Manfaat Renang Untuk Kesehatan

Renang adalah salah satu olahraga air atau dikenal dengan olahraga aquatik dan agaknya jaman sekarang ini hampir semua orang mengenal apa itu renang, dan tak sedikit orang yang hobi dan suka melakukan rutinas berenang di sela-sela hari libur atau waktu tertentu.

Memang jika kita analisa dengan seksama manfaat renang sangat banyak sekali dan tujuan utamanya adalah menjaga kesehatan dan membuat tubuh selalu dalam keadaan bugar dan segar setiap hari. pastinya anda juga sering melakukan renang kan.

Manfaat berenang bisa kita rasakan jika kita melakukannya dengan benar, baik pola berenang dan juga gaya renang yang tepat sesuai yang anda bisa, jangan renang asal-asalan ya nanti bisa berefek yang tidak bagus dan juga jika belum bisa berenang jangan sekal-kali renang di kolam yang dangkal tanpa sepengetahuan orang banyak,

Mau tahu info lebih lanjut apa saja manfaat olahraga renang itu, nah disini anda datang pada web yang tepat karena volimaniak ini menyajikan berbagai info kesehatan dan olahraga baik untuk semua umur.
manfaat renang
Sebelum anda melakukan rutinitas dan ingin menjaga kesehatan dengan renang, alangkah baiknya anda belajar teknik berenang yang baik, anda bisa berlatih sendiri maupun dengan panduan seorang pelatih, karena dengan penguasaan teknik dasar renang yang baik akan membawa banyak manfaat dan tidak beresiko yang fatal.

Mari untuk lebih lanjut kita bahas beberapa manfaat renang, berikut rincian lebih lengkapnya;

Manfaat renang


Melatih Pernafasan


Salah satu olahraga yang dapat melatih pernafasan dan memperkuat nafas adalah berenang. Olah raga air seperti berenang membutuhkan pernafasan yang kuat agar mampu menyelam dalam waktu yang lama. Sistem kerja pernafasan secara sendirinya akan terlatih menjadi lebih panjang saat berenang. Gerakan pada berenang ini juga meliputi seluruh otot anggota gerak tubuh jadi berenang secara teratur dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru menjadi lebih lancar yang penting untuk memberikan pernafasan lebih panjang.

Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang


Anda bisa mengamati atlet renang di seluruh dunia, ada berbagai kelebihan bagi mereka yang menekuni olahraga ini yaitu kuatnya otot dan tulang. Anda tentu bisa melihat bagaimana otot mereka yang memiliki hobi berenang, terlihat lebih keras dan sangat ideal.

Meninggikan Badan


Salah satu tips yang paling penting dalam upaya anda meninggikan badan adalah dengan berenang. Selain basket, berenang adalah salah satu jenis olahraga yang paling efektif untuk membuat badan anda lebih tinggi dibandingkan dengan olahraga lainnya. Tidak percaya ? berenang dari berbagai penelitian menempati urutan teratas dalam upaya anda memberikan tinggi badan yang optimal.

Sehat Untuk Jantung


Berenang dapat anda gunakan untuk membantu kesehatan jantung dan memperoleh kesehatan alami serta meningkatkan sistem pernafasan tubuh anda. Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang sehat untuk jantung.

Bentuk tubuh ideal


Anda kesulitan fitness dan tidak berhasil mendapatkan tubuh yang ideal, ada baiknya mempertimbangkan untuk rutin berenang. Berenang sangat efektif dalam membentuk tubuh yang ideal terutama Bisep. Berenang juga memungkinkan semua anggota tubuh bergerak dengan sempurna, dengan berenang maka bisep akan terbentuk lebih sempurna. Tentu otot di bagian tangan dan kaki juga akan terbentuk secara alami.

Meredakan stress


Banyak gerakan dalam air dan berenang ini mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak sehingga suasana hati lebih tenang dan nyaman sehingga ini bisa menurunkan tingkat stresor kita. Bersentuhan dengan air pun membuat tubuh lebih sejuk sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh


Manfaat berenang sudah sangat lazim dilakukan untuk pembentukan postur tubuh yang indah serta menjadikan tubuh bugar sepanjang hari. Olahraga renang memang menyehatkan dan juga memberikan dampak terhadap kebugaran. Berenang adalah aeriobik air yang jika dilakukan minimal selama 20 menit dengan irama dan teknik sama pada kecepatan yang konstan, akan membantu meningkatkan kebugaran, merangsang metabolisme dan membakar lemak tubuh. Seperti yang sama dilakukan saat membakar lemak sewaktu senam aerobik.

Meredakan radang sendi


Postur tubuh terutama daerah punggung ini bisa diperbaiki dengan berenang. Latihan berenag bisa mengurangi masalah yang menyerang tulang belakang. Gerakan motorik secara konstan baik tangan ataupun kaki dapat memperkuat otot sehingga lebih kencang.

Menurunkan Berat Badan


Berenang adalah olahraga yang paling efektif untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh, dengan rutin berenang maka anda dapat menurunkan berat badan dengan mudah. Setidaknya telah banyak masyarakat dan individu yang memanfaatkan berenang untuk menurunkan berat badan dalam tubuhnya dan hasilnya sangat efektif.

Menurunkan Risiko Terkena Diabetes


Berenang juga sangat efektif untuk menghindari anda dari terkena diabetes, olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan dan membakar kalori dan lemak serta gula dalam darah agar anda terbebas dari diabetes.

Alternatif rekreasi & meningkatkan mood


Berenang merupakan salah satu rekreasi yang sangat menyenangkan, ia juga bukan sekedar digunakan untuk olahraga. Namun beberapa orang memanfaatkannya untuk rekreasi dan menghilangkan stress. Tak heran jika sebagian besar tempat rekreasi keluarga terdapat kolom renang yang dapat anda manfaatkan.

Alternatif terapi ketika cidera


Banyak atlet yang cidera diminta untuk menjalankan terapi berenang untuk mempercepat penyembuhan cidera yang mereka alami. Tentu anjuran ini harus berdasarkan dari permintaan dari terapist dan tidak boleh dilakukan tanpa pengawasan ahli. Rehabilitasi dengan berenang dalam menyembuhkan cidera sudah banyak dilakukan berbagai atlet sepak bola, basket, hingga atlet badminton.

Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh


Berenang akan melatih pergerakan kaki, tangan, kepala, dan seluruh anggota tubuh lainnya. Tidak ada salahnya bahwa orang yang rajin berenang akan memiliki tubuh yang lebih fleksibel untuk berbagai gerakan.

Usia Lebih Panjang


Jika anda ingin mendapatkan usia yang lebih panjang dan sehat, tidak ada salahnya anda melakukan olahraga renang secara rutin. Renang dari berbagai studi yang telah dilakukan diyakini dapat membantu dalam meningkatkan usia agar lebih panjang dan tetap bugar di hari tua.

Itulah beberapa manfaat renang yang bisa volimaniak share pada kesempatan kali ini,semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan bisa dijadikan refrensi, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

6 Responses to "Manfaat Renang Untuk Kesehatan"

  1. kalau saya berenang ni ya mas, gayanya cuma satu, yaitu gaya batu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung tenggelam berarti ya mas, hehehehe

      Delete
  2. nggk terlalu mahir dalam olahraga renang ini mas,sering kelelep kalo mencoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe gak apa2 mas, latihan renang dulu mas biar bisa berenang

      Delete
  3. Manfaatnya banyak sekali ya, dulu waktu masih SMP saya hobi renang (ya walaupun renang di kali) hehehe, maklum orang kampung. sama hobi main basket, dulu badan ku tinggi tp setelah lulus SMP dan masuk SMA sudah hampir tidak kenal lagi yg nama nya renang dan bola basket. dulu tinggi ibu ku sekitar pundak eh sekarang tinngi nya hampir sama. tolong jelaskan mas, apakah badan kita bisa jadi pendek karna tak pernah olahraga dan hampir sering bawa barang berat (nguli).
    Terima kasih & salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya renang ini mencakup gerak seluruh anggota badan, jadi banyak disarankan untuk yang ingin tambah tinggi bisa mencoba renang mas

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.