Ciri-Ciri Latihan Kelincahan ( Agility )

Ciri-Ciri Latihan Kelincahan ( Agility ) ~ Dalam olahraga apapun bentuk upaya peningkatan keterampilan maupun dalam latihan pastinya ada beberapa unsur kondisi fisik yang perlu dikembangkan. Latihan kelincahan sendiri adalah latihan yang sering di gunakan untuk olahraga tertentu yang memerlukan tingkat kelincahan yang tinggi.

Bentuk latihan kelincahan sendiri beraneka ragam tergantung dari olahraga yang di minati dan ingin dikembangkan untuk memperoleh kondisi fisik yang optimal,salah satu bentuk latihan kelincahan diantaranya adalah : standing broad jumping atau guling ke belakang, melakukan shuttle run / lari bolak balik dan masih banyak yang lainnya, nanti bisa anda baca lebih lanjur dibawah ya; Latihan kelincahan adalah salah satu bagian dari 10 komponen kondisi fisik yang wajib anda ketahui untuk bisa melatih atlet dan jika anda ingin latihan sendiri, setidaknya tahu cabang olahraga beserta komponen kondisi fisik yang perlukan.

Sebelum mengetahui apa itu ciri-ciri latihan kelincahan anda harus memperhitungkan beban,frekuensi dan waktu yang di tentukan, kali ini volimaniak akan memberikan sedikit pengetahuan kepada anda semuanya mengenai ciri-ciri latihan kelincahan / agility. berikut rincian lebih detailnya;
ciri-ciri latihan kelincahan,bentuk latihan kelincahan

Pengertian Kelincahan / Agility


Kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk mengubah poisi diarea tertentu, seseorang yang mampu mengubah satu posisi yang berbeda dalam kecepatan tinggi dengan koordinasi yang baik, berarti kelincahanya cukup baik (M. Sajoto, 1988:59). Kelincahan adalah kemampuan untuk merubah arah dengan cepat dan efektif sambil bergerak atau berlari hampir dengan kecepatan penuh (E.R. Dwi Kusworo:2000:3). Tes yang digunakan untuk mengukur kelincahan seseorang yang sangat sederhana adalah suttle-run dan dodging-run.

Ciri-Ciri Latihan Kelincahan ( Agility )


Dari pengertian latihan kelincahan diatas setiap latihannya memiliki ciri-ciri sebagai berikut;
  1. Bentuk-bentuk latihannya harus ada gerakan merubah posisi dan arah badan.
  2. Rangsangan terhadap pusat saraf sangat menentukan berhasil tidaknya suatu latihan kelincahan, mengingat koordinasi dan kecepatan merupakan unsur yang urgen bagi baiknya kelincahan.
  3. Adanya rintanga-rintangan untuk bergerak dan mempersulit kondisi-kondisi alat,lapangan dsb.
  4. Ada pedoman waktu yang pasti dalam latihan.

Cara Latihan Kelincahan  / Bentuk Latihan Kelincahan


Bentuk latihan kelincahan dapat dilakukan dalam bentuk lari bolak-balik (shuttle-run), lari kulak-kelok (zig-zag run), jongkok-berdiri (squat-thrust), dan sejenis lainnya. 
Zig Zag 
  1. Cara latihan kelincahan  lari zig zag sambil menggiring bola agar kelincahan anda lebih terasa.kombinasikan kelincahan dan kecepatan dgn lari zig zag tanpa bola. Lakukan juga lari dgn loncatan agar dapat mendukung kekuatan pergelangan kaki anda, karena percuma aja kecepatan dan kelincahan tanpa kekuatan. Catatan: Gunakan stopwatch setiap kali latihan
  2. Lari zig zag menggunakan kerucut plastik. Jaraknya 2-3m.. -Istirahat dan makan harus teratur.

Shutle run

  1. Lakukan shutle run atau lari bolak balik dengan jarak 8-10m 3-5kali putaran dengan repetisi 8kali. 
  2. Lari zig zag dengan dipasangi tongkat atau benda lainya jarak antara tongkat satu dengan lainya berjarak 3-5m dengan jumlah tongkat 10-15 tongkat. 
  3. Lakukan variasi untuk melukan speed dan agility seperti,,lari sprint 25-50m tapi pada saat sebelum start lakukan lari ditempat dengan mengangkat lutut serata air beberapa detik setelah itu loncat setinggi tingginya segera setelah itu lri sekencang kencangnya. Menurut informasi yang saya dapatkan untuk melatih kecepatan dan kelincahan, larilah (jogging tp mendekati sprint) 12 menit, atau mudahnya lari 12 menit dan min mendapatkan 6 putaran didalam lapangan sepak bola atau stadion.  

Drill box agility

  1. Menandai persegi sekitar 6 meter X 6 meter.
  2. Tempatkan kerucut di tengah. This is the starting position. Ini adalah posisi awal.
  3. Pelatih panggilan keluar nomor / huruf secara acak.
  4. sprint pemain untuk kerucut dan mengaduk-aduk kembali ke tengah.
  5. Segera setelah mereka tiba di pusat, pelatih nomor panggilan lain / huruf.
  6. Ulangi untuk 60-90 detik
Nah itulah sedikit uraian yang harus anda ketahui sebelum anda mulai melatih atlet anda ataupun anda yang ingin berlatih kelincahan setidaknya mengerti dan memahami apa sebenarnya latihan kelincahan itu dan ciri-ciri latihan kelincahan seperti apa, cukup sekian dulu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat,terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: