FLS2N Tahun 2015 Siap di Selenggarakan Bulan Agustus

FLS2N Tahun 2015 Siapa di Selenggarakan ~ Sebagai wadah menyalurkan bakat seni para peserta didik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang telah diselenggarakan sejak tahun 2008. FLS2N tahun 2015 akan diselenggarakan pada tanggal 23 s.d. 29 Agustus 2015, di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Penetapan tempat pelaksanaan tersebut ditetapkan berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Nomor 1983/C/KP/2014 tanggal 30 April 2014, tentang Usulan Tuan Rumah FLS2N tahun 2015.

Surat usulan tersebut diperkuat dengan Surat Gubernur Sumatera Selatan Nomor 420/1488/Disdik.SS/2014 tanggal 21 Mei 2014, tentang Kesediaan menjadi Tuan Rumah FLS2N tahun 2015. Tema yang menjadi pesan pada pelaksanaan penyelenggaraan festival dan lomba tersebut adalah “Kreasi Seni yang Memancarkan Prestasi dan Membentuk Karakter Mulia”.

pelaksanaan fls2n tahun 2015

FLS2N tahun 2015 akan diikuti 2619 peserta, yang terdiri dari 374 peserta jenjang Pendidikan Dasar (SD), 714 peserta jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), 165 peserta jenjang SDLB/SMPLB, 510 peserta jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), 724 peserta jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan 132 peserta jenjang SMALB.

Jenis festival dan lomba jenjang SD adalah menyanyi solo/tunggal, tari kreasi baru (kontemporer), Pidato Bahasa Indonesia, membuat gambar bercerita, kriya anyam, dan pantomime. Selanjutnya pada jenjang SMP festival dan lomba yang akan diikuti adalah kelompok vokal, tari tradisional, musik tradisional, seni baca Alqur’an, cipta cerpen berbahasa Indonesia, kreativitas cerita berbahasa Inggris, baca puisi, desain poster. Sedangkan pada jenjang SDLB/SMPLB lomba dan seni yang akan diikuti adalah menyanyi solo/tunggal, melukis, cipta dan baca puisi, MTQ, dan memainkan alat musik moderen.

Pada jenjang SMA festival dan lomba yang akan diikuti adalah menyanyi solo/tunggal, tari berpasangan, baca puisi, desain poster, seni kriya, film pendek, cipta puisi. Sedangkan pada jenjang SMK akan mengikuti festival dan lomba tari tradisional, teater Berbahasa Indonesia, musik daerah/karawitan, musik/band, dan musik gitar klasik tunggal. Kemudian pada jenjang SMALB akan diikuti festival dan lomba menyanyi solo/tunggal, menari, merias wajah dan kuku, dan desain grafis.

Penghargaan yang akan diberikan kepada para pemenang FLS2N adalah sertifikat, hadiah uang/tabanas dan medali yang akan diberikan kepada pemenang lomba juara 1, 2, dan 3, dan pemenang festival akan diberikan kepada penampilan terbaik sesuai kategori tertentu. Piala bergilir akan diberikan kepada juara umum festival dan lomba tingkat provinsi. (Seno Hartono)

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close