Olahraga Permainan Tenis Meja Tenis Meja / Ping Pong

Tenis meja, atau ping pong (sebuah merek dagang), memiliki pengertian suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Di Republik Rakyat Tiongkok, nama resmi olahraga ini ialah "bola ping pong" (Tionghoa : 乒乓球; Pinyin : pīngpāng qiú). Permainan ini menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang biasa disebut bet, sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja. Induk Olahraga tenis meja di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia)[1] dan di dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation) yang anggotanya mencapai 217 negara dan PTMSI tercatat sebagai Anggota ITTF sejak tahun 1961.

Masyarakat pada zaman sekarang umumnya disibukkan dengan aktifitas-aktifitas yang ada dalam kehidupan, misalnya bekerja. Masyarakat sering melupakan kesehatan bagi dirinya sendiri. Padahal kesehatan merupakan anugerah yang harus kita jaga dan kita syukuri. Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat positif, baik itu olahraga untuk kesehatan ataupun olahraga untuk prestasi. Olahraga untuk kesehatan banyak sekali pilihannya, salah satunya yaitu olahraga tenis meja.

tenis meja,pengertian tenis meja,teknik dasar tenis meja,peraturan tenis mejaPermainan Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang memasyarakat. Olahraga tenis meja digemari di kalangan masyarakat, baik itu masyarakat kota maupun masyarakat desa. Olahraga ini juga tidak memerlukan orang yang banyak untuk memainkanya, dengan dua orang saja olahraga tenis meja sudah bisa dimainkan. Olahraga tenis meja merupakan olahraga yang simple, karena tidak membutuhkan tempat yang luas untuk memainkannya. Olahraga yang diawali dengan service ini banyak di sukai di semua kalangan masyarakat, karena harga peralatannya yang mudah didapat dan tidak terlalu mahal bagi semua kalangan. Tenis meja dapat dimainkan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, permainan ini juga dapat dimainkan kapan saja, baik siang ataupun malam hari. Namun kebanyakan kalangan masyarakat yang gemar bermain tenis meja melakukannya malam hari, karena malam hari di anggap waktu yang cocok untuk bermain tenis meja. Selain itu, waktu malam hari hembusan angin yang bertiup sudah sedikit berkurang dibandingkan dengan siang hari.

Olahraga tenis meja mempunyai ciri khas tersendiri, hal ini disebabkan karena jenis bola, alat pemukul, cara memukul, lapangan serta peraturan permainannya. Terutama karena laju bola yang sangat cepat dan alat pemukulnya yang menggunakan lapisan karet atau busa berlapis karet yang beraneka jenis, maka olahraga ini kaya akan variasi permainan. Bagi pemain yang mahir olahraga ini dapat menciptakan gerakan-gerakan yang bernilai seni yang sangat indah. Untuk mendapatkan gerakan-gerakan yang indah harus berlatih baik itu teknik maupun fisik. Maka dari itu olahraga tenis meja merupakan salah satu olahraga yang cukup sulit untuk dipelajari.

Dalam olahraga tenis meja banyak hal yang harus diperhatikan, antara lain mengamati arah bola yang datang dari lawan, memperhitungkan kecepatan putarannya. Beberapa hal tersebut di atas secara keseluruhan harus dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, maka permainan tenis meja yang bermutu hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang dapat melakukan sesuatu dengan cepat dan cermat. Untuk menjadi pemain tenis meja yang cepat dan cermat perlu adanya latihan yang teratur, harapannya yaitu menguasai teknik dasar permainan tenis meja, yaitu forehand drive dan backhand drive.

Teknik dalam permainan tenis meja sangat bervariasi. Menurut Sutarmin (2007: 15) keterampilan permainan tenis meja meliputi: (1) teknik memegang bet (grip), (2) servis (servise), (3) teknik gerakan kaki (foot work). Tiap-tiap teknik peran yang sangat penting dalam perminan tenis meja. Bila pemain memiliki kemampuan pukulan yang baik, namun tidak didukung oleh gerakan kaki yang baik, maka pemain tersebut masih kurang sempurna. Oleh karena itu altet perlu mendapat pematangan dalam menguasai teknik-teknik latihan yang ada dari pelatihnya.

Berkaitan dengan macam-macam teknik dasar tenis meja di atas, penelitian ini akan mengkaji dan meneliti kemampuan ketepatan pukulan. Seluruh permainan tenis meja dilakukan dengan memukul bola. Pukulanpukulan tenis meja di antaranya adalah pukulan forehand drive, backhand drive, lob, blok, chop, servise dan smash. Berkaitan dengan jenis-jenis pukulan tenis meja, penelitian ini akan mengkaji dan meneliti jenis pukulan forehand drive dan backhand drive.

Salah satu teknik dasar pukulan yang penting dalam perminan tenis meja adalah forehand drive dan backhand drive. Teknik ini perlu dikuasai oleh atlet, bahkan menjadi salah satu teknik yang wajib dimiliki.

Sejarah Tenis Meja


Untuk sejarah tenis meja juga sudah saya singgung dan saya jelaskan pada postingan yang lalu, tetapi kali ini akan saya singgung sedikit untuk mengulang materi tenis meja.Sejarah tenis meja sendiri berawal di Inggris. Situs pongworld menyebutkan bahwa ping pong dimulai sebagai hobi sosial di Inggris yang mencuat akhir 1800-an. Meja makan dan bola yang terbuat dari gabus menjadi perangkat pertama yang digunakan. Boleh jadi mereka menyebut permainan itu sebagai gossima, flim-flam, atau ping pong.

Ketika abad berganti, permainan itu pun mengalami sejumlah perubahan di Inggris. Belakangan, ada yang memperkenalkan bola seluloid pada permainan itu, sedangkan yang lain menambahkan karet pada bet yang terbuat dari kayu. Namun, belakangan seperti dilansir situs geocities.com, olahraga ini juga populer di Amerika Serikat (AS) sekitar 1900-an. Sayang, permainan ini mulai kehilangan popularitas. Tapi secara bersamaan muncul satu gerakan simultan yang dimulai dari sejumlah kawasan di dunia berupaya menghidupkan kembali ping pong sebagai olahraga serius pada 1922. Hasilnya, terbentuklah Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) yang terdiri atas 140 negara anggota pada 1926. ITTF juga menjadi sponsor individu dan tim yang bermain di kejuaraan dunia yang diselenggarakan dua tahun sekali.

Teknik dasar tenis meja


Teknik dasar tenis meja secara umum dibagi menjadi beberapa bagian yaitu sebagai berikut ;

Teknik Memegang Bet 


Teknik memegang bet pada tenis meja wajib anda pelajari terlebih dahulu untuk bisa bermain tenis meja. mana mungkin anda bisa bermain tanpa tahu cara memegang bet tenis meja. walaupun bisa juga pasti akan sangat kacau permainannya. Untuk pembagiannya akan saya jelaskan di postingan berikutnya.

Teknik Memukul 


Dalam permainan tenis meja tehnik memukulnya hampir sama seperti olahraga badminton, tenis lapangan, karena pada dasarnya ada 2 teknik memukul yaitu forehand dan backhand. Block Block di gunakan untuk mengembalikan pukulan keras lawan atau biasanya disebut smash, tujuan dari blok ini untuk membendung atau mematahkan serangan lawan

Servis 


Servis juga merupakan bagian yang penting dalam tenis meja, seperti tujuan dari servis adalah untuk memulai pertandingan, jadi anda wajib belajar bagaimana cara melakukan servis yang benar pada tenis meja. untuk secara detailnya tunggu ya postingan berikutnya

Pengaturan Kaki 


Pengaturan kaki sangat penting dalam bermain tenis meja,tetapi banyak pemain yang tidak menyadarinya. Banyak pemain yang menempatkan posisi kaki di tengah meja sehingga kesulitan saat melakukan blocking

Peraturan tenis meja


Untuk peraturan tenis meja ini sudah saya bahas lengkap tidak perlu saya jelaskan panjang lebar disini karena banyak sekali penjelasannya, silahkan anda bisa baca peraturan tenis meja.

Itulah sedikit uraian singkat dalam tenis meja, semoga bisa menambah pengetahuan anda dan juga jika anda ingin membutuhkan materi tenis meja bisa mengambil dari sini dan untuk membuat makalah tenis meja tinggal anda susun sendiri ya, cukup sekian dulu terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: