Peralatan Yang Di Gunakan Pada Senam Ritmik / Irama

Peralatan Yang Di Gunakan Pada Senam Ritmik / irama ~ Pastinya anda sudah pernah mendengarkan apa itu senam ritmik / irama. yah senam irama juga memiliki banyak jenisnya salah satunya adalah senam SKJ dan juga bentuk lain senam aerobik. tak hanya itu saja senam irama / ritmik adalah membentuk sebuah pola gerakan yang membutuhkan kelenturan badan dan hampir olahraga senam membutuhkan kondisi fisik kelenturan.

Saya perjelas sedikit lagi pengertian senam ritmik adalah Gerak irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan lain-lain. Gerak berirama merupakan senam yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau rasa keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak. Secara prinsip antara senam biasa dan gerak berirama tidak ada perbedaan, hanya saja pada gerak berirama ditambahkan irama (ritme). Tekanan yang harus diberikan pada gerak berirama ialah irama, kelentukan tubuh, dan kontinuitas gerakan.

Lantas setelah kita mengetahui apa itu senam irama, apa alat yang digunakan dalam senam irama itu? disini anda akan menemukan jawabannya sesaat lagi dan semua alat ini juga sifatnya menyesuaikan dengan kondisi dimana anda berlatih, anda pun bisa memodifikasinya seuai karakter anda.

Langsung saja sebagai bahasan senam irama kali ini volimaniak akan berbagi kepada anda semuanya mengenai Peralatan Yang digunakan pada senam ritmik / irama, berikut rinciannya;

Peralatan Senam Irama / Ritmik

Ada beberapa macam alat senam ritmik dan ini pun memiliki fungsi masing-masing untuk penjelasannya silahkan bisa anda baca lebih lanjut ;

1. RHYTHMIC BALL

Peralatan Yang Di Gunakan Pada Senam Ritmik / IramaPersyaratan bola tergantung pada usia dan tingkat pesenam.Anak-anak harus menggunakan bola dengan diameter antara 14dan 20cm; semua tingkatan lain menggunakan satu dengandiameter 18-20cm.

Berat bola juga berbeda berdasarkan tingkat pesenam. Tingkat9 / 10 pesenam harus menggunakan bola yang beratnya minimal400 gram dan tingkat 5-8 pesenam harus menggunakan salah satu yang beratnya 330 gram setidaknya. Pesenam tingkat yang lebih rendah dapat menggunakan bola yang lebih ringan dengan berat minimal 200 gram.

2. BERIRAMA GADA (RHYTHMIC CLUBS)


Pesenam A akan menggunakan dua klub per rutin. Klub, alatberbentuk botol, harus antara 40 sampai 50cm panjang danharus mempertimbangkan setidaknya 150 gram. Bagian tasklub memiliki diameter maksimum 3cm.
alat senam irama

3. PITA BERIRAMA (RHYTHMIC RIBBONS)


Pita dibagi menjadi dua bagian: tongkat yang menempel padapita dan pita itu sendiri. Tongkat adalah 50-60cm panjang dan memiliki diameter maksimum  1cm. Lampiran digunakan untuk menghubungkan pitamenempel tidak boleh lebih dari 7cm. Pita harus minimal 6m panjang (5 meter untuk usia SMP dan 4,5meter untuk anak-anak) dan 4-6 cm lebar. Pasti beratnya (tanpatongkat) minimal 35 gram (30 gram untuk usia SMP dan 20 gramuntuk anak-anak).

peralatan senam irama / ritmik

4. BERIRAMA SIMPAI (RHYTHMIC HOOP)

Berirama rope juga disebut dengan holahop dan ini banyak digunakan oleh anak-anak SD untuk latihan senam irama dengan memutarkan pada badan baik dari tangan,kaki,pinggang dan sejenisnya, adapaun ukurannya adalah sebagai berikut;

  • Lingkaran itu harus memiliki diameter interior 80 sampai 90cmdan berat minimal 300 gram. 
  • Untuk anak-anak, diameterlingkaran adalah ditentukan oleh ukuran pesenam dan harusberat 225 gram.

alat yang digunakan senam irama / ritmik

5. BERIRAMA ROPE (Rhythmic Rope)

  • Panjang tali dalam proporsi dengan tinggi pesenam. Tali dapat
  • memiliki bahan anti slip, yang tidak dapat mencakup lebih dari10cm
Peralatan Yang Di Gunakan Pada Senam Ritmik / Irama
Nah sekarang sudah tahu kan apa saja peralatan yang digunakan dalam senam irama / ritmik itu, cukup sekian dulu ya kita sambung di kesmpatan yang akan datang dalam topik senam irama, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

2 Responses to "Peralatan Yang Di Gunakan Pada Senam Ritmik / Irama"

  1. Alat-alatnya lucu, ada yang kaya sumpit tuh alatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mbak, tapi kalau dirangkai dalam gerakan ,senam irama akan unik lo

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.