Cara Mengisi Data Sarpras Pada Aplikasi Dapodikmen 8.2.0

Bagaimana kabar hari ini rekan operator semuanya, saya harap dalam keadaan baik-baik saja, mengingat munculnya update aplikasi dapodikmen 8.2.0 kita harus melakukan entri ulang awal lagu untuk melengkapi data pada dapodikmen 8.2.0, maka di harapkan agar kita sebagai operator bisa secepatnya melakukan update dan mengisi data sekolah dengan benar dan sesuai aturan yang sudah di tetapkan. Salah satunya yang harus anda lakukan adalah mengisi lengkap data rinci sarana prasarana sekolah pada aplikasi dapodikmen 8.2.0

Pada aplikasi dapodikmen 8.2.0 ini banyak perubahan yang terjadi dari versi sebelumnya, tidak akan saya jelaskan disini, anda bisa menyimak pada postingan saya sebelumnya yang sudah saya bahas dengan lengkap.

Melanjutkan dari panduan yang telah berikan sebelumnya yaitu mengenai Cara mengisi data rinci sekolah pada dapodikmen 8.2.0 , maka sekarang volimaniak akan memberikan penjelasan perihal panduan entri data Sarpras Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0. Beberapa perubahan dari versi sebelumnya adalah sebagai berikut:
cara isi data sarana prasarana aplikasi dapodikmen 8.2.0

1. Pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 data Kondisi Sarpras yaitu berupa inputan tingkat kerusakan prasarana menjadi salah satu data yang divalidasi dan wajib untuk diisi. Data tingkat kerusakan prasarana terdiri dari beberapa item, diantaranya: Kerusakan penutup atap, Kerusakan lisplang/talang, Kerusakan penutup listplafon, dan lain-lainnya. Data-data tersebut setelah disinkronisasi dan masuk ke Manajemen Dapodik akan dianalisis untuk menentukan suatu ruangan akan masuk kategori rusak ringan, rusak sedang, atau rusak berat.

Dimana hasil analisis ini dimasa mendatang akan menjadi dasar dalam kebijakan pemberian bantuan berupa dana rehab ke sekolah. Dan apabila data tingkat kerusakan prasarana ini tidak diisi, maka hasil analisis datanya menunjukkan ruangan tersebut tingkat kerusakannya 0% atau kondisinya baik dan tentu saja tidak masuk dalam rekomendasi untuk diberikan bantuan dana rehab.

Perlakuan:

Untuk data sarpras maka yang harus dilakukan sekolah adalah menginputkan seluruh ruangan yang ada di sekolah. Perhatikan hal-hal sebagai berikut:
  • Untuk sekolah satu atap dimana terdapat satu ruangan yang digunakan bersama oleh dua sekolah, maka pada Aplikasi Dapodik di dua sekolah itu ruangan yang digunakan bersama tersebut dimasukkan sebagai sarpras. Yang membedakan adalah dimana satu sekolah mendata sebagai milik dan sekolah lainnya statusnya sebagai bukan milik.
  • Untuk sekolah kombinasi dimana ada satu ruang kelas yang digunakan oleh lebih dari satu rombel, misalnya pagi digunakan kelas X dan jika sore digunakan kelas XI. Maka pada Aplikasi Dapodik dimasukkan satu ruang kelas dengan dua fungsi yang dideskripsikan pada penamaan ruang, misalnya: Ruang X 1/XI IPA 1 ( digunakan oleh rombel X 1 dan rombel XI IPA 1).
Pada pengisian data sarpras ini hendaknya operator berkoordinasi dengan Waka Sarpras di sekolah.
Setelah semua data ruang telah dientrikan, maka pada seluruh ruang tersebut harus diinputkan juga data kondisi yaitu tingkat kerusakan pada masing-masing ruang tersebut.

Teknis tata cara input data untuk sarpras selengkapnya telah diuraikan di Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodikmen.

2. Spesifikasi pada Menu Sarana

Pada Menu data Sarana terdapat penambahan atribut baru yaitu data Spesifikasi.

PERLAKUAN:

Pada setiap Jenis sarana yang yang diisikan maka dilengkapi dengan spesifikasi teknis dari barang/alat tersebut. Spesifikasi teknis meliputi:
  • Merk
  • Bahan/model/ukuran
  • Spek teknis
Contoh:
- Kursi = Olimpic, kayu
- Printer = brother, DCP 7040, printer, scan, fotocopy

Demikian panduan entri data seputar Sarpras Sekolah pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0. Pada seri berikutnya kami akan berikan panduan entri data untuk seputar Data PTK.semoga bisa bermanfaat bagi kita semuanya, amin ya robbal alamin, salam operator

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: