketimbang main voli....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok stoper to mbah, ah itu yang menghentikan nanti, yang benar itu set upper mbah, artinya jadi pengumpan, wah kalau gitu mbah ini suka ngrusuhin voli ya, jadi ketika ada orang main terus stoper datang pemainnya di usir deh,wakakakaka

      Delete
  11. Saya dari dulu hanya bisa main voli gitu2 aja mas, tahu mukul bola, tahu ngarahkan dan main aja....maklum badan saya ngga cukup tinggi untuk bersaing di voly

    ReplyDelete
    Replies
    1. postur juga pengaruh mas, tapi ketrampilan seseorang tidak pernah diduga kok, banyak pemain bola voli postur pas-pasan tapi maennya bagus

      Delete
  12. kayaknya asyik nih mas kalau bisa main voli,sayangnya saya tidak bisa, lihat bola sevis aja pada kabur, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan cewek juga itu masalahnya mbak, takut deh

      Delete
  13. bagaimana kalo kita bikin grup voly :D
    saya ga bakat main bola voly mas, bolanya keras sakit juga ke tangan hadeuh.saya menonton saja deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe silahkan jadi sporter bola voli yang baik ya mas

      Delete
  14. Udah lama gak pernah main voli lagi. Terakhir main voli waktu SMA, tepatnya 8 tahun yang lalu. Sepertinya sekarang bakalan kaku kalau di ajak main voli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 mas nanti pasti bisa lagi, ayo maen lagi mas

      Delete
  15. kalo dulu waktu masih SMA disuruh main voli sama guru olah raga, servicenya saya jelek banget mas..hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang latihan tandanya itu mbak,ayo latihan lagi

      Delete
  16. klo saya jarang main voli,sukanya main sepakbola mas,seru soalnya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 mas, tiap orang punya bakat dan hobi masing-masing, yang penting dikembangan kan saja ya

      Delete
  17. Saya cuma tahu mukul aja

    ckckc

    dulu pas seolah memang lebih milih voli sih daripada sepak bola,
    Tapi nggak tahu bner semua tekhniknya, cuma hapal yang bagian service doang

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.