Makalah Permainan Tenis Meja

Makalah Permainan Tenis Meja ~ Dalam upaya menambah wawasan anda dalam bidang olahraga khususnya permainan tenis meja, tentunya dalam proses belajar mengajar anda akan diberikan tugas oleh seorang guru penjas ataupun pada waktu kuliah di berikan tugas untuk membuat makalah tenis meja.

Untuk membantu rekan pembaca semua dalam membuat makalah olahraga tenis meja kali ini volimaniak akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai tenis meja khususnya makalah tenis meja, anda bisa mendownloadnya melalui link yang sudah saya siapkan.

Sebelum melihat semua isi makalahnya perlu anda ketahui bahwa dalam makalah tenis meja ini bersifat materi umum tenis meja anda bisa merubah nya ataupun dijadikan refrensi dalam pembuatan makalah.

Akan saya berikan sedikit ulasan yang ada dalam isi makalah tenis meja, berikut contoh rincian yang ada.

Latar Belakang

makalah permainan tenis mejaDizaman modernisasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, semua kegiatan aktivitas manusia menjadi sangat mudah untuk dilakukan terutama bagi kehidupan – kehidupan di perkotaan. Dengan segala sarana dan fasilitas yang memadai membuat semua pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepat untuk diselesaikan.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, manusia terkadang melupakan sesuatu hal yang penting dalam kehidupannya yaitu kesehatan untuk tubuhnya sendiri. Dengan terlalu padatnya jadwal kerja yang dimiliki, membuat manusia tidak pernah merawat  kesehatan tubunya. Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar manusia dapat melakukan olahraga.

Olahraga adalah suatu aktivitas untuk melatih tubuh seseorang baik secara jasmani maupun secara rohani. Terdapat slogan yang menyebutkan “Men sana in corpora sano” yaitu di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat yang berarti dalam upaya meningkatkan ketahanan tubuh tidak hanya dibutuhkan badan yang sehat, namun juga jiwa yang sehat. Olahraga sebenarnya tidak memerlukan waktu yang cukup lama dan tidak mengeluarkan biaya yang mahal tapi tetap saja banyak orang yang memandang olahraga dengan sebelah mata dan belum memahami betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh manusia adalah permainan tenis meja.

Tenis meja, atau ping pong (sebuah merek dagang), adalah suatu olahraga raketyang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Permainan tenis meja di Indonesia baru dikenal pada tahun 1930. Pada masa itu hanya dilakukan di balai-balai pertemuan orang-orang Belanda sebagi suatu permainan rekreasi.Hanya golongan tertentu saja dari golongan pribumi yang boleh ikut latihan, antara lain keluarga pamong yang menjadi anggota dari balai pertemuan tersebut.Sebelum perang dunia ke II pecah, tepatnya tahun 1939, tokoh-tokoh pertenismejaan mendirikan PPPSI (Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia).Pada tahun 1958 dalam kongresnya di Surakarta PPPSI mengalami perubahan nama menjadi PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia).

Tahun 1960 PTMSI telah menjadi anggota federasi tenis meja Asia, yaitu TTFA (Table Tennis Federation of Asia).Perkembangan tenis meja di Indonesia sejak berdirinya PPPSI hingga sekarang bisa dikatakan cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perkumpulan-perkumpulan tenis meja yang berdiri, serta banyaknya pertandingan tenis meja yang dilakukan, misalnya dalam arena : PORDA, PON, POMDA, POSENI di tingkat SD, SMP, SMA serta pertandingan-pertandingan yang diselenggarakan oleh perkumpulan-perkumpulan tenis meja, instansi pemerintah atau swasta atau karang taruna dll.Indonesia selalu di undang dalam kejuaraan-kejuaraan dunia resmi setelah Indonesia terdaftar sebagai anggota ITTF pada tahun 1961.Selain kegiatan-kegiatan pertandingan tersebut, hal lain yang patut dicatat dalam perkembangan pertenismejaan nasional adalah berdirinya Silatama (Sirkuit Laga Tenis Meja Utama) yang dimulai pada awal tahun 1983, yang diiselenggarakan setiap 3 bulan sekali serta Silataruna yang kegiatannya dimulai sejak 1986 setiap 6 bulan sekali.

Dalam perkembangan yang sangat pesat, para pengemar olahraga tennis meja dituntut untuk mempelajari dan menganalisa kepesatannya lebih mendalam hingga ke detil-detilnya. Dengan demikian, kita akan mengetahui cara-cara terbaru yang akan membawa para pemain meningkatkan mutu teknik bermain dan bertanding yang akan menuju kea rah keberhasilan. Kita tentu sependapat bahwa tingkat kesempurnaan hanya akan terwujud melalui system latihan yang penuh disiplin disertai keteguhan hati dalam meraih kesuksesan.

Bermain tennis meja ada dua tenaga yang paling mendasar; yang satu adalah tenaga pukulan membentur bola yamg lebih di kenal dengan sebutan memukul, dan yang satunya lagi adalah tenga pergesekan yang lebih di kenal dengan sebutan mengesek bola. Selain bola yang tinggi dekat net., dapat di pukul secara ringkas, memukul bola-bola yang lainya harus dilengkapi dengan gesekan. Apabila diuraikan, di sini mengandung dua arti:
  1. pada saat pukulan half volley, yang diutamakan adalah pukulan, sedangkan pergesekan hanya merupakan factor penunjang. Memukul dapat menambah kecepatan dan tenaga bola, mengesek dapat menimbulkan bola berputaran atas (topspin). Putaran atas berguna untuk menciptakan garis kurva yang sesuai dengan pukulan.
  2. Pada saat menciptakan putaran seperti bola loop drive, haruslah mengutamakan pergesekan. Akan tetapi, mengejar tuntutan pergesekan secara monoton malah akan berakibat sebaliknya. Gesekan akan terlalu tipis, menyebabkan kurangnya kurangnya tenaga putaran bola dan sulit untuk mengorbitkan bola yang berputaran dua.
Itu adalah cuplikan dari latar belakang dari makalah olahraga tenis meja yang sudah saya kemas dalam format word, untuk mendapatkannya silahkan bisa mendownloadnya melalui link dibawah ini:


Cukup sekian dulu semoga bisa bermanfaat, dan membantu rekan semua dalam mengerjakan tugas membuat makalah materi tenis meja,semoga bisa bermanfaat, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

10 Responses to "Makalah Permainan Tenis Meja"

  1. baru tau sejarah ping pong ternyata merk dagangan

    ReplyDelete
  2. kalo disekolah saya dulu ga ada tenis meja sih makanya saya baru tau disini mas.hehe
    mas pur ini guru olahraga yah,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, saya memang ngajar olahraga

      Delete
  3. akhirnya artikel tentang olahraga kegemaran saya muncul juga, maklumlah mas, terlalu hobi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya pak, suka dengan tenis meja pasti pak ibrahim ini

      Delete
    2. bener kayaknya tahu sekali tentang tenis meja mas

      Delete
  4. ijin download makalah tenis meja ya mas, buat tugas adek nih

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close